biografi lionel messi
Sepakbola

Profil & Biografi Lionel Messi

Profil & Biografi Lionel Messi – Salah satu pemain sepak bola dunia yang berasal dari Argentina adalah Lionel Messi. Dia lahir di Rosario, 24 Juni 1987, sekarang umurnya sudah 31 tahun. Saat ini dia bermain di salah satu klub terbesar di Eropa, yaitu Barcelona FC.

Tulisan mengenai biografi Lionel Messi ini akan membahas secara lengkap mengenai perjalanan lengkap dari seorang Lionel Messi.

Dia adalah kapten Tim Nasional sepakbola Argentina dan juga Klub Barcelona. Posisi dalam sepakbolanya adalah striker atau penyerang.

Dalam sepanjang sejarah Barcelona dia adalah pencetak gol terbanyak. Messi di dominasikan sebagai pemain terbaik Dunia FIFA dan di dominasi untuk Ballon d’OR pada usianya yang ke 21.

Ia memenangi Ballon d’OR pada tahun 2009.  Pada tahun 2010 dan 2011 ia mendapatkan penghargaan pertama FIFA Ballon d’ OR.

Pemain ke empat yang telah menjuarai tiga Ballon d’Or adalah Messi. Ia juga merupakan pemain kedua yang telah mendapatkan Ballon d’Or dua kali berturut-turut.

Klub yang telah di bawanya menjuarai beberapa kejuaraan seperti;

  • Dua Copa Del Rey
  • Lima La Liga
  • Tiga Champions UEFA
  • Satu Supercopa de Espana
  • Dua Piala Super Erop
  • Dua Piala Dunia Klub

Ia telah mencetak rekor Liga Champions UEFA pada tahun 2012. Selain itu ia juga menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Pada salah satu musim Liga Champions, ia pernah menyamai rekor 14 gol Jose Alfani. Ia juga pada musim 2011 dan 2012 menjadi pencetak rekor gol terbanyak dengan 73 gol.

Dan pada musim yang sama, ia menjadi pencetak gol terbanyak La Liga dalam satu musim dengan menyumbangkan 50 gol.

Pada Piala Dunia FIFA U20 2005 messi menjadi pencetak gol terbanyak dengan lima gol. Dalam bermain sepak bola di Piala Dunia FIFA 2005, ia adalah orang pertama argentina yang menjadi pemain muda.

Sedangkan pada 2007 ia memenangi medali perak dimana ia dinobatkan menjadi pemain muda terbaik.

Lalu gaya bermainya selalu dibandingkan dengan Diego Maradona, dan telah di bicarakan oleh publik menjadi penerusnya.

Mengenai profil dan biografi Lionel Messi, dapat kalian baca dalam bagian-bagian berikutnya.

Kehidupan Awal Lionel Messi

biografi lionel messi
Sumber: bola.net

Biografi Lionel Messi ini akan membahas mengenal kehidupan awal atau masa kecil dari seorang Lionel Mesi.

Messi lahir dari pasangan Jorge Horscio yang bekerja di pabrik besi dan Maria Cuccittini. Dimana ia seorang pembersih paruh waktu di Rosario, Provinsi Santa Fe.

Kalau dilihat dari keturunan ayahnya, ia berasal dari Ancona, salah satu kota di Italia. Dimana pada tahun 1883 leluhurnya Angelo Messi hijrah ke Argentina.

Ia adalah 4 saudara, 2 kaka laki-laki yaitu Rodrigo dan Matias dan satu perempuan, Mara sol. Messi mulai bermain sepak bola di usia lima tahun di Klub Grandoli. Jorge sebuah klub lokal yang di latih oleh ayahnya sendiri.

Lalu Messi bergabung dengan Newell’s Old Boys yang berbasis di kampung halamanya pada tahun 1995 di Rosaria.

Messi didiagnosa menderita kekurangan hormon pertumbuhan pada usianya yang ke sebelas. Karena perkembangannya dalam bermain sepak bola time elite River Plate berminat utuk merekrutnya.

Namun mereka tidak memiliki uang yang cukup untuk pengobatnnya, yang dimana pengeluaran perbulannya mencapai 900 dolar.

Direktur olahraga FC Barcelona, Carles Rexach telah menemukan bakat yang dimiliki Messi karena ia memiliki kerabat dekat di Lieida.

Dan kebetulan waktu itu ayahnya menjadi pengatur uji coba bersama tim tersebut. Pada saat itu Rexach menawarkan kontrak kepada Messi tanpa membawa kertas di tanganya.

Barcelona menawarkan kepada Messi untuk membiayai pengobatan penyakitnya kalau seandainya ia siap untuk diam di Spanyol. Pada akhirnya Messi dan ayahnya menyetujui penawaran tersebut, lalu ia pindah ke Barcelona dan masuk dalam akademi muda klub.

Karier Klub / Sepak Bola Lionel Messi

messi barcelona
Sumber: sportsnet.ca

Karir Messi di Barcelona

Pertama kali Messi main di Barcelona adalah untuk tim junior barca, Infantil B dan Cadete B dan A dari 2000 sampai 2003 [ selama bermain di sana dia mencetak 37 go;dari 30 laga di Cadete A].

Pada lima tim berbeda ia menjadi pencetak rekor terbanyak pada tahun 2003-2004, pada Juvenil B samptil satu kali[satu gol], lalu ia dipromosikan ke Juvenil A [14 laga, 21 gol].

Kemudian di Tercera Division ia tampi untuk FC Barcelona, pada 29 November 2003. Lalu di Segunda Division B pada 6 Maret 2004 ia tampil untuk FC Barcelona B.

Sepanjang musim ia bermain untuk tim-tim tersebut [ delapan laga, lim gol, dan lima laga, tanpa gol]. Bahkan Messi tampil secara resmi untuk pertama kali untuk tim utama sebelum debut-debut tersebut pada 16 november 2003 dalam usia 16 tahun dan 145 hari, pada saat melawan FC Porto pada laga persahabatan.

Frsnky Rijkaard member kesempatan debut pertama La Liga untuk messi sebelum setahun setelah debutnya saat melawan RCD Espanyol pada 16 Oktober 2004 [ 17 tahun 114 hari], menjadi pemain termuda ketiga untuk bermain di barca dan  pemain termuda di La Liga, sebelum akhirnya bojan Krkic mematahkan rekor tersebut pda september 2007.

Pada 1 Mei 2005 ia mencetak gol senior pertamanya menghadapi Albecete Balompie, saat itu usia Messi 15 tahun, 10 bulan, dan 7 hari, dalam sejarah Barcelona ialah menjadi pencetak gol termuda sebelum dipatahkan oleh Krkic pada 2007, yang mencetak gol dari hasil assit Messi.

Mengenai mantan pelatihnya Messi berkata ‘’ saya tak akan pernah meluapakan fakta bahwa dia yang memualai karir saya, yang memberi saya kepercayaan diri saat saya baru berusia 16 tahun dan 17 tahun’’ selama musim itu juga, ia telah bermain dengan mencetak 6 gol dari 17 laga untuk FC Barcelona B.

Musim 2005-2008

Barcelona mengumumkan pembaruan kontrak terhadap Messi pada 16 september, sebagai bagian dari anggota tim utama ia dinaikan bayarannya dan pada 2014 adalah akhir dari kontraknya.

Pada 26 september 2005 Messi mendapat kewarganegaraan Spanyol dan akhirnya dapat tampil di La Liga, pada Liga Champions UEFA ia pertama kalinya tampail pada 27 september saat ia melawan klub Italia, Udinese Calcio.

Karena gaya bermainnya yang memikat, akhirnya para suporter Barcelona di Camp Nou memberikan penghormatan setelah ia dicadangkan. Pada laga tersebut Messi mencetak gol dari 17 penampilan Liga, dan satu gol saat Liga Champions.

Musim 2006-2007

Messi sukses menjadi pemain reguar di tim utama pada musim  berikutnya, dalam 26 laga ia telah mencetak 14 gol. Saat laga melawan Real Zaragoza pada tanggal 12 november tulang matatarsai nya patah, yang membuatnya tidak bermain selama kurang lebih 3 bulan.

Messi mencetrak hat-trick pada tanggal 10 maret, dan awal bersinarnya dalam lapangan yang menyelamatkan Barelona dengan 10 pemain, ia telah menyeimbangkan skor di menit-menit terakhir.

Setelah Ivan Zamorano ia menjadi peamin pertama yang mencetak hat-trick di Clasicco [ zamorano melakukannya untuk Real Madrid pada tahun 1994-1995].

Dalam laga tersebut Messi juga menjadi pencetak gol termuuda, dan saat musim berakhir, ia telah mecetak 11 gol dalam 14 laga.

 Musim 2007-2008

Messi bermain di laga resmi ke-100 untuk Barcelona melawan Valencia CF pada 27 Februari. Dalam World XI Player Award oleh FIFPro Messi dinominasikan sebagai kategori penyerang.

Pada edisi daring surat kabar Spanyol,Marca sebuah pungutan suara dilakukan untuk menunjukan bahwa Messi dijadikan sebagai pemain terbaik dunia dengan 77 persen suara.

El Mundo Deportuive dan Sport kolumnis koran berbasis Barcelona mengatakan bahwa seharusnya Ballon d’Or diberikan kepada Messi, sebuah ide yang di dukung oleh Franz Beckenbauer.

Salah satu tokoh sepak bola yang mendeklarasikan Messi sebagai pemain terbaik dunia adlah Francesco Totti.

Pada Ballon d’Or 2007 Messi berada di peringkat ke tiga, dibawah Cristiano Ronaldo dan Kaka, dalam dalam pemain terbaik Dunia FIFA 2007 ia mendapatkan peringkat kedua, dan lagi-lagi di bawah kaka.

Dan dalam Anugerah Playmaker Terbaik Duia Versi IFFFHS, ia telah merbut posisi ketiga setelah Kaka dan Andrea Pirlo.

Musim 2008-2009

Messi mewarisi jeser nomor 10 setelah kepergian Ronaldinho. Selama pertandingan Liga Champions melawan Shakhtar Donetsk tanggal 1 Oktober 2008, dalam kurun waktu tujuh menit terakhir Messi mencetak 2 gol, setelah Thierry Hensy diganti olehnya, dalam yang awalnya Barcelona kalah, 0-1, tapi pada akhirnya kemenangan diraih Barceolan dengan skor 2-1.

Setelah itu Barca melawan Atletico Madri, dimana pertandingan ini sering disebut dengan pertandingan persahabatan antara Messi dan teman baik negaranya, yaitu Sergio Aguero.

Pada pertandingan tersebut, Barca menang dengan skor 6-1 dengan Messi  nyumbang satu gol. Dalam penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2008, ia masuk peringkat ke dua dengan 678 poin.

Saat Copa del Rey melawan Atletico Madrid tahun 2009, messi mencetak hat-trick dengan akhir pertandingan dimenangkan oleh Barcelona dengan sor 3-1.

Pada 1 February 2009 messi juga mencetak gol ganda lain yang juga penting dimana ia menjadi pemain pengganti di babak kedua dan membawa Barcelona menang atas Racing Santander dengan skor 1-2, setelah sebelumya tertinggal 1-0, dari dua golnya adalah gol liga ke 5000 bagi Barcelona.

Pada tanggal 27 Mei Messi membantu Barcelona dalam memenangkan Liga Champions dengan  mencetak gol kedua di menit ke 70 dan memberikan 2 gol untuk Barceloa, dalam Liga Champions ia menjadi pencetak gol terbanyak, sekaligus termuda dalam sejarah turnamen tersebut.

Selain Liga Champions, ia juga memenangkan UEFA Club Forward Year dan UEFA Pemain terbaik Klub. Barcelona telah memenangkan copa del Rey, La Liga dan Liga champions dalam saua musim, dan akhirnya Barcelona disebut sebagai klub spanyol terbaik dan menjadi pertama dalam sejarah yang memenangka treble winner.

Musim 2009-2010

Manajer Narcelona Josep Guardiola menegaskan bahwa Messi pemain terbaik dunia yang pernah ia lihat setelah ia memengkan Piala Super UEFA 2009.

Messi mendatangani tanda tangan baru dengan Barcelona pada tanggal 18 sepetember dengan klausul buy-out mencapai 250.000.000 Euro, menjadikan Messi dan Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain dengan bayaran termahal sepanjang La Liga dan pertahunnya mendapatkan 9.500.000 Euro.

Setelah memperpanjang kontraknya, empt hari kemudian ia mencetak dua gol dan memberikan assit yang baik sehingga Barca menang dan skor menjadi 4-1 atas Racing Santander.

Pada tanggal 1 Desember 2009 ia dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or dan mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Untuk pertama kalinya sepanjang musim, Messi telah mencetak 4 gol sekaligus dalam satu pertandingan pada tanggal 9 April 2010, Barca menang atas Arsenal dengan skor 4-1 di Liga Champions.

Dan dengan cetakan gol inilah Mesi telah melewati pemain Barcelona Rivaldo sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang waktu.

Musim 2010-2011

Messi mencetak hat-trick di awal musim pertama pada tanggal 21 agustus 2010 dengan kemenangan 4-0 atas FC Sevilla dalam pertandingan Supercopa de Espana, dimana pertandingan ini telah membantu Barcelona dalam membantu mengamankan trofi pertama mereka setelah mengalami kekalahan di liga pertama dengan skor 1-3.

Pada awal memulai musim, ia telah memulai dengan memberikan gol. Pada 29 Agustus 2010 setelah ia mencetak gol di tiga menit pertama melawan Racig Santander.

Dia kemudian melajutkan perjuangannay di UEFA Champions dengenmembentuk permainan yang sangat baik dalam group melawan Panathinaikos dimana pada saat itu ia telah mencetak 2 gol, pada dua kesempatan terpisah ia dibantu dua dan juga menghantam bingkai tujuan.

Pada 2011 messi memulai musim Piala Super Spanyol, dengan menyumbangkan tiga gol dan memberikan 2 assist kepada kawannya yang membawa kemenangan dengan skor 5-4 atas Real Madrid.

Pada saat back pass lemah dari Fredy Guardin ia memanfaatkan kesempatan tersebut dengan diambil oleh Cesc Fabregas dan akhirnya ia mencetak gol dan membantu memenangkan pertandingan tersbeut dengan skor 2-0 melawan Porto di Piala Super Eropa.

Ini adalah pertandingan resmi satu-satunya yang sebelumnya ia tidak mencetak gol sama sekali.

Pada saat Piala Dunia Antar Klub messi telah mencetak gol saat melawan Santos FC dan diakui sebagai man of the march dan untuk penampilannya selama turnamen tersebut ia dianugrahi Golden Ball.

Pada tahun 2011 Messi memenangkan UEFA pemain terbaik di Eropa Award, ia telah mengalahkan teman satu timnya yaitu Xavi Hernandez dan salah satu bintang Real Madrid, yaitu Cristiano Ronaldo. Pada 2011 juga ia telah mengalahkan Xavi dan Cristiano Ronaldo dalam FIFA Ballon d’Or. Messi menjadi pemain ke empat yang mendapatkan Ballon d’Or secara berturut-turtu tiga kali.

Karier Internasional Lionel Messi

messi argentina
Sumber: bleacherreport.com

Bagian terakhir mengenai biografi Lionel Messi ialah karir Internasionalnya, yaitu saat membela Tim Nasional Argentina.

Ia memulai debut untuk Argentia pada Juli 2004, pada saat melawan Paraguay di pertandingan persahabatan U-2-. Ia menjadi bagian dari tim pemuda yang memenangkan kejuaraan Dunia FIFA 2005  pada tahun 2005.

Pada saat itu ia telah memenangkan Golden Shoe dan Golden Ball, di empat terakhir pertandingan Argentina ia telah mencetak gol dan membawa 6 gol dalam turnament tersebut.

Pada 17 Agustus 2005 ia membuat debut Internasional pnuh melawan Hungaria pada usianya ke-18. Ia sempat digantikan pada menit ke-63.

Namun pada menit tersebut karena ditemukan ia headbutted bek Vilmos Vnczak yang menarik kemeja Messi pada menit ke -65.

Tapi keputusan itu kontrovarsial bahkan Maradona bilang bahwa utu pra-bermeditasi. Pada tanggal 3 September ia kembali gabung bersama timnya dalam Piala Dunia Argentina 1-0 kekalahan pergi ke Paraguay. Ia pernah mengatakan menjelang pertandingan’’ ini adalah ulang debut pertama’’.

Argentina melawan Peru untuk memulai pertandingan pertamanya, Messi dijelaskan sebagai ‘’permata’’ setelah pertandingan Pekerman.

Dalam kualifikasi piala dunia tanggal 28 Maret 2009 melawan Vanezuela, unutk pertama kalinya Messi menngunakan nomor punggung 10 untuk Argentina.

Diego Maradona sebagai manajer Argentina ini adalah pertandingan pertama resmi yang ia dapatkan. Pada pertandingan ini argentina menang 4-0 dengan Messi sebagai gol pembuka.

Pada menit terakhir melawan Brasil, Messi mencetak gol pada tanggal 17 November 2010 yang membatu Argenita memenangkan pertandingan. Meraih kemenangan dengan skor 1-0 dalam laga pertandingan persahabatan, yang diselenggarakan di Doha.

Ia telah mencetak gol pertama kalinya dalam pertandingan senior. Pada 9 Februari 2011, Messi mencetak gol lagi-lagi di menit terakhir  saat melawan Portugal.

Pada pertandingan persahabat yang masuk lewan tendangan penalti yang memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-1, yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss.

Nah itulah Biografi Lionel Messi, sebenarnya masih panjang dalam perjalanan karirnya. Namun mungkin sampai sini dulu, Inysa Allah membatu kalian para fans nya Messi untuk mengetahui mengenai perjuangan mesi. Terutama kehidupan awal dan prestasi yang dimiliki oleh Pemain Penyerang tersebut.

Terima Kasih telah membaca tulisan biografi Lionel Messi ini.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *