komponen dioda schottky
Komponen Elektro

Dioda Schottky

Komponen Dioda Schottky – Dioda adalah salah satu komponen yang sering digunakan pada rangkain-rangkaian untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan elektro.

Salah satu bagian dioda yang sering digunakan adalah Dioda Schottky. Ia adalah bagian dioda yang sering di pake pada sebuah rangkaian.

Pengertian Komponen Dioda Schottky

Schottky diode adalah salah satu jenis dioda yang memiliki tegangan jatuh atau drop voltage yang rendah.

Kalau kita bandingkan antara dioda biasa atau normal dengan dioda schottky, maka akan terlihat tegangannya yang begitu rendah.

Perbedaan yang paling mendasar antara dioda schottky dengan dioda normal adalah pada penggunaan persimpangan.

Dioda schottky menggunakan persimpangan logam-semikonduktor (metal-semiconductor junction).

Sedangkan persimpangan yang digunakan pada dioda normal adalah persimpangan semikonduktor-semikonduktor (semiconductor-semiconductor junction).

Ada banyak kegunaan dioda schottky yang bisa kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Di bawah ini adalah contoh penggunakan dioda schottky.

  1. Dioda schottky digunakan pada rangkaian penyearah pencatu daya.
  2. Digunakan pada rangkaian frekuensi radio (RF).
  3. Digunakan pada rangkaian switching berkecepatan tinggi.

Nama dioda schottky diambil dari nama seorang ahli fisika yang berasal dari jerman. Nama orang tersebut adalah Walter H.Schottky.

Dioda pembawa panas adalah nama lain dari dioda schottky. Dioda schottky adalah sebuah dioda semikonduktor bertekanan rendah.

Efek schottky adalah efek yang dihasilkan dari dioda schottky. Effect ini berfungsi sebagai penghalang potensial yang memiliki karakteristik penyearahan.

Efek ini juga berfungsi sebagai penghalang potensial yang terbentuk pada pertemuan logam-semikonduktor.

Pada penggunaan dioda, efek ini memang benar-benar cocok. Dengan adanya peristiwa diatas, dioda schottky akhirnya disebut sebagai barrier diode (dioda penghalang).

Struktur dan Simbol Komponen Dioda Schottky

Dioda schottky menggunakan logam semikonduktor yang terbuat dari alumunium atau platinium.

Logam tersebut membentuk sebuah sambungan persimpangan logam –semikonduktor tipe-n (metal semikonduktor tipe-n).

Adapun dioda normal, bahan yang digunakan tidaklah sama dengan dioda schottky. Mereka tidak menggunakan logam untuk semikonduktor tipe-n nya.

Untuk persimpangannya, dioda normal menggunakan positif-negatif (PN junction). Sedangkan semi konduktor tipe-n dan tipe-p nya digunakan khusus untuk membentuk sebuah persimpangan p-n.

Sambungan antara semikonduktor dan logam pada dioda schottky menghasilkan lapisan deplesi atau lapisan penghalang.

Lapisan deplesi atau lapisan penghalang yang dihasilkan oleh dioda schottky disebut dengan schottky barrier atau penghalang schottky.

Adapun simbol yang digunakan oleh dioda schottky bisa anda lihat gambar di bawah ini. simbol tersebut bisa bermanfaat ketika anda mau merangkai sebuah rangkaian atau membuat simulasi pada aplikasi.

schottky diode
sumber : wikiwand.com

Kontruksi Komponen Dioda Schottky

Tipe khusus dari dioda schottky adalah memiliki tegangan yang rendah. Hambatan internal akan menahan aliran arus yang mengalir pada dioda schottky.

Ketika aliran arus di tahan, maka tegangan yang berada di terminal dioda menjadi kecil.

Tegangan yang dimiliki oleh dioda schottky adalah 0.15 sampai 0.45 volt. Sedangkan tegangan yang dimiliki oleh dioda normal sekitar 0.7 -1.7 volt.

Simpangan logam-semikonduktor digunakan oleh dioda schottky sebagai sawar schottky. Shawar schottky adalah persimpangan semikonduktor-semikonduktor yang biasa digunakan pada dioda konvensional.

Waktu kontak yang sangat cepat dan tegangan yang rendah telah menghasilkan sawar schottky.

Untuk lebih jelasnya, dioda schottky membalikan waktu pemulihan menggunakan logam semikonduktor. Sedangkan dioda normal membalikan waktu pemulihan menggunakan semikonduktor tipe-p dan tipe-n.

Dan dioda schottky telah membalikan keadaan yang awalnya tidak menghantarkan menjadi menghantarkan.

Prinsip Kerja Komponen Dioda Schottky

schottky diode vs diode
sumber : pintarelektro.com

Tingkat energi elektron yang berada di sisi semikonduktor tipe-n akan sangat rendah di bandingan pada saat berada di sisi logam ketika dioda schottky tidak diberikan tegangan.

Kata lain dari tidak diberikan tegangan pada dioda schottky adalah dalam kondisi unbieased (kondisi dioda tanpa tegangan).

Ketika dioda schottky dalam keadaan seperti itu, maka elektron tidak dapat mengalir melalui penghalang schottky atau penghalang persimpangan.

Akan tetapi, elektron dapat mengalir melewati penghalang schottky ketika dioda schottky di beri tegangan bias maju (forward bias).

Ketika dioda schottky mendapatkan tegangan, maka elektron akan masuk ke wilayah logam dan semikonduktor tipe-n akan mendapat energi yang cukup.

Elektron yang masuk wilayah logam di sebut dengan elektron pembawa panas (hot carrier) karena elektron tersebut membawa energi yang sangat besar.

Sebagaimana telah saya bahas di atas, nama lain dari dioda schottky adalah hot carrier diode atau dioda pembawa panas.

Apabila dioda schottky mendapatkan tegangan maju yang cukup maka arus listrik mengalir melalui dioda schottky secara bias maju.

Pada saat arus listrik melintasi terminal Schottky diode, maka dioda schottky akan kehilangan tegangan kecil yang kita sebut dengan voltage drop.

Drop voltage atau kehilangan tegangan pada dioda schottky adalah sekitar 0.2V sampai 0.3V. sedangkan drop voltage pada dioda normal sekitar 0.6V sampai 0.7V.

Dengan kata lain, dioda schottky akan membuang tegangan sekitar 0.2V sampai 0.3V. sedangkan dioda normal akan membuang tegangan sebesar 0.6V sampai 0.7V.

Pada umumnya, dioda normal mengkonsumsi tegangan yang lebih besar dari pada dioda schottky.

Karakteristik Dioda Schottky

Pada dioda schottky, karakteristik utamanya adalah bisa dimatikan (switch OFF) dan dinyalakan (switch ON) dengan cepat tanpa menghasilkan noise yang berlebihan.

Ketika dioda schottky di switch, ia tidak akan menghasilkan noise yang diinginkan dibandingkan dengan dioda normal.

Dioda normal bisa menghasilkan noise yang berlebihan karena menggunakan persimpangan PN.

Sedangkan dioda schottky menggunakan persimpangan logam untuk melakukan switching. Sehingga dioda schottky cocok untuk rangkaian yang memerlukan switching berkecepatan tinggi.

Aplikasi Dioda Schottky

schottky diode application
sumber : id-restifier-diodes.com

Komponen dioda Schottky banyak digunakan pada sebuah rangkaian yang memerlukan switching berkecepatan tinggi.

Dioda schottky digunakan dalam pencegahan saturasi transistor dan penjepitan tegangan karena arus listrik yang ada pada dioda schottky begitu padat.

Kondisi ini menjadikan tegangan maju pada dioda schottky rendah. Sebagain tegangan terbuang ke dalam panas yang lebih sedikit.

Permasalahan diatas menjadikan dioda schottky efisien untuk aplikasi yang sangat sensitif.

Dalam sebuah panel surya, dioda schottky dipakai untuk sistem fotovoltaik yang berdiri sendiri dalam pencegahan baterai.

Pemakaian baterai pada panel surya di malam hari akan di cegah oleh dioda schottky. Dan pencegahan juga dilakukan dalam sistem yang terhubung ke jaringan.

Baterai panel surya yang dicegah oleh dioda schottky mengandung banyak string ketika terhubung dalam koneksi paralel.

Dalam catu daya, dioda schottky digunakan sebagai penyearah.

Fitur Dioda Schottky

Dioda schottky memiliki fitur-fitur yang bisa anda baca di bawah ini :

  • Penurunan drop voltage atau tegangan maju rendah
  • Kapasitansi yang dimiliki rendah
  • Efisiensi yang dimiliki lebih tinggi
  • Cincin pelindung yang dimiliki oleh dioda schottky terintegrasi dalam perlindungan stres.
  • Ultra kecil dan pemasangan paket permukaan profil rendah.

Kelebihan Dioda Schottky

Setelah kita membahas panjang lebar tentang prinsip kerja dan aplikasi dioda schottky, tentu kita bisa simpulkan kelebihan yang dimilikinya.

Dioda schottky memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan dioda normal. Kelebihan dioda schottky bisa anda baca di bawah ini :

1. Waktu pemulihan cepat

Schottky dapat memulihkan waktu dengan cepat ketika sejumlah muatan kecil tersimpan saat digunakan pada aplikasi switching berkecepatan tinggi.

2. Tegangan hidup rendah

Dioda silikon atau dioda normal memiliki tegangan standar, yaitu sekitar 0.6V sampai 0.7V. sedangkan pada dioda schottky, tegangan yang dimiliki mencapai 0.2V sampai 0.3V.

3. Kapasitansi sambungan rendah

Kapasitansi sambungan yang dimiliki oleh schottky begitu rendah. Karena area yang ditempatinya sangat kecil, setelah dioda ini memperoleh dari kontak titik kawat silikon.

Nah itulah dia pembahasan tentang komponen dioda schottky. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam mencari apa yang anda inginkan.

Apabila ada kekeliruan dalam teori atau pembahasan diatas bisa komen di bawah ini.

Elektro, jaya jaya jaya.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *