taufik hidayat, pemain bulu tangkis
Olahraga

Latihan Fisik Bulu Tangkis

Latihan Fisik Bulu Tangkis – Salah satu olahraga terkenal di Indonesia adalah Bulu Tangkis. Setiap kota dan desa selalu di sediakan lapangan bulu tangkis.

Dengan adanya salah satu dukungan ini, jelas bahwa  bulu tangkis sudah menjadi salah satu olahraga terkenal di Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara dengan pemain bulu tangkis terbaik Asia. Salah satu tokoh yang telah membanggakan permainan ini adalah Taufik Hidayat.

Permainannya dalam bulu tangkis memberikan inspirasi kepada pemain yang lain untuk menjadi pemain bulu tangkis profesional.

Untuk menjadi pemain profesional dalam olahraga bulu tangkis, jelas dibutuhkan latihan yang ekstra.

Salah satu latihan yang harus anda perhatikan adalah fisik tubuh anda. Latihan fisik akan mempengaruhi jalannya anda saat bermain bulu tangkis.

Semakin bagus fisik anda, maka akan semakin baik anda bermain dalam olahraga ini. Nah pada artikel kali ini saya akan membahas tentang latihan Fisik Bulu Tangkis.

Latihan Fisik Bulu Tangkis

Tujuan Latihan Fisik Bulu Tangkis

sumber : medicalxpress.com

Latihan fisik buikan hanya di butuhkan untuk memperkuat dan menjadikan tubuh anda atletic. Akan tetapi, melatih fisik pada tubuh kita akan membuat anda bermain baik saat berada di lapangan.

Setiap pemain bulu tangkis profesional pasti telah menjalani latihan fisik yang baik dan benar. Karena untuk menembak dan menahan kok yang di tembakan oleh lawan, harus anda serang balik dengan kekuatan anda.

Oleh karena itu, apabila fisik anda tidak baik, maka permainan ini pasti akan mudah di menangkan oleh musuh anda.

Dalam latihan fisik itu terbagi dalam dua bagian. Bagian pertama melatih tubuh bagian bawah anda untuk melompat dan menambah kecepatan lari. Dan bagian atas untuk menahan dan menembak kok yang ada di depan mata kita.

Jadi, anda harus melatih tubuh bagian atas dan bagian bawah untuk memenangkan pertandingan.

Kecepatan dalam berlari, tembakan yang keras, lalu pertahanan yang baik dan juga lompatan yang pas. Akan mendukung anda jalannya permainan bulu tangkis.

Berdiskusi latihan fisik bagian atas dan bawah. Di bawah ini saya akan menjelaskan latihan fisik yang akan membantu tubuh anda menjadi kuat.

Jenis-Jenis Latihan Fisik

sumber : athens2020.org

1. Skipping

Untuk melatihan agar kaki kita bisa lincah saat di lapangan adalah Skipping. Skipping adalah salah satu latihan melompat dengan menggunakan tali. Latihan ini akan memberikan efek pada fisik anda untuk bergerak dan melompat.

Lakukanlah latihan skipping ini setiap hari dengan waktu minimal 10 menit. Waktu tersebut akan melatih kaki kita untuk fokus dan bergerak secara reflek.

Jadi, latihan pertama yang harus anda lakukan adalah melompat dengan menggunakan tali. Insya allah, latihan ini akan membantu anda dalam performa di lapangan

2. Jogging

Dalam permainan bulu tangkis, salah satu kunci utama yang harus kita ketahui adalah daya tahan tubuh. Sepanjang permainan bulu tangkis, akan memberikan pengaruh pada permainan anda kalau stamina anda tidak baiik.

Jadi, semakin bagus stamina yang anda miliki, maka akan semakin baik anda bermain bulu tangkis di lapangan. Anda bisa berlari, menahan dan menyerang musuh anda dengan stamina yang anda miliki.

Untuk membantu dalam memperkuat stamina yang anda miliki, salah satunya adalah Jogging. Jogging akan memperkuat stamina yang kita miliki kalau kita melakukannya dengan rutin.

Lakukanlah jogging setiap hari 30 menit untuk membuat tubuh anda optimal. Kalau memang anda sibuk dengan pekerjaan yang lain. Maka bisa di lakukan dengan 3 kali seminggu selama 30 menit.

Latihan jogging ini bisa memberikan daya tahan tubuh yang baik pada tubuh kita. Jadi, jangan lewatkan latihan yang satu ini, jika anda ingin menjadi pemain profesional.

3. Forward Lunges

Ketika kita bermain badminton, jelas otot kita akan banyak digunakan. Terutama saat kita menahan kok dan saat kita menyerang. Otot yang ada di pergelangan tangan, bahu dan otot-otot yang lain akan bergerak.

Kalau kita tidak melatih otot kita dengan baik, bisa jadi kan bermasalah pada tubuh kita. Dan alhasil, kita tidak bisa bermain badminton ddengan baik.

Salah satu latihan fisik yang  bisa kita lakukan adalah Forward Lunges. Gerakan ini akan meregangkan otot Hamstring dan otot pinggul kita. Forward Lunges akan memperbaiki mobilitas perjalanan anda dalam bermain bulu tangkis.

Dengan melatih otot pinggul dan hamstring, akan mengurasing resiko cedera dan permainan buruk anda.

Cara melakukannya bisa anda perhatikan di bawah ini.

  • Badan tetap tegak, lalu letakan salah satu kaki anda di bagian depan. Posisikan kedua kaki dengan benar dan atur agar tetap rata dengan lantai dan tanah.
  • Standing Toe-Up Achilles Stretch

Walaupun namanya panjang, tapi anda pasti mengerti dengan salah satu jenis latihan fisik ini kan.

Jadi cara melatih fisik untuk jenis ini adalah dengan berdiri tegak lurus ke depan. Lalu bisa anda letakan salah satu kaki anda ke sebuah kotak atau tempat yang lebih tinggi dari kaki anda.

Setelah itu, simpanlah sebagian dari kaki anda di tempat yang lebih tinggi itu. Setelah anda melakukan seperti itu, condongkan badan ke arah depan sedikit.

Baru setelah itu, anda melakukan gerakan naik turun kaki anda ke temapt yang lebih ting tersebut. Lakukan dengan benar selama 2 sampai 3 set pengulangan.

4. Wrist Flexor dan Extensor

Pergerakan ini sudah tidak asing lagi dong di kehidupan kita. Setiap olahraga saat kita berada di sekolah, gerakan ini selalu dilakukan. Nama gerakan tersebut adalah Wrist Flexor dan Extensor.

Nama dari gerakan tersebut mugkin terdengar aneh di telinga kita yang biasa dengan lidah indonesia. Tapi kalau di jelaskan, kita tidak akan asing dengan gerakan tersebut.

Gerakan Wrist Flexor adalah salah satu gerakan jari dari telapak tangan yang di kebawahkan. Luruskan lebih menghadap ke bawah. Pergerakan ini untuk melenturkan pergelangan tangan.

Sedangan untuk Extensor, yaitu menggerakan jari ke atas dari telapak tangan kita. Dengan meluruskan tangan kita ke depan. Ini juga sama berfungsi untuk meregangkan pergelangan tangan kita.

Latihan ini cocok untuk di masukan dalam latihan fisik bulu tangkis, karena olahraga ini banyak menggunakan pergelangan tangan.

Jadi, agar bisa melenturkan pergelangan tangan kita, maka latihan gerakan flexor dan extensor harus di rutinkan dalam keseharian kita.

5. Wrist Roll

Sebagaimana pembahasan diatas, yang namanya Wrist berarti melatih pergelangan tangan. Kalau tadi hanya menggerakan jari keatas dan ke bawah. Nah, untuk sekarang pergerakannya adalah dengan memutar pergelangan tangan kita.

Sebelumnya gimana cara melakukannya? Terlebih dahulu kita mengatahui manfaat dari Wrist Roll tersebut.

Kalau kita saksikan para pemain badminton profesional, jelas bagian pergelangan tangan adalah yang paling banyak bergerak. Baik saat ia mau memukul kok, ataupun menahan kok dari serangan lawan.

Artinya, kalau kita tidak melatih pergelangan tangan kita dengan baik. Maka akan terjadi masalah atau cedera pada bagian pergelangan tangan kita.

Jadi, pergelangan tangan harus di latih agar bisa melakukan pekerjaannya dengan baik. Nah untuk melakukan Wrist Roll bisa baca cara melakukannya di bawah ini.

Jadi, yang pertama kita lakukan adalah dengan mengepalkan tangan kita sekuat tenaga. Lalu luruskan tangan kita ke depan. Setelah itu, putarkan pergelangan tangan kita menuju ke luar 10 kali. Setelah itu, putar balik sebanyak 10 kali juga.

6. Shadow Badminton

Latihan selanjutnya adalah Shadow Badminton. Latihan ini bertujuan untuk membayangkan bagaiaman jalannya pertandingan bulu tangkis saat di lapangan.

Bagamana anda bisa menebak tembakan lawan yang akan datang ke daerah lapang anda. Dan anda berhasil untuk mengembalikan kok tersebut.

Akan banyak gerakan-gerakan lawan yang anda hadapi. Saat itu pula anda harus bisa menyerang balik dan mengalahkannya. Karena hal ini bisa menjadikan anda pemain profesional.

Untuk melakukan teknik atau latihan ini, jelas anda membutuhkan teman untuk melakukannya. Kalau di lapangan anda akan memperhatikan bola kok yang datang. Nah untuk latihan ini tidak dengan di sertai bola.

Jadi, anda hanya membayangkan dari mana bola kok tersebut datang. Nah teman anda akan membantu anda dalam melakukan pergerakan tersebut.

Seperti contoh, memberikan arahan bahwa bola kok tersebut datang ke samping kanan anada. Berarti anda harus mengejar bola tersebut dan berhasil di pentalkan.

Dalam latihan ini, anda akan benar-benar mengayunkan raket yang anda pegang, seakan-akan bola kok tersebut ada di hadapan anda.

Teman atau sahabat anda akan membantu anda dalam mevariasikan tembakan tersebut. Latihan ini akan membantu anda dalam memperlancar kaki dan pergerakan reflek anda.

Bonus Latihan Fisik Bulu Tangkis

Sebenarnya latihan fisik untuk bulu tangkis cukup sampai tujuh saja. Tapi ada dua hal yang harus anda lakukan juga agar memperlancar anda dalam bermain badminton.

Latihan ini juga berhubungan dengan fisik, agar fisik kita lentur dan baik. Latihan tersebut bisa anda baca di bawah ini.

1. Latihan Senam

Kalau latihan fisik diatas hanya berhubungan dalam permainan badminton. Nah untuk senam adalah latihan memperkuat sendi dan otot serta membuat tubuh kita lentur.

Dengan tubuh yang lentur, anda akan bergerak dengan baik saat bertanding di lapangan.

Senam ini mungkin sudah kita lakukan sejak SD. Tapi ini juga akan bermanfaat sebelum kita terjun di lapangan.

Latihan senam ini juga akan melatih pernapasan kita agar bisa teratur dan tidak mudah cape. Intinya, latihan ini harus kita lakukan dengan gerakan yang benar, agar membantu kita dalam bermain buli tangkis.

2. Latihan Pendinginan

Setelah kita berlatih dengan baik dan benar. Jelas kalau kita tidak melakukan pendinginan, maka urat-urat dan otot-otot kita akan kaku.

Mungkin di hari pertama kita tidak akan merasakan apa-apa. Tapi setelah hari kedua dan ketiga, maka otot itu akan memberikan efek yang sangat luar biasa pada tubuh kita. Kita akan kaku berjalan, bergerak dan lain-lain.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada tubuh kita, hal yang harus kita lakukan adalah mendinginkan otot-otot tersebut.

Latihan pendingan yang bisa kita lakukan adalah meregangkan otot, sendi, punggung, kaki, tangan dan seluruh anggota tubuh. Cara adalah dengan melakukan gerakan-gerakan senam yang rileks.

Nah itulah dia latihan fisik bulu tangkis yang bisa saya bahas pada artikel kali ini. Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada anda semuanya. Dan apabila ada kekurangan bisa anda tulis komentar di bawah ini.

Salam Olahraga.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *