Latihan Fisik Sepak Bola

1 Like Comment
latihan pemain sepak bola

Latihan Fisik Sepak Bola – salah satu cabang olahraga nomor satu di dunia yang banyak di gemari masyarakat adalah sepak bola. Saya adalah satu pecinta olah raga ini.

Olahraga yang banyak membutuhkan tenaga dan ketahanan fisik yang kuat adalah sepak bola.

Oleh karena itu, agar kita menjadi pemain sepak bola profesional yang memiliki ketahanan tubuh lama saat dilapangan, maka yang harus kita lakukan adalah latihan fisik.

Nah, disini remajaonline.com akan membahas mengenai latihan fisik pemain sepak bola profesional. Agar kita bisa mengikuti jejak mereka yang memiliki ketahanan tubuh lama saat bermain di lapangan.

Latihan Fisik Sepak Bola

latihan fisik pemain sepak bola, bayer munich
gamabr via irrishmirror.ie

Disini akan di bahas apa-apa saja bentuk latihan fisik sepak bola yang harus kita lakukan sehingga tubuh kita menjadi kuat.

Selain menjadi kuat juga, latihan fisik ini bisa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sehingga dalam permainan sepak bola bisa bermain maksimal.

Inilah dia program-program latihan fisik para pemain sepak bola profesional yang harus kamu kuasai ;

Latihan Daya Tahan Tubuh

latihan daya tahan tubuh
gambar via wearescl.co.uk

Latihan jogging atau gerakan-gerakan yang berhubungan dengan nilai aerobik adalah latihan untuk memberikan daya tahan jantung dan darah [ kardiovaskuler ].

Latihan ini harus dilakukan setiap hari agar daya tahan jantung dan darah kita benar-benar baik.

Biasakanlah latihan jogging sekitar 40 sampai 60 menit dengan berbagai macam variasi kecepatan yang bisa digabungkan atau dikombinasikan.

Tujuan latihan ini adalah untuk daya tahan kardiovaskuler dan menambah daya tahan otot tubuh.

Artinya, kamu di tuntut untuk lari dan bergerak dalam durasi yang tidak sebentar tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Menambah kecepatana adalah tindak lanjut dari latihan ini, kualitas geras dan intensitas, agar stamina kamu dilapangan berpengaruh dalam jangka waktu yang panjang.

Sampai akhirnya dalam waktu yang lama kamu dapat melakukan gerakan cepat, konsisten dan stabil.

Latihan Kekuatan

latihan kekuatan
gambar via nfl.com

Untuk meningkatkan kekuatan sepak bola, maka harus latihan beban karena terbukti sangat efektif dalam meningkatkannya.

Gerakan pull up, back up, push up, squat jump, dan squatrush adalah latihan yang terlebih dahulu dilakukan dalam kekuatan. Setelah beres dilanjutkan dengan menggunakan beban yang sebenarnya untuk benar-benar memberikan kekuatan.

Untuk menghindari cedera di bagian tulang kering dan tungkain, maka saya ingatkan untuk tidak loncat-loncat di dalam ruangan atau dalam permukaan keras.

Karena penyebab cedera bagian tulang ini biasanya terjadi saat loncat-loncat di tempat atau daerah yang keras.

Latihan Kecepatan

latihan kecepatan sepak bola
gambar via esem-europe.com

Dalam dunia olahraga, khususnya dalam permainan sepak bola, salah satu hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh pemain profesional sepak bola adalah kecepatan.

Karena setiap pemain diharuskan bisa bergerak dengan cepat tanpa keseimbangannya hilang atau tetap stabil.

Lari bolak balik dengan jarak 6 kilometer atau suttle run adalah salah satu bentuk latihan yang bisa dilakukan pemain sepak bola dalam melatih kecepatan.

Latih juga kecepatanmu dengan menambahkan rintangan dan beban, agar kecepatannya naik.

Selain ditambahkan beban dan rintangan dalam melatih fisik, kamu bisa menerapkan juga sprint jarak pendek dengan intensitas tinggi

Latihan Kelenturan

latihan kelenturan, latihan fisik sepak bola
gambar via special.hkjc.com

Sebagai pemain sepak bola yang handal, tentu dituntut untuk bisa lebih fleksibel agar dapat bermain dengan lincah dan gesit untuk berbalik badan dan mengubah arah saat bermain sepak bola.

Selain lincah dan gesit, latihan fisik juga berpengariuh dalam mencegah terjadinya cedera biasa atau parahatau bahkan patah di bagian otot dan persendian.

Melakukan peregangan dengan benar adalah program latihan kelenturan fleksibilitas yang dapat kamu lakukan.

Seperti contohnya sikap lilin, membuka kaki, mencium lutut, memegang kaki, memutarkan kaki, memutarkan kepala, dan lain-lain.

Menjaga Asupan Gizi

asupan gizi, sayuran
gambar via abiummi.com

Sahabatku, yang paling penting dari berbagai bentuk latihan fisik yang sudah kamu lakukan dan biasakan, diantara semuanya adalah memakan makanan yang mengandung gizi atau menjaga asupan gizi.

Karena dalam mengoptimalkan energi yang kamu miliki untuk bermain sepak bola adalah dengan menjaga asupan gizi.

Karena dalam perbandingan sesungguhnya asupan ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain asupan gizi, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh pola dan posri juga harus di jaga.

Dan umumnya, setiap pemain sepak bola profesional selalu mengkonsumsi karbohidrat yang banyak dalam makannya, hal tersebut akan memberikan stamina yang baik.

Selain makanan, dianjurkan juga untuk pemain sepak bola agar mengkonsumsi minuman yang mengandung rehydrate untuk memudahkan pemain dalam mencerna makanan karbohidrat lebih cepat.

Penutup

latihan fisik sepak bola
gambar via seanchocran.com

Itulah dia lima latihan fisik yang harus kamu lakukan, agar tubuhmu benar-benar siap memiliki stamina yang baik dan kuat saat bermain sepak bola.

Memang menjadi pemain sepak bola profesional tidak semudah yang kita pikirkan, akan tetapi percayalah, bahwa setiap apa yang kamu cita-citakan selama itu kamu berusaha dengan baik.

Maka kamu akan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Jadi, menjadi pemain profesional seperti madrid, barcelona dan club terkenal lainnya.

Semua itu bisa kamu raih dan bermain disana, asalkan kamu benar-benar bersungguh-sungguh dalam latihan.

You might like

About the Author: yusup boy

Seorang penghafal Quran asal Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *