latihan passing bola voli
Bola Voli

Latihan Passing Bola Voli

Latihan Passing Bola Voli-Salah satu cabang olahraga yang sudah masuk dalam kurikulum sekolah dan terkenal dengan menggunakan handball adalah permainan bola voli.

Ketika kita berada di sekolah hal pertama yang diajarkan guru olahraga kepada kita adalah teknik-teknik dasar bermain bola voli.

Teknik dasar bola voli meliputi smash, blocking, service, dan passing. Dari keempat teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain boal voli, di artikel kali ini saya akan membahas salatu satunya, yaitu passing.

Passing adalah salah satu teknik yang harus dikuasai pemain bola voli. Passing terbagi dalam dua bagian, passing bawah dan passing atas.

Jika kita melakukan passing dengan benar, maka passing ini akan memberikan kontribusi dengan kepada tim. Tapi apabila passing ini dilakukan dengan cara yang salah, maka akan membuat tangan kita sakit.

Passing bawah dan passing atas biasanya digunakan untuk menyerang musuh. Cara melakukan teknik ini memang tidak mudah dan butuh latihan yang rutin.

Ketika belajar teknik passing, kebanyakan pemain pemula merasa kesulitan dalam menguasainya, Apalagi teknik passing bawah. Passing bawah adalah salah satu teknik yang sulit dipelajari daripada teknik passing atas.

Passing atas bisa langsung dengan mudah mengarahkan atau melempar bola kepada lawan, akan tetapi dengan passing bawah justru lebih susah.

Untuk mempermudah mempelajari teknik passing, maka yang harus dilakukan oleh seorang pemain bola voli khususnya pemula adalah dengan mengikuti langkah-langkah cara melatih teknik passing dengan benar.

Dan belajar passing akan lebih mudah anda lakukan bila ada teman anda yang sudah lebih jago dari pada anda, sehingga bisa memberi arahan kepada anda.

Latihan Passing Bawah dan Atas pada Bola  Voli

1. Cara Melakukan Passing Bawah

latihan passing bola voli
Sumber : guruolahraga.com
  • Pertama-tama bukalah kaki selebar bahu untuk melakukan persiapan, kedua lutut direndahkan, ujung kaki depan dijadikan berat tumpu badan, dan tangan di luruskan dan dirapatkan ke depan.
  • Perhatikan bola yang datang dan perhitungkan posisi bola kemana ia akan mengenai tangan kita. Usahakan mengenai pergelangan tangan yang ada di bawah telapak tangan.
  • Setelah datang ayunkan tangan ke atas dengan bagian lutut terangkat, untuk mementulkan bola kerahkan tenaga yang anda miliki.

Teknik ini akan terasa susah dilakukan bagi pemain bola yang baru. Teknik ini akan sering gagal diterima oleh pemain tersebut, karena bola tidak menyentuh pergelangan tangan  dan menyentuh bagian tang yang lain sehingga terasa sakit.

Passing Bawah Dua Tangan

Agar mempermudah anda dalam mempelajari teknik passing, maka katakanlah bahwa belajar teknik passing bawah dan atas tidaklah susah.

Akan tetapi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memperbanyak latihan agar anda benar-benar mahir.

Memperbanyak latihan adalah salah satu cara yang benar agar bisa terbiasa dengan teknik tersebut.

Apalagi yang anda latih hari ini adalah teknik passing bawah. Teknik ini butuh latihan rutin untuk benar-benar mahir dan jago dalam melakukannya.

Ketika anda terbiasa dengan latihan passing bawah, maka kesalahan yang dilakukan saat passing bawah akan semakin sedikit.

Dan kebiasaan melakukan passing atas dan bawah dengan benar, akan membuat tangan tidak memar ataupun sakit.

2. Cara Melakukan Passing Atas

latihan passing bola voli
Sumber : calonatlet.com
  • Pertama yang harus anda lakukan adalah membuka kedua kaki selebar bahu, lalu rendahkan kedua lutut anda sehingga pada kaki bagian depan ujung enjadi tumpuan berat badan.

Telapak tangan diarahkan menuju ke arah datangnya bola sampai berbentuk seperti mangkok.  Dan lengan dalam posisi ditekuk did epan ats wajah.

  • Pastikan bola yang datang dari arah musuh bisa sampai mengenai kedua telapak tangan. Sehingga bola yang disentuh bisa di dorong dengan kuat sampai bola terbang melewati ring area lawan.

Bola yang di dorong ke area lawan menggunakan telapak tangan, yang mana saat bola di dorong badan condong mengikuti arah lemparan bola dan tumit terangkat.

Nah itulah dia teknik melakukan Passing bawah dan passing atas. Mudah-mudahan artikel diatas bisa membantu anda dalam latihan dan bisa  membantu dalam mencari informasi yang anda inginkan.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *