cara memilih sepatu bola voli, bola voli
Bola Voli

Cara Memilih Sepatu Bola Voli

Cara memilih sepatu bola voli – Salah satu faktor pemain bola voli dapat megeluarkan seluruh kemampuannya dalam bermain di lapangan adalah sepatu bola voli.

Sepatu bola voli ini sangat mendukung gaya bermain seseorang. Karena sepatu juga memiliki kualitas dan standar yang harus digunakan oleh para pemain.

Harga sepatu bola voli juga bermacam-macam. Tergantung kualitas sepatu yang kita inginkan.

Biasanya sepatu yang bagus dan baik digunakan saat dilapangan adalah sepatu yang sudah memiliki merk ternama. Sepatu merk ternama biasanya sudah mendesain sepatu tersebut agar nyaman digunakan oleh pemain bola voli.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memilih sepatu bola voli yang baik agar bisa nyaman saat dilapangan.

Sebelum kita meloncat pada pembahasan utama tentang cara memilih sepatu yang bagus dan benar. Mari kita bahas terlebih dahulu tentang manfaat dalam memilih sepatu yang berkualitas dan bagus untuk pemain bola voli.

Mungkin ada beberapa pemain dari kalangan menengah atau pemula yang ketika bermain boal voli merasa tidak nyaman menggunakan sepatu. Padahal, yang membuat tidak nyaman seseorang itu adalah karena kebiasaannya tidak memakai sepatu saat bermain.

Nah ketidaknyamanan tersebut membuat pemain tidak leluasa dalam melakukan lompatan saat mau memukul bola. Jadi biasakan terlebih dahulu menggunakan sepatu. Sehingga kita bisa benar-benar nyaman dalam bermain bola voli.

Kembali kepada pembahasan sebelumnya. Mari kita bahas terlebih dahulu betapa pentingnya bermain bola voli menggunakan sepatu. Apalagi sepatu yang kita gunakan benar-benar berkualitas.

Manfaat Menggunakan Sepatu Bola Voli

cara memilih sepatu bola voli, bola voli
Sumber : youtube.com

1. Meminimalisir Resiko Cedera Pemain Bola Voli

Seseorang yang bermain boal voli dengan tidak menggunakan sepatu akan lebih rawan cedera. Daripada seorang pemain yang menggunakan sepatu olahraga atau sepatu bola voli.

Kita akan lebih nyaman dan lebih baik ketika menggunakan sepatu bola voli. Pasalnya, orang yang telah melakukan blocking/spike akan lebih mudah mendarat ketanah karena posisi kakinya yang sudah siap.

Tetapi kalau seandainya pemain bola voli tidak menggunakan sepatu, maka akan ada kemungkinana cedera kaki. Karena posisi telapakan kaki akan tidak tersusun dengan baik saat melakukan pendaratan.

2. Menjadi Bantalan Saat Selesai Melompat

Kalau seandainya kita lihat, hampir semua lapangan bola voli memiliki permukaan yang keras baik itu lapangan outdoor ataupun indoor.

Pada umumnya, pemain bola voli yang tidak menggunakan sepatu saat bermain di lapangan akan merasakan sakit pada kaki bagian depan atau pada tungkai kaki. Pemain yang tidak menggunakan sepatu ini biasanya mengalami cedera sekitar 80 % setelah mereka melakukan lompatan.

Rasa sakit ini akan dialami para pemain bola voli saat kaki mereka melakukan kontak dengan lapangan yang keras.

Tetapi berbeda halnya dengan pemain yang menggunakan sepatu. Mereka bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah.

3. Membantu Pemain Bola Voli saat Melakukan Akselerasi Pertama

Sepatu bola voli akan membantu pemain untuk melakukan akselerasi pertama tanpa cedera atau tergelincir.

Kenapa bisa aman? Karena biasanya sepatu bola voli sudah dilengkapi dengan sol karet yang kesat.

Ketika kita melakukan kesalaha pada akselerasi awal, maka akan mengakibatkan ketidak sempurnaan spike. Situasi ini sering terjadi saat seorang pemain tidak menggunakan sepatu.

4. Membantu Pemain dalam Melakukan Tolakan Lompatan

Lompatan pemain bisa lebih tinggi saat menggunakan sepatu, karena sepatu membatu pemain memantapkan tumpuat saat mau melompat.

Ketika pemai bola voli bisa melompat tinggi, maka ia akan leluasa melakukan spike. Oleh karena itu, menggunakan sepatu sanagt penting dalam membantu anda bermain bola voli.

Itulah dia 4 manfaat yang bisa anda dapatkan saat menggunakan sepatu bola voli. Nah sekarang kita masuk pada tema sesungguhnya. Yaitu cara memilih sepatu bola voli yang baik dan benar.

Kita akan membahas point perpoint agar mudah dipahami oleh kita semua.

Cara Memilih Sepatu Bola Voli yang Baik dan Benar

cara memilih sepatu bola voli, bola voli
Sumber : bankfs.ru

1. Memilik Bugdet yang Pas

Ketika kita ingin membeli suatu barang, tentu hal utama yang kita perlukan adalah budget. Berapa bugdet yang kita miliki untuk membeli sepatu yang kita inginkan?.

Ketika kita ingin membeli sepatu yang bagus, tentu harga yang dikeluarkan oleh penjual sepatu juga tidak murah. Karena harga sebuah barang tidak akan menipu kualitas yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, uang yang kita miliki bisa mengukur merk sepatu apa yang cocok dengan kita. Jadi sepatu apa yang akan kita beli nantinya, tergantung uang yang kita miliki.

Jadi usahakan kita memiliki uang yang cukup terlebih dahulu sebelum membeli sepatu yang pas buat kita gunakan di lapangan.

Dan saat kita mengecek sebuah toko online. Lalu tiba-tiba ada merk sepatu yang kita inginkan muncul di beranda tersebut dengan harga yang murah. Maka jangan anda beli.

Kenapa? karena harga yang ditawarkan di toko online dengan merk terkenal tapi harganya murah, biasanya sepatu tersebut adalah kw.

Contohnya ada sepatu bola voli dengan merk Mizuno. Lalu harga sepatu tersebut bernilai setengah lebih murah dari sepatu asli. Maka bisa dipastikan sepatu tersebut adalah sepatu kw.

Nah, kejadian diatas sering terjadi di kalangan kita. Oleh karena itu, saat kita mau membeli sepatu di toko online.

Pastikan toko yang kita beli memiliki rating yang tinggi dan menjual sepatu dengan harga yang wajar. Dan pastikan pula toko tersebut memberikan pelayanan yang baik.

2. Pilih Sepatu dengan Bahan yang Kuat

Sebelum membeli sepatu bola voli, hal utama yang harus kita perhatikan adalah keawetan sepatu bola voli tersebut.

Hal pertama yang harus kita cek dalam sepatu adalah pada bagian atas sepatu. Amati juga setiap rekatan antara sol sepatu. Karena biasanya, bagian sepatu yang sering rusak terdapat di dua tempat itu.

Sepatu bagian atas dan perekatan antara sol sepatu bola voli akan merenggag ketika kita melompat berkali-kali. Kalau kita ingin sepatu awet, maka pilihlah sepatu dengan kaitan yang terlihat kuat pada bagian tersebut.

Selain diatas, hal lain yang harus kita perhatikan adalah bahan yang digunakan pada sepatu bola voli.

Bahan sepatu bola yang jelek dan gampang terlihat kotor akan membuat lem perekat sol sepatu mudah rusak dan mengelupas. Karena kita sering mencucis sepatu tersebut.

Jadi usahakan sepatu yang kita beli memiliki bahan yang bagus dan tidak mudah kotor. Agar lem perekat sol sepatu tidak mudah mengelupas.

Dan terakhir adalah pilih sepatu bahan karet sintetis. Bahan tersebut tidak mudah rusak dan nyaman digunakan untuk olahraga.

3. Pilih Septu Bola Voli yang Ringan

Seorang pemain bola voli dapat melompat tinggi ketika sepatu yang ia gunakan ringan. Ada banyak tawaran merk sepatu bola voli yang bisa kita beli. Akan tetapi, sepatu dengan harga yang cukup mahal biasanya memiliki beban yang ringan.

Kenapa sepatu yang ringan memiliki harga yang mahal?. Karena sepatu tersebut sudah di design dengan rapih dan baik. Biasanya sepatu yang memiliki design tingkat tinggi adalah sepatu dengan merk terkenal.

Merk terkenal yang sering menjual sepatu bola voli adalah Nike, Mizuno, Adidas, Asics dan lain-lain.

Selain sepatu dengan merk terkenal yang memiliki beban yang ringan, ada juga sepatu murah dengan merk yang tidak terkenal.  Sepatu itu juga memiliki beban yang ringan.

Tapi biassanya ia memiliki kekurangan pada kualitas sepatu tersebut. kekurangan tersebut adalah gampang ruksak dan lemnya mengelupas.

4. Pilih sepatu Bola Voli dengan Sol yang Kuat

Pilihan selanjutnya yang harus kita perhatikan adalah kekuatan sol sepatu itu. Sol sepatu yang kesat akan membantu tumpuan dan akselerasi pemain bola voli saat ia melakukan spike/block.

Sebagaimana telah saya bahas diatas. Sol sepatu yang kesat dan kuat akan memudahkan seorang pemain menginjakan daratan setelah ia melompat.

Sebaliknya, apabila sol sepatu jelek atau kurang bagus. Maka akan memberikan dampak saat ia mendarat. Pertama ia akan kesulitan akselerasi dan kedua ia bisa saja tergelincir saat mendarat.

5. Sesuaikan Ukuran Sepatu Bola Voli dengan Kaki Anda

Ketika kita menggunakan sepatu yang terlalu kecil atau terlelu besar, maka ia akan berpengaruh pada jari-jari kaki kita.

Jika sepatu terlalu besar, maka saat meloncat ia akan merasakan sakit pada jari-jari kaki. Karena jari-jari tersebut akan menekan ujung sepatu.

Biasanya, bagian jari-jari yang paling sakit saat ia menekan ujung sepatu adalah ujung jari kelingking. Oleh karena itu, pilihlah sepatu bola voli dengan ukuran yang benar-benar cukup untuk kaki kita.

Menurut saya, sepatu yang nyaman untuk olahraga adalah sepatu yang agak kecil namun tidak terlalu kecil. Karena jika terlalu kecil akan terasa sakit saat digunakan di lapangan.

6. Pilih Sepatu dengan Tinggi Melebihi Mata Kaki

Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan pada sendi disekitar mata kaki. Maka kita harus menggunakan sepatu yang memiliki tinggi di atas mata kaki. Jadi inti dari pemilihan ini adalah untuk mengurangi resiko cedera pada sendi mata kaki.

7. Jangan Membeli Sepatu Bola Voli Bekas

Agar sepatu yang kita pakai terjamin awet, usahakan untuk membeli sepatu yang baru. Jangan coba untuk membeli sepatu bekas dari teman atau orang lain. Sepatu bekas tersebut tidak akan menjamin keawetan.

Bisa saja saat ia menawarkan pada kita terlihat menjanjikan dengan sol yang rapih dan lem yang kesat. Tapi mungkin sebelumnya sol tersebut tidak bagus dan lemnya pernah terkelupas. Atau mungkin sepatunya robek.

Jadi, menurut saya lebih baik kita membeli sepatu yang baru agar benar-benar terjamin keawetannya dan terjamin kualitasnya.

8. Pilih Corak dan Desain Sepatu Bola Voli yang Sesuai dengan Keinginan Anda

Pemilihan selanjutnya pada sepatu bola voli adalah desain dan corak. Kadang ada orang yang memilih desain dan corak yang tidak sesuai dengan selera. Dan ia hanya memikirkan kualitas sepatu tersebut.

Padahal menurut saya desain dan corak juga perlu kita perhatikan. Karena ini juga bagian penting dalam memilih sepatu bola voli.

Alasanya apa?desain dan corak yang kita inginkan akan memberikan semangat kepada kita saat bermain di lapangan.

Selain itu juga, desain yang menarik akan memberikan kepercayaan penuh pada diri kita. Saat kita memiliki kepercayaan 100%, maka kita akan bermain denga tenang dan enjoy. Hal tersebut akan membuat kita menguasai lapangan.

Nah itulah dia 8 cara memilih sepatu yang baik dan benar. Mudah-mudahan dengan adanya cara tersebut, anda bisa terbantu dalam membeli sepatu yang berkualitas baik dan nyaman saat digunakan di lapangan.

Salam Olahraga

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *