biografi neymar, neymar
Sepakbola

Profil & Biografi Neymar

Biografi Neymar – Pesepakbola yang lahir di Mogi das Cruzes, Brazil, 5 Februari 1992 adalah Neymar da Silva Santos Junior atau kebanyakan orang menyebutnya dengan Neymar. Pemain ini terkenal saat dia bermain di Barcelona.

Dia adalah anak dari pasangan Nadine Santos dan Neymar da Silva Sr. Kini Neymar bermain di Prancis di klub Paris Saint-Germain,dia bermain sebagai penyerang atau pemain sayap.

Yang membuat Neymar tertarik dengan olahraga sepakbola adalah karena profesi ayahnya sebagai mantan pesepakbola.

Neymar pernah berkata

Ayah saya telah ada di sisiku sejak aku masih kecil. Dia mengurus segala hal, keluarga saya, keuatangan saya dan semua yang berkaitan dengan saya

Klub yang pertama Neymar gabung adalah Portuguesa Santista, saat dia berusia masih kecil yaitu 11 tahun. Tapi karena disebabkan kepindahan keluarganya ke kota Santos, akhirnya Neymar harus meninggalkan klub pertamanya itu.

Profil & Biografi Neymar

biografi neymar, neymar
Gambar via foxsportasia.com

Masa Kecil

Karena bakat yang dimiliki Neymar dalam bermain sepakbola, akhirnya dia diincar oleh salah satu akademi sepakbola, yaitu Klub Santos FC.

Pada tahun 2003 akhirnya ia resmi bergabung dengan akademi yang telah melahirkan banyak pemain yang terkenal dalam sepakbola Brazil.

Walaupun sudah masuk klub yang banyak melahirkan pemain profesional, akan tetapi Neymar tidak langsung menjadi populer dan menjadi pemain terbaik.

Pada masa mudanya Neymar memberikan prestasi yang luar biasa, dan ia membeli properti pertama untuk keluarganya yaitu Vila Belmiro, hasil dari usahanya dalam bermain sepakbola.

Kualitas kehidupan keluarganya mulai membaik pada usia 15 tahun, sekitar 10.000 reais per bulan di dapatkan oleh neymar dari sepakbola.

Menuju Pentas Dunia

Sebelum resmi merumput ada sekitar 6 tahun lamanya untuk menjadikannya pemain yang bagus. Pada tanggal 7 Maret 2009 adalah tanggal pertamanya debut Neymar di lapangan bersama Santos FC.

Pada usia yang ke-17, pemain yang sering di juluki dengan Pele masa depan ini telah berhasil mengalahkan Oeste dengan Skor 2-1 dan pada usia ke-17nya juga dia menandatangi kontrak profesional penuh serta telah menerima sponsor.

Satu minggu kemudian ia telah mencetak gol kembali saat melawan Mogi Mirim, dan pada tanggal 11 april satu bulan setelah melawan Mogi Mirim.

Pada saat itu, Neymar kembali mencetak gol dan menjadi penentu kemenangan melawan Palmeiras di semi-final liga pertama dengan skor yang di dapatkan adalah 2-1.   Dari 48 pertandingan Neymar mencetak 14 gol pada musim perdana.

Pada musim 2010 pemain gemilang kembali ditunjukkan Neymar. Tim yang dihuninya berhasil ia bawa menuju ajang Campeonato Paulista 2010 dengan sepanjang pertandingannya menorehkan 14 gol.

Dan pada musim 2010 neymar tercatat melesatkan golnya sampai 42 gol. Prestasi yang dilakukannya ini mengantarkan Neymar menempati posisi ketiga penghargaan South American Footballer of the year 2010.

Akhirnya karena prestasi yang gemilang ini menjadikan dirinya sebagai salah satu pengganti legenda sepakbola Brazil lainnya seperti Robinho dan Pele.

Karena permainan cantik Neymar, membuatnya banyak diminati Klub terkenal di Eropa, seperti di Inggris West Ham United .

Namun tawaran dengan kontrak sebesar 12 juta pounds [ Rp 214 miliar] itu di tolak oleh Neymar dengan alasan ingin fokus bermain sepakbola di Brazil.

Dan kemudian ada tawaran dari club yang lain yaitu Klub Inggris yang sudah terkenal, Chlesea. Namun  Santos menyatakan keengganannya untuk menjual pemain terbaiknya yaitu Neymar.

Meski begitu, manajernya saat itu, Wagner Ribiro merasa sadar bahwa keinginan salah satu atlet berbakat ini ingin berkarir di Benua Eropa.

Karier di Eropa

Pesona Neymar semakin melejit di Eropa, sampai menarik perhatian salah satu Klub papan atas di Spanyol yaitu Real Madrid pada tahun 2011.

Los Blancos menunjukan ketertarikannya dengan pemain yang satu ini dengan menawarkan pre-kontrak pada Neymar.

Walapun begitu pemain yang telah berusia 21 tahun ini tidak mengambil kesempatan tersebut dan memilih memperpanjang kontraknya dengan tim lamanya, yaitu Santos FC.

Ia pun tampil dengan luar biasa di musim itu sampa mendapatkan pernghargaan ajang FIFA Puskas Award [2011] dan South American Footballer of the year [2011].

Neymar tampil gemilang saat memasuki musim 2012. Dia memborong sederet penghargaan dan berhasil mencetak gol ke-100 nya sehingga mendapatkan prestasi Golden Ball [ 2012], Runner-Up FIFA Puskas Award [2012] dan South American Fottballer of the Year [ 2012].

Saat Neymar bersama Santos FC membuatnya mendapatkan sederet prestasi dan menjadi pemain yang sukses, mimpinya untuk bisa bermain di Eropa masih belum hilang.

Lalu pada tanggal 24 Meri 2013, santos mengumumkan bahwa Neymar ditawari oleh dua klub terkenal di Eropa. Akhirnya dia hijrah menuju ke Barcelona, pada tanggal 25 Mei 2013 ia resmi bergabung bersama Lionel Messi dengan masa kontrak adalah 5 tahun.

Neymar & Barcelona

Biaya transfer Neymar saat itu adalah 57 juta pounds atau sekitar 480, 6 Milyar. Transfer dengan kontrak lima tahun ini adalah kontrak dengan peringkat ke-10 termahal secara keseluruhannya.

Pada tanggal 3 juni, 2013 Neymar dinyatakan resmi bergabung bersama Barcelona FC setelah dia lulus dari tes medis dan di perkenalkan dihadapan 56.500 penggemar di stadion Nou Camp.

Penampilan nya yang bagus saat bermain di Barcelona menjadikannya sorotan publik. Kedatangan Neymar ini menjadi harapan besar buat Bercelona dalam mendukung performa yang biasanya tim ini mengandalkan satu pemain yaitu Messi.

Pada tanggal 7 Agustus 2013 adalah waktu Neymar mencetak goal pertamanya yang dilakukan saat duet bersama Cesc Fabregas.

Selain itu, penampilan Neymar yang begitu memukau saat dilapangn membuat para pemain lain kesulitan dalam mengahdapinya dan sulit untk dihentikan kecuali dengan melakukan pelanggaran kepadanya.

Pada saat El Clasico Real Madrid vs Barcelona Neymar kembali mencetak gol perdananya.  Goal ini mengantarkan La Blaugrana pada kemenangan melawan tim saingan bubuyutannya.

Kehidupan Pribadi

Dalam kehidupan pribadinya, saat Neymar telah menjadi ayah, maka dirinya menjadi sorotan publik. Pada bulan Agustus 2011, Neyamar telah menjadi ayah dari bayi laki-laki bernama Davi Lucca yang lahir di Sao Paulo. Walaupun seperti itu, ibu bayi kandung dari bayi ini belum dikethui publik.

Kabar baru publik, bahwa Neymar telah menjalin asmara atau berpacaran dengan model asal Brazil, yaitu Bruna Marquzine.

Ketika Neymar hadir dalam sebuah video cinta yang di putar dalam sebuah acara besar dance yang diikuti kekasihnya Bruna, video tersebut sempat menjadi berita hangat di media sosial, dimana Neyamar berkata dalam video tersebut.

Hei cantik, untukmu yang terlihat cantik seperi biasanya kupersembahkan pesan ini untukmu. Kamu sangat mempesona, dan tetap buatlah aku terus jatuh cinta dengan dansamu

Itulah dia biografi Neymar, dari mulai awal ia berkarir dalam olahraga sepakbola dan perjuangannya sampai akhirnya ia menjadi pemain profesional di dunia.

Bahkan menjadi pemain yang di incar oleh Klub-klub terkenal di Eropa. Bagi kalian fans nya Neymar mudah-mudahan setelah membaca biografi ini, kalian bisa lebih mengenal Neymar dari sebelumnya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *