yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

Kiper Terbaik Sepanjang Masa,Kamu Harus Tahu!

5 min read

goalkeeper

Kiper Terbaik Sepanjang Masa – Salah satu peran dalam olahraga insternasional yaitu sepak bola yang dimana tugasnya mengamankan gawang agar tidak kebobolan gol adalah penjaga gawang atau kiper.

Karena jobdesnya untuk mempertahankan tim yang ia pegang agar tidak kebobolan, maka tidak seharusnya menjadi seorang kiper terbaik.

karena seorang kiper harus menjadi penjaga gawang terbaik, bukan?  Terus terang saja, salah satu pemain yang paling berat dalam sepak bola adalah kiper.

karena ia harus menjadi tameng terakhir dalam permainan ini untuk mempertahankan timya dalam bertanding sepak bola.

Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Seorang kiper yang memiliki skill atau kemampuan paling baik serta berkualitas biasanya mendapatkan julukan sebagai kiper terbaik dunia.

Banyak orang yang akan menyontoh dia sebagai kiper. Gerakan reflek yang spontan dan bagus akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga gawang.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang penjaga gawang terbaik dunia yang bisa dijadikan contoh atau acuan bagi kalian semuanya terutama bagi kiper.

1. Oliver Rolf Kahn

kiperterbaik,sepakbola

Oliver Rolf Kahn

Nama lengkapnya adalah Oliver Rolf Kahn, seorang penjaga gawang yang lahir di Karlsruhe, Jerman Barat pada tanggal 15 juni tahun 1969. Tingginya mencapai 1.88 Meter.

Pada tahun 1995 ia bermain sebagai penjaga gawang untuk negaranya sendiri, yaitu Jerman.

Kiper ini adalah salah satu pemain klub Bayern Munchen sejak tahun 1994, dan pada klub tersbut ia telah bermain selama 429 kali tampil.

Karena cara bermainnya dalam sepakbola akhirnya ia di juluki sebagai King Kahn Atau Kahn.

Selama ia berkarir menjadi  penjaga gawang ia pernah berpartisipasi dalam Euro 1996, 2000 dan 2004. Dan ia juga pernah bermain di Piala Dunia pada tahun 1994,1998,2002 dan terakhir adalah tahun 2006.

Pada tahun 1998 dan 2006 di ajang pertandingan Piala Dunia ia tidak menjadi kiper utama dalam pertandingan tersebut.

Tapi menjadi kiper kedua dalam mempertahankan skuad negaranya, walaupun seperti itu, dia adalah kiper terbaik sepanjang masa.

2. Lev Ivanovich Yashin

kiper,legenda
Lev Ivanovich Yashin

Nama lengkapnya adalah Lev Ivanovich Yashin, seorang penjaga gawang ini lahir di Moskwa, Uni Soviet pada tanggal 22 Oktober 1929.

Ia meninggal di Moskwa, Uni Soviet pada umur 60 tahun tepat di tanggal 20 Maret 1990.tinggi badannya adalah 1.89 Meter.

Putra dari pasangan Ivan Yashin dan Anna Yashina pantas mendapatkan title atau gelar sebagai kiper terbaik, karena gaya bermainnya yang berkualitas dan baik.

Penjaga gawang yang satu ini memiliki gaya unik yang tidak dimiliki oleh orang lain, yaitu memiliki gerak reflex yang cepat dan baik saat menangkis bola ketika bola itu datang ke gawang tersebut.

Kurang lebih 140 tendangan yang di sematkan padanya saat penalti di titik putih telah berhasil ia gagalkan. Karena skill terbaiknya ini ia mendapatkan penghargaan Ballon d’Or.

Namun, kiper terbaik ini mengalami kejadian tragis pada tahun 1986, dimana ia mengalami cedera di lutut sebelah kanan yang mengharuskannya kehilangan kaki kanannya tersebut karena diamputasi.

Tepat pada 20 maret 1990 4 tahun setelah diamputasi ia menghembuskan nafas terakhirnya karena akibat komplikasi yang di deritanya setelah operasi bedah.

3. Claudio Andre Mergen Taffarel

legenda,kiper
Claudio Andre Mergen Taffarel

Nama lengkapnya adalah Claudio Andre Mergen Taffarel, ia adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Santa Rosa, Brazil pada tanggal 8 Mei 1966. Tingginya adalah 1.83 Meter.

Pada saat memperkuat tim nasional sepakbola Brazil ia telah banyak meraih penghargaan selama ia menjadi penjaga gawang.

Karena banyaknya gelar yang ia dapat dari skill atau kemampuannya menjadi kiper akhirnya ia masuk jajaran dalam daftar Kiper terbaik Dunia.

Selama memperkuat timnas Brazil ia berhasil membawa timnya memboyong gelar juara dunia pada tahun 1994 dan pada tahun 1998 menjadi runner up saat dikalahkan oleh Prancis dengan skor 0-3.

Pada tahun 1989 dan 1997 pernah mempersembahkannya juga pada Brazl dalam kejuaraan Cpoa Amerika. Karena keahliannya dalam menjaga gawang, ia menjadi disegani pada zamannya.

4. Gordon Banks

kiper,legenda
Gordon-Banks

Nama lengkanya adalah Gordon Banks. Ia adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Sheffield, Inggris pada tanggal 30 Desember 1937. Tingginya adalah 1.83 meter.

Menurut blog Soccer Grodon Banks masuk dalam 10 kiper terbak di dunia. Pada World Cup 1970 ia pernah menggagalkan sundulan kepala Pele.

Padahal pada waktu itu hampir 90 persen pele dipastikan bisa memasukan bola, akan tetap bisa di gagalkan.

Akhirnya, karena gaya bermainnya yang baik itu, ia mendapatkan gelar menjadi penyelamat terhebat.

Bukan hanya mendapatkan gelar tersebut, akan tetapi kehebatannya dalam menjaga gawang mendapatkan pengakuan dan pujian dari pele itu sendiri. Pele menyebutnya sebagai pemain yang berbakat dan hebat.

5. Edwin Van Der Sar

terbaik,kiper
Edwin Van Der Sar

Nama lengkapnya adalah Edwin Van Der Sar, ia adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Voorhout, Belanda pada tanggal 220 Oktober tahun 1970, dan sekarang usianya 47 tahun. Tinggi badannya adalah 2.01 Meter.

Salah satu Klub yang terkenal di dunia dalah Manchester United atau sering kita sebut MU. Nah kiper terbaik selanjutnya adalah salah satu kiper Klub Setan Merah ini, dimana ia memang memiliki skill di atas rata-rata.

Dengan tinggi dua meter ini, ia telah menjadi penjaga gawang terbaik dunia, bahkan pada periode 2010 sampai 2011 tepat di usianya yang ke 40, ia masih bisa bermain sebagai kiper terbaik.

Bersama tema-temany yaitu Paul Scholas dan Ryan Giggs yang sama-sama udah menjadi tua, mereka membawa Klub MU menjad juara di mana-mana.

6. Dino Zoff

kiper,indah
Dino Zoff

Nama lengkapnya adalah Dino Zoff, ia adalah penjaga gawang yang lahir di Mariano del Friuli, Gorizia, Italia pada tanggal 28 Februari 1942, dan sekarang umurnya adalah 75 tahun. Tinggi badannya adalah 1.82 Meter.

Bagi para fans Juventus, penjaga gawang yang bernama Dino Zoff merupakan the Italian Legend.

Dengan tingginya yang mencapai 1.82 meter ini, ia telah menjadi penjaga gawang klub Juventus dan menjadi timnas Itaial sampai menyentuh umur 41 tahun, ini merupakan sebuah prestasi.

Selama Dino Zoff bermain di Klub Juventus, ia telah berhasil membawa klubnya meraih 6 kali gelar di Serie A serta membawa tim nasional Italia menjadi juara Piala Dunia.

Makanya Dino Zoff terkenal sebagai pejaga gawang terbaik sepanjang masa, karena skill dan kemampuannya yang memberikan performa terbaik.

7. Gianluigi Buffon

kiper
Gianluigi Buffon

Nama lengkapnya adalah Gianluigi Buffon, lahir di Carrara, Italia pada tanggal 28 Januari tahun 1978 dan sekarang usianya adalah 39 tahun. Ia memiliki tinggi 1.91 meter.

Gianluigi ata Gigi Buffon pernah dinobatkan oleh International Federation of Football History dan Statistics [IFFHS] sebagai kiper terbaik di dunia sepanjang massa pada abad ke 21.

Hal ini karena kemampuan yang dimiiki oleh Gigi sangat luar biasa. Skill atau kemampuannya dalam menjaga gawang tidak bisa di bantah oleh siapapun karena saking luar biasanya dalam menjaga gawang tersebut.

Dengan tinggi 1.91 saat serangan musuh datang maka dengan gaya terbangnya Gigi mampu menghalau serang musuh tersebut, makanya jangan heran ketika Gigi dijuluki sebagai Superman.

Bersama Buffon Italia menjuarai Piala dunia pada tahun 2006. Hebatnya, dia hanya kemasukan 2 gol, sepanjang pertandingan di  musim tersebut.

Yang dapat memaskan bolanya adalah Zinadine Zidane saat penalti dan gol kedua dimasuki oleh Zaccardo yang kebetulan satu rekan dengan nya atau dengan kata ain gol Bunuh diri.

Dengan pernyataan iNi, apakah Buffon menjadi penjaga gawang yang paling sedikiT kebobolan bola sepanjang masa?

Pada saat itu, ia menjadi peNjadi penjaga gawang yang paling mahal di dunia. Pada usia 23 tahun Buffon dibeli oleh Klub Juventus dengan harga 47 juta Euro.

8. Josef Dieter Maier

sepakbola,kiper
Josef Dieter Maier

Nama lengkapnya adalah Josef Dieter Maier, ia adalah kiper yang lahir di Metten, Jerman pada tanggal 28 Februari 1944, sekarang umurnya adalah 73 tahun. Ia memiliki tinggi badan 1.85 Meter.

Josef Dieter Maier atau yeng sering akrab di sapa Sepp Maier adalah salah satu sosok penjaga gawang yang menjadi Gold Generation bagi tim Bayern Munchen serta tim Nasional Jerman.

Saat memimpi di berbagai pertandingan di Eropa bahkan sampai ke dunia pada tahun 1970an ke atas. Ger Mueller atau Franz Beckenbauer adalah tokoh yang mungkin orang-orang luar mengingat aksi keren mereka.

Akan tetapi, sebanyak 3 kali berturut-turut menjuarai liga Champions yaitu pada tahun 1972-1974 Sepp Maier mengambil penting juga dalam kejuaraan tersebut.

Karena kemampuan Sepp Maier sebagai penjaga gawang, akhirnya ia dinobatkan menjadi kiper terbaik nomor 1 di Jerman saat Piala Eropa diraih pada tahun 1972 serta piala dunia pda tahun 1974.

9. Peter Boleslaw Schmeichel

sepakbola,kiper
Peter Boleslaw Schmeichel

Nama lengkapnya adalah Peter Boleslaw Schemievhel, ia adalah seorang kiper yang lahir di Gladsaxe, Denmark pada tanggal 18 November 1962, sekarang umurnya adalah 54 tahun. Ia memiliki tinggi badan sekitar 1.93 meter.

Karena karir peter Boleslaw Schmeichel yang fantasis dan gemilang akhirya dia menjadi salah seorang kiper terbaik dunia.

Dengan postuur tubuh yang cukup tinggi yaitu 1,93 meter , a menjadi salah satu pejaga gawang klub terkenal di dunia yaitu MU atau Manchester United. Bersama klubnya , ia memperoleh treble winner pada tahun 1997 sampai 1998.

Pada tahun 1992 juga ia memberikan hasil terbaik utuk negaranya sendri yatu Denmar, dengan memperoleh Piala Eropa.

Selain itu, ia adalah penjaga gawang dunia yang memperoleh sebanyak 4 kali predikat kiper terbaik dunia pada tahun 1992,1993,1997 dan terakhir adalah 1999.

10. Iker Casillas Fernandez

kiper,sepabola
Iker Casillas Fernandez

Nama lengkapnya adalah Iker Casillas Fernandez, ia adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Mostoles, Spanyol pada tanggal 20 Mei 1981, sekarang umurnya adalah 36 tahun.

Untuk saat ini, kiper terbaik yang masih tetap diingat dan dperhtungkan adalah Iker Casillas yang lulus d Real Madris Academy.

Pada saat Real Madr menundukkan Valencia pada tahun 2000 di Final Liga Champions, ia menjadi pusat perhatian bagi pecinta bola karena menjadi pemain kiper termuda yang berman di Real Madrid.

Pada tahun 2008-2012 telah mencatat Golden Generation kapten dengan nama Iker Casillas sebagai orang yang pertama kali mendapatan 3 tropi mayor beriringan.

Yaitu di piala Eropa taun 2008, piala dunia pada tahun 2010 dan terakhir pada tahun 2012 di Piala Eropa.

11. Jose Luis Chilavert

sepakbola,kiper
Jose Luis Chilavert

Nama lengkapnya adalah Jose Luis Chilavert, ia adalah seorang penjaga gawang yang lahir di Luque, Paraguay pada tanggal 27 juli tahun 1965, dan usianya sekarang adalah 52 tahun. Tinggi badannya adalah 1.88 meter.

Jose Luis adalah kiper atau penjaga gawang yang banya memasukan bola ke gawang lawan, sehingga ia menjadi kiper terbaik di Paraguai.

Selama ia menjadi penjaga gawang ia telah memasukan bola kurang lebih 65 gol selama ia bermain sepakbola.

Apalagi pada tahun 1999, Jose Luis menjadi salah satu penjaga gawang yang menorehkan sejarah, dimana ia menorehkan hat trick pada pertandingan tersebut yang dimana waktu itu gawang lawan di jaga oleh Mistar.

Karena kemampuannya innilah ia mendapatkan gerlar kiper nomor 1 di dunia pada tahun 1995, 1997 sampai tahun 1998.

Nah itu 11 kiper terbaik sepanjang masa, kira-kira kalian lebih suka yang mana? Dan penjaga gawang mana yang benar-benar kalian kenal sebagai kiper terbaik sepanjang masa?

Salam Olahraga.

yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *