peraturan kick off, bek sepakbola
Sepakbola

Bek Terbaik Sepakbola

Bek Terbaik Sepakbola – Dalam dunia sepak bola, bek adalah pemain belakang yang sangat vital.  Bek adalah pemain yang harus menjaga pertahanan sebelum bola di tendang ke gawang. mereka harus menjaga daerah belakang agar lawan tidak dapat menorobos ke gawang.

Karena kalau seandainya benteng pertahanan sudah dapat di tembus, maka bisa jadi gawang kemasukan bola ketika kiper tidak bisa menangkap bola tersebut.

Pemain sepakbola dengan posisi bek terbaik dunia kebanyakan berasal dari negara Italia. Alasannya karena permainan yang digunakan di negara Italia adalah benteng pertahanan yang kuat. Walaupun seperti itu, banyak juga pemain bek terbaik di dunia yang bukan berasal dari Italia.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, saya akan membahas 10 bek sepakbola terbaik  sepanjang masa berdasarkan kemampuan, skill dan prestasi yang di dapatkan oleh pemain-pemain tersebut.

Baca juga:

Giacinto Facchetti [Italia]

Awal karier Giancinto Facchetti adalah menjadi pemain depan atau striker. Lalu, ia ternyata memiliki bakat lain selain bermain di depan, akhirnya dalam sejarah Italia disebutkan bahwa Giancinto Facchetti pindah posisi menjadi bek.

Ketika ia menjadi pemain bek, ternyata gaya bermain yang ia lakukan lebih baik dari pada saat posisi menjadi striker.

Akhirnya dengan kemampuan yang dimilikinya, ia mendapatkan banyak prestasi dangelar yang diterimanya.

Rentetan gelar yang di dapat oleh pemain bek ini diantaranya adalah Scudetto pada tahun 1963, 1965, 1966 dan terakhir tahun 1971. Selain itu, ia juga mendapatlan gelar di Coppa Italia 1978, Piala European Champions Club [ sekarang Liga Champions] 1964 dan 1965,

Selain itu juga ia mendapatkan gelar di Piala Intercontinental 1964 dan 1965, serta pemenang Euro 1968. Yang lebih hebatnya lagi dari pemain ini adalah gelar yang di raihnya itu hanya di dapatkan di satu klubnya saja, yaitu Inter Milan.

Jadi tidak heran bagi kita semuanya kenapa Giacinto Facchetti menjadi pemain bek terbaik sepanjang masa, karena dari skill dan prestasi yang didapatkanyya menunjukan bahwa ia memang pemain terbaik.

Bahkan perlu kita ketahui bahwa pele memasukannya ke dalam daftar FIFA 100.

Roberto Carlos [ Brasil]

Pemain bek terbaik selanjutnya berasal dari negara Brasil. Roberto Carlos adalah pemain bek terbaik yang mengikuti piala dunia tiga kali bersama Brasil.

Dengan kemampuannya dalam mempertahankan daerah belakang, menjadikan timnasnya masuk ke final pada tahun 1998.

Selain itu, ia juga menjadi salah satu kunci kemenangan Brasil dalam Piala Dunia empat tahun kemudian.

Skill yang dimilikinya tidak bisa kita remehkan, karena kontribusi dalam tendangan bebasnya begitu memukau dan selalu memberikan yang terbaik untuk timnya.

Salah satu tendangan bebas yang dicatat oleh sejarah adalah sat ia mencetak gol dari jarak 35 meter pada tanggal 3 juni 1997 saat melawan Prancis.

Selain itu juga, saat ia berada di klub Real Madrid ia mendapatkan 4 gelar juara La Liga, 3 Liga Champons dan terakhir 2 Piala Intercontinental.

Dalam Liga Champions,ia juga adalah salah satu  dari enam pemain yang tampil lebih dari seratus kali. Pada maret 2004, Pele Memasukannya dalam daftar 125 pemain sepakbola terbaik sepanjang masa.

Dan terakhir, dengan diberikannya penghargaan kaki emas 2008, membuat ia menjadi pemain sepakbola legendaris Internasional.

Fabio Cannavaro [Italia]

Setelah Italia menjuarai Piala Dunia pada tahun 2006, Fabio Cannavaro sekaligus Kapten Italia adalah pemain bek pertama yang dinobatkan menjadi pemain terbaik dunia.

Di tahun yang sama juga, ia mendapatkan gelar pemain terbaik eropa, bahkan mendapatkan dua kali gelar pasukan FIFPro World XI, yaitu pada tahun 2005-2006 dan tahun 2006-2007.

Walaupun ia mendapatkan banyak gelar dan meraih gelar juara dua kali di LA Liga bersama Real Madrid, sayang sekali ia belum pernah menang di Serie A.

Lothar Matthaus[Jerman]

Saat usia Lothar Matthaus sudah masuk ke 30-an ia baru menginjakan menjadi pemain belakang atau bek. Sebelumnya posisi yang di pegang oleh Lothar Matthaus adalah lini tengah.

Rival terbaik pemain belakang ini adalah Maradona, dimanapun ia berada selalu menjadi rival terberat dalam dunia pesepak bolaan.

Kenapa Lothar Matthaus menjadi rival terberat Maradona? Karena prestasi yang didapatkannya juga begitu banyak. Ada sekitar tujuh gelar Bundesliga yang ia dapatkan.

Lalu ia juga mendapatkan Piala Jerman, sebuah mahkota Seria A, dua piala  UEFA, Satu Kejuaran Eropa, dan terakhir adalah piala dunia.

Pada tahun 1990 dan 1999 komunitas sepakbola jerman menobatkan Lothar Matthaus menjadi pemain terbaik dan pada tahun 1991 FIFA pun menobatkan ia sebagai pemain terbaik dunia.

Walaupun ia memiliki prestasi yang begitu banyak, akan tetapi saat ia menjadi pelatih tidak secemerlang saat bermain sepak bola di lapangan. Ia pernah di pecat dua kali dari timnas Hongaria dan Red Bull Salburg.

Daniel Passarella [ Argentina ]

Untuk salah satu pemain kali ini begitu istimewa, karena ia adalah pemain yang berasal dari Argentina dengan bermain sepak bola yang serba bisa. Ia adalah salah satu pemain yang jago bertahan ataupun menyerang.

Ia juga pandai dalam membantu temannya menciptakan peluang untuk menendang bola ke gawang lawan dan menyapu abis perlawanan musuh yang datang.

Ia juga dikenal di dunia sepakbola sebagai penendang pinalti dan bebas secara efektif dan eksekusi.

Dalam 451 pertandingan yang ia ikuti, ada sekitar 134 gol yang ia bisa masukan ke gawang lawan. Dalam sejarah sepak bola ia dikenal dengan pemain bek yang mencetak gol dengan rakus sepanjang masa.

Olah karena itu, rekor terbanyak di serie A Italia masih di pegang oleh Danie Passarella hingga sekarang. Pemain unik ini selalu di bandingkan dengan Beckenbauer.

Prestasi yang di raihnya selama menjadi pemain sepak bola adalah mengantarkan negaranya Argentina  menjadi juara piala dunia dua kali, yaitu pada tahun 1978 dan 1986.

Selain itu juga, ia bersama rekannya River Plate mengantarkan Argentina menjadi juara empat kali di Liga Utama.

Lilian Thuram [ Prancis ]

Lilian Thuram adalah bek terbaik yang paling sukses dengan berbagai koleksi piala yang ia raih. Mulai dari trofi dari empat klub di tiga negara, dan dua gelar internasional bersama timnas Prancis.

Yang membedakan dirinya dengan pemain bertahan lainnya adalah kemampuan dalam membaca permainan dan menempatkan diri di  lapangan.

Ia pernah tampil di negara Prancis sebanyak 142 pertandingan, dengan jam terbang paling banyak bermain di bandingkan dengan yang lainnya.

Walaupun dalam timnas Prancis ada Zinedine Zidane dan Theiry Henry sehingga pujian kerap dilontarkan kepada mereka, ia tetap memberikan peran besar dalam timnasnya.

Pada tahun 1998 ia telah membantu Prancis memenangan Piala Dunia dan pada tahun 2000 mengantarkan Perancis menjadi juara di Piala Eropa.

Franco Baresi [ Italia ]

Pada masa Franco Baresi, ada banyak pengamat sepak bola yang menyaksikan para pemain bek, khususnya di AC Milan. Dari hasil pengamatan tersebut, bisa disimpulkan ada empat bek terbaik sepanjang sejarah, yaitu Paolo Maldini, Alessandro Costacurta, Mauro Tassotti dan Franco Baresi.

Kariernya dalam dunia sepak bola dihabiskan di klub AC Milan sebanyak 532 pertandingan. Dengan keahliannya dalam mempertahankan lini belakang, ia dapat mengoleksi enama Scudetto, Piala Dunia 1982 walau dijadikan cadangan dan tiga piala eropa.

Karena kemampuan Franco Baresi yang baik, membuat Paolo Maldini banyak belajar dari pemain bek ini, sampai akhirnya gaya bermain Paolo Maldini hampir mirip dengan Baresi seiring karirnya berkembang.

Di saat ia memutuskan untuk menggantung sepatu, nomor punggung 6 yang selalu dipakainya saat bermain di klub Milan selalu disimpan untuk memberikan harga kepadanya karena gaya bermainnya yang jarang dilakukan di Italia.

Bobby Moore [ Inggris ]

Bobby Moore adalah pemain bertahan atau bek yang paling tenang. Ia selalu di puji dengan kemampuannya dalam mengantisipasi lawan dan membaca arah pertandingan.

Pamin bek ini bukanlah pemain yang selalu mengandalkan tekel keras saat bermain di lapangan. Sebagaimana yang dikatakn oleh pele, bahwa ia adalah pemain bertahan yang paling jujur yang pernah dilawannya.

Ketika ia menginjakan usia ke 22 tepat pada tanggal 29 Mei tahun 1963, ia dijadikan kapten oleh timnas Inggris, dan ia adalah satu-satunya yang dijadikan kapten termuda sepanjang masa.

Prestasi terbesar yang ia raih adalah mengantarkan negaranya Inggris menjuarai Piala Dunia tahun 1966.

Paolo Maldini [ Italia ]

Paolo Maldini adalah pemain yang paling berprestasi. Ia juga memiliki kesetiaan paling besar terhadap klubnya, yaitu AC Milan.

Dengan kemampuannya yang baik dan bagus, bersama Milan ia telah meraih Tujuh Scudetto dan lima titel Liga Champions.

Sepanjang kariernya di dunia sepak bola, ia adalah pemain yang paling banyak tampil di Timnas Italia, dan menjadi langganan pemain terbaik.

Karena kehebatannya dalam bermain sepak bola, Lilian Thuram pernah mengakui bahwa ia ingin menjadi seperti Paolo Maldini.

Walaupun seperti itu, ia memiliki satu kekurangan selama kariernya dalam sepak bola, yaitu ia tidak pernah merasakan juara Piala Dunia.

Franz Beckenbauer [ Jerman ]

Pemain sepakbola dengan posisi bek terbaik yang akan di bahas pada artikel kali ini, juga pemain bek yang berada di puncak kehebatan sehingga di sebut sebagai Sang Kaisar, yaitu Franz Beckenbauer.

Pemain paling handal dalam posisi belakang ini, bukan berasal dari Italia, melaiankan ia berasal dari Jerman.

Banyak pemain lain yang bangga akan kehadirannya, karena ia adalah pemain yang jenius yang tidak bisa dilupakan oleh sejarah.

Ia juga memiliki banyak sekali koleksi trofi yang ia dapatkan. Sepak terjangnya dalam bermain bertahan di lapangan sangat elegan.

Selain itu, ia adalah pemikir yang baik dengan membawa revolusi di dunia sepakbola dengan menciptakan peran libero sebagai penyerang.

Karena sebelumnya, belum ada seorang sweeper yang maju untuk membantu menyerang, apalagi memasukan bola ke gawang lawan.

Nah, saat Franz Beckenbauer hadir, ia menciptakan taktik ini dan menjadikannya bagian dari sepakbola modern.

Nah itulah dia 10 pemain sepakbola dengan posisi bek terbaik sepanjang sejarah yang tidak akan pernah dilupakan. Sedangkan untuk pemain dengan posisi penyerang terbaik dibahas pada artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini membantu anda dalam mencari informasi, khususnya dalam dunia sepakbola.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *