pemain bola voli terbaik dunia
Bola Voli

Pemain Bola Voli Terbaik Dunia

10 Pemain Bola Voli Terbaik -Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain.

Permainan yang dulunya diciptakan oleh William G. Morgan dengan nama Mintonette awalnya di buat untuk orang-orang yang lebih tua sebagai pengganti Basketball yang permainannya lebih berat.

Olahraga mintonette sekarang diganti dengan nama volleyball sebagai salah satu olahraga yang menjadi permainan dunia atau dimainakan oleh lima benua.

Karena permainan ini sudah terkenal di setiap negara, tentunya ada pemain-pemain baik yang tidak bisa dilupakan oleh para pecinta boal voli. Nah siapakah pemain-pemain baik tersebut?

10 Pemain Bola Voli Terbaik Dunia

Inilah dia 10 pemain bola voli terbaik dunia yang tidak akan dilupakan.

1. Kontantin Reva [ Ukraina ]

Kontantin Reva adalah pemain yang berasal dari Ukraina. Ia adalah pemain terbaik yang tidak bisa kita lupakan. Ia merupakan pemain bola voli indoor Profesional.

Kontantine Reva adalah pemain bola voli yang lahir pada tahun 1921 dan meninggal pada tahun 1997.

Tim yang dipgang Reva selalu menjadi tim yang menonjol dan memberikan performens yang baik. Termasuk ketika turnamen pre-Olimpiade dan kejuaraan dunia.

Dua turnamen tersebut adalah salah satu acara terbesar bola voli yang selalu diikuti oleh para pemain bola voli dunia.

Pada tahun 1940 setelah ia tamat sekolah, ia mengikuti wajib militer dan juga mulai bermain bola voli di Central Sport Club of The Army.

Pada saat ia membawa timnya pada kejuaraan nasional, ia selalu menang dan tercatat ia memenangkan kejuaraan nasional sebanyak 7 kali.

Salah satu penghargaan terbesar bagi para atlet pada waktu itu adalah Honored Mater of Sport. Julukan tersebut diberikan kepada Kontantin Reva, karena ia bermain dengan baik dan bagus serta selalu membawa juara timnya.

2. Logan Tom [ Amerika ]

Pemain terbaik selanjutnya yang tidak akan dilupakan adalah Logan Tom. Ia adalah pemain bola voli yang berasal dari Amerika. Logan Tom adalah pemain bola voli Internasional.

Pemain yang berusia 36 tahun adalah pemain indoor dan juga pemain bola voli pantai.

Logan Tom adalah pemain wanita muda yang terpilih menjadi salah satu pemain bola voli dalam kompetisi Olimpiade Amerika.

Pada saat Logan berusia 19 tahun, ia diikutsertakan dalam kompetisi 2000 Games yang diadakan di Sydney.

Logan Tom juga pernah memberikan kabar gembira kepada negaranya Amerika Serikat berupa medali perak saat ia mengikuti kompetisi dunia di Beijing.

Logan Tom memiliki gaya bermain yang bagus. Ia memiliki kemampuan dan vara bermain bola voli yang stabil saat berada di lapangan dan mampu memberikan serangan yang kuat dan akurat serta blokking yag solid.

Julukan yang didaptkan oleh Logan Tom pada waktu itu adalah Best Scorer.

3. Mireya Luis [ Kuba ]

Mireya Luis adalah salah satu pemain bola voli legenda yang sekarang sudah berusia 50 tahun. Ia adalah pemain bola voli terbaik dunia.

Sewaktu ia menjadi pemain bola voli, banyak prestasi yang ia dapatkan sehingga ia menjadi pemain profesional. Ia telah bermain bola voli sejak berusia 10 tahun. Sehingga ia sudah terlatih bermain olahraga ini sampai ia menjadi dewasa.

Karena keseriusannya dalam menekuni olahraga bola voli, pada usia 16 tahun ia akhirnya bergabung dengan tim nasional Kuba.

Saat ia bergabung dengan tim nasional Kuba, ia telah berhasil memberikan kabar gembira kepada negaranya tersebut berupa peringkat pertama saat Pan-American games 1983.

Mireya juga berhasil membawa tim nasional kuba memenangkan turnamen Games pada tahun 1987.

Pada tahun 1991, mireya berhasil membawa timnya menjuarai dunia pada kejuaraan dunia di Meksiko.

Mireya adalah pemain profesional yang memilii kelincahan dan akurasi yang baik, sehingga pada tahun 1992 ia membawa timnya mendapatkan medali emas pada olimpiade pertamanya di games Barcelona.

Lalu ia juga mendapatkan medali emas yang kedua kalinya di Atlanta pada tahun 1996 saat ia bermain dengan tim nasional Kuba.

4. Matt Anderson [ Amerika ]

Pemain terbaik selanjutnya yang dinobatkan sebagai pemain terbaik bola voli dunia adalah Matt Anderson.

Ia adalah salah satu pemain bola voli yang sekarang berusia 30 tahun. Pemain bola voli ini dikenal sebagai pemain yang akurasi apabila menyerang dan tugasnya memblocking bola.

Matt adalah salah satu anggota bola voli tim nasional Amerika Serikat dan tergabung dalam klub Rusia yang disebut dengan Zenit Kazan.

Pada tahun 2008, Matt mendapatkan medali emas pada kejuaraan Pan American Cup dan mendapatkan medali perunggu pada olimpiade 2016.

Matt Anderson juga di kenal sebagai pemain terbaik di NORCECA pada tahun 2013 dan menjadi juara pada turnamen waktu itu.

Selain juara di NORCECA juga, ia juga juara dalam turnamen World League 2014 dan World Cup 2015.

Walaupun ia selalu juara dalam berbagai perlombaan, tetapi ia sempat depresi dan turun dari olahraga bola voli. Setelah ia dimotivasi kembali, akhirnya pada tahun 2016 ia kembali ke lapangan untuk bermain bola voli.

5. Lang Ping [China]

Salah satu pelatih terkenal tim Nasional China saat ini adalah Lang Ping. Seorang wanita yang sekarang berumur 50 tahun, dulunya adalah pemain bola voli terbaik dimasanya.

Pada tahun 1984 Lang ping dikenal sebagai MVP bola voli wanita. Gaya bermain yang dimiliki oleh Lang Ping sangat berbeda dengan pemain yang lainnya. Sehingga ia dijadikan pemain legenda China.

Selain Lang Ping melatih Tim Nasional China. Ia juga pernah melatih tim nasional Amerika yang kemudian dapat memberikan hasil yang baik bagi negara tersebut. pada Olimpiade Beijing 2008, Tim Nasional Amerika mendapatkan medali silver.

Ketika Lang Ping membimbing timnas China pada kejuaraan Olimpiade Rio 2016. Ia telah berhasil menjadi pelatih karena mengantarkan China juara dan mendapatkan medali emas.

Oleh karena itu, tidak heran Lang Pig menjadi pemain terbaik dunia. Karena ia telah berhasil menjadi pemain dan pelatih terbaik yang selalu menang pada kejuaraan Olimpiade dan Piala Dunia.

Lang Ping menjadi pemain dan pelatih terbaik karena ia memiliki berbagai variasi dan teknik bola voli yang baik. sehingga sampai sekarang keahliaanya digunakan oleh kebanyakan pelatih dan pemain bola voli.

6. Karch Kiraly [ Amerika ]

Satu-satunya pemain bola yang berhail membawa medali emas olimpiade pada bola voli indoor dan bola voli pantai adalah pemain bola voli asal amerika. Yang bernama Karch Kiraly.

Karch Kiraly dianugrahi most outstanding player pada tahun 1981-1982. Saat ia bermain bersama tim UCLA Bruins sejak tahun 1979 sampai tahun 1982.

Selain disebut sebagai pemain most outstanding player. Ia juga mendapat julukan Volleyball Thunderball saat ia menjadi pemain tetap tim nasional Amerik. Yang ketika itu ia sukses menjadi pemain terbaik dan mendapatkan medali emas pada kejuaraan olimpiade pada tahun 1984.

Pada tahun 1988 Karch dijadikan sebagai kapten dan memimpin timnya dengan baik. sehingga membawa kesuksesan pada tim bola voli tersebut.

Karena gaya bermainnya yang baik, akhirnya ia dinobatkan sebagai pemain terdepan oleh FIVB pada tahun 1986 sampai tahun 1988.

7. Josef Musil [ Republik Ceko ]

Pemain selanjutnya yang masuk dalam kategori terbaik dunia dalah Josef Musil. Ia berasal dari Republik Ceko yang lahir pada tahun 1932, dan ia meninggal dunia pada tahun 2017 lalu.

Saat Josef berusia 19 tahun, ia sudah masuk dalam Nation Team Cekoslowakia. Namun, sebelum masuk kedalam timnas tersebut, ia sudah lebih dulu memberikan penghargaan kepada tanah kelahirannya berupa 2 medali olimpiade.

Josef memberikan 2 medali pada Republik Ceko di tahun 1964 dan tahun 1968. Lalu ia memberikan prestasi berupa 3 medali pada kejuaraan dunia di tahun 1952 dan tahun 1967.

Selain itu, Josef juga memberikan pengharagaan berupa 5 buah medali pada kejuaraan dunia, 1 gelar di negara italia dan terakhirnya 7 kejuaraan di negara kelahirannya Ceko.

Selama Josef bermain bola voli, ia mendapatkan kehormatan paling tinggi yang diberikan langsung oleh penguasa Ceko dengan julukan Merited Master of Sport.

Dan organisasi menyebutkan bahwa Josef Musil adalah pemain bola voli paling baik pada abad ini.

8. Jimmy George [ India ]

Ketika kita berbicara pemain bola voli  terbaik sepanjang masa yang tidak dilupakan, maka nama Jimmy George harus masuk dalam pemain terbaik tersebut.

Kenapa Jimmy tidak boleh terlewatkan? Karena ia adalah seorang pemain bola voli kelahiran 1955 yang berasal dari India dengan satu-satunya yang dikenal sebagai pemain bola voli profesional pertama yang berasal dari negara tersebut.

Jimmy melatih fisik tubuhnya dengan sangat baik, sehingga menghasilkan gaya bermain yang elegan.

Pada usianya yang ke-21 ia pernah mendapatkan arjuna Award. Selain itu juga, manorama award dan G.V. Raja pernah di raih olehnya pada tahun 1976 dan tahun 1975 dengan kategori Sportsman terbaik dari Kerala.

Jimmy George meninggal pada tahun 1987, akan tetapi ia memberikan sejuta prestasi bagi negaranya dan menjadi kebanggan bagi negara kelahirannya itu.

Jimmy George adalah salah satu nama yang tidak mudah untuk dilupakan oleh masyarakat india karena ia satu-satunya pemain India yang berkarir sebagai pemain bola voli profesional di Dunia.

9. Hugo Conte [ Argentina ]

Bagi para penggemar bola voli, nama Hugo Nestor Conte tidak akan pernah mereka lupakan karena ia memberikan sejarah terbaik dalam olahraga bola voli. Ia termasuk dalam 10 pemain bola voli terbaik dunia.

Pemain bola voli asal Argentia ini telah pensiun dari karirnya, akan tetapi namanya masih tetap menggaung dan tetap diingat oleh masyarakat pencinta bola voli.

Hugo pernah bermain di tiga negara yang berbeda, yaitu Argentina, Prancis, dan Italia pada Liga Italia.

Pada tahun 1984 ketika Hugo bersama tim Italia Santal Parma, ia pernah memberikan gelar juara kepada timnya pada kejuaraan Eropa Liga Champions.

Sedangkan saat ia berada di Argentina, ia juga memberikan kebanggaan kepada negara kelahirannya itu dengan memenangkan kejuaraan dunia pada tahun 1988.

Dan disaat ia bersama Argentina juga, ia bersama timnya telah mendaptakn medali perunggu pada Olimpiade Seoul tahun 1988.

Makanya tidak heran kalau seandainya ia adalah pemain yang selalu di kenang oleh para pecinta bola voli dunia, khususnya bagi negara kelahirannya. Ia adalah pemain bola voli yang cerdas dengan usia sekarang 54 tahun.

10 Giba [ Brasil ]

Pemain bola voli yang berasal dari Brasil ini memiliki nama lengkap Giberto Amaury de Godoy Filho. Ia adalah salah satu pemain bola voli yang sekarang sudah berusia 40 tahun.

Saat ia menjadi pemain spiker luar di tahun 200-1n ia dikenal sebagai pemain spike terbaik dunia dengan gaya bermainnya.

Giba adalah pemain bola voli kebanggaan negara kelahirannya, sehingga ia bermain bola voli untuk tim nasional Brasil sejak tahun 1996 sampai tahun 2012.

Prestasi yang diraihnya begitu banyak. Pada tahun 2003 ia pernah menjuarai Piala Dunia untuk negaranya.

Pada liga dunia, ia pernah meraih juara sampai 8 kali dari tahun 2001, 2003-2007,2009-2010 dan ini adalah suatu kebanggaan bagi dirinya yang bisa meraih sampai 8 kali.

Pada kejuaraan dunia juga ia berhasil meraih 3 kali kemenangan dari tahun 2002,2006 dan 2010. Daj ia juga juara di Super Liga pada tahun 1999-2000 dan 2000-2001.

Dengan banykanya prestasi yang ia dapatkan, jelas ia adalah pemain bola voli profesional yang sulit sekali di kalahkan. Sehingga pada tahun 200-an Brasil adalah tim nasional yang paling sulih digulingkan pada posisi pertama.

Nah itulah dia 10 pemain bola voli terbaik yang bisa di bahas pada artikel kali ini. mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan.

Salam olahraga.

 

 

 

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *