pele, legenda sepak bola brasil
Sepakbola

51+ Legenda Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Legenda Sepak Bola – Hai sahabat remajaonline, pada postingan pertama ini kita akan membahas mengenai legenda sepak bola secara lengkap. Menurut kalian kira-kira siapa aja yang masuk dalam kategori ini?

Kita akan coba menyajikan informasi mengenai ini selengkap mungkin ya, sebab seperti yang telah kita tahu, legenda sepak bola itu jumlahnya gak sedikit. Dari mulai era jaman dulu hingga jaman modern. Katakanlah Maradona dan pele, kedua legenda ini menjadi sosok yang sangat terkenal dan paling dikenang pada saat ini. Padahal nyatanya selain mereka masih banyak pemain-pemain lain yang layak disebut sebagai legenda.

Baca juga: formasi sepakbola terbaik

Siapakah mereka itu? berikut pembahasannya.

Legenda Sepak Bola Dunia

sepak bola, piala dunia
gambar via liputan6.com

Seperti yang telah disinggung pada bagian awal tulisan ini, pemain sepak bola yang layak disebut sebagai legenda bukan hanya Maradona atau Pele saja, akan tetapi masih banyak para pemain yang menyandang titel tersebut.

Titel legenda disematkan bagi mereka yang memiliki pengaruh besar terhadap dunia sepak bola, memiliki rekor dan pencapaian yang luar biasa pada masanya. Sehingga mereka layak disebut sebagai legenda. Berikut remajaonline telah merangkum nama-nama yang layak disebut sebagai legenda.

Pele

pele, legenda sepak bola brasil
gambar via champions-speakers.co.uk

Edson Arantes Do Nascimento atau yang lebih dikenal Pele merupakan pemain sepak bola kewarganegaraan Brasil, ia lahir pada tanggal 23 Oktober 1940. Selama berkarir menjadi pemain sepak bola, Pele dikenal sebagai pemain yang berbahaya dengan skill tingkat tingginya. Sekarang pecinta sepak bola mengenal Pele sebagai legenda dan pemain terbaik sepanjang masa.

Seperti kebanyakan pemain sepak bola Brasil lainnya, Pele dilahirkan dari keluarga yang kurang mampu, bahkan bisa dikatakan sangat miskin. Ia tinggal bersama keluarganya di daerah Tress Coracos, Brasil. Ayah pele juga merupakan seorang pemain sepak bola, akan tetapi harus pensiun dini akbat cedera parah yang dideritanya, yaitu patah kaki.

Saat usia remaja, Pele hanya membela club kecil di daerahnya, dan ketika ia sedang tidak bermain sepak bola, pele melakukan pekerjaan apa saja untuk mencari uang, salah satu yang ia lakukan adalah menyemir sepatu.

Nasib Pele berubah saat menginjak usia 11 tahun, dimana bakat yang ia miliki ditemukan oleh mantan pemain Tim Nasional Brasil, yaitu Waldemar de Brito.

Bahkan Waldemar berusaha meyakinkan direktur club Santos atas bakat yang dimiliki seorang Pele, bahwa ia akan menjadi seorang pemain terbaik di Dunia.

Saat Pele menginjak usia 15 tahun, ia benar-benar di rekrut oleh Santos, dan berselang satu tahun kemudian Pele berhasil mencetak gol kala bertemu dengan corentians. Kala itu rakyat Brasil dibuat takjub, dan meyakini legenda sepak bola telah lahir.

Pele adalah pemain dengan segudang prestasi, seorang pemain sepak bola yang bisa bermain diposisi mana saja. Menjadi seorang legenda bagi masyarakat Brasil bahkan Dunia. Untuk mengetahui tentang pele bisa kalian baca artikel mengenai biografi Pele lengkap.

Diego Maradona

diego maradona, legenda sepak bola argentina
gambar via thedailystar.net

Pemain sepak bola yang bisa dikatakan paling terkenal, Maradona namanya diperbincangkan di berbagai belahan dunia, dari ujung Benua Amerika hingga Benua Afrika. Tak heran pemain satu ini sangat terkenal, sebab memiliki skill dewa, mampu melewati banyak pemain. Kemudian yang tidak kalah menarik, Maradona mendapatkan julukan tangan dewa, atas gol yang dicetaknya di Piala Dunia menggunakan tangan. Hal ini masih menjadi kontroversi hingga saat ini.

Maradona dilahirkan di Argentina pada tanggal 30 Oktober 1960. Selama karirnya ia memiliki penampilan yang fantastis, mempu membuat setiap orang terkesima dengan skill yang ditunjukannya. Maradona bukan hanya terkenal di kalangan kaum tua yang lahir di bawah 1980 an, akan tetapi ia dikenal oleh pecinta bola yang lahir di generasi baru, setelah Maradona pensiun.

Pada tahun 2000 Maradona tercatat masuk ke dalam jajaran pemain top dunia di abad ke-20. Meski sebagian masyarakat dunia mencibir hasil tersebut, karena dianggap Maradona tidak pantas mendapatkan itu.

Secara garis besar kita dapat menyimpulkan, bahwa Maradona membela tiga club yang berbeda, diantaranya Boca Juniors, Barcelona dan Napoli. Penampilan terbaiknya saat di Eropa ialah di Napoli, berhasil menjuarai Seri A sebanyak dua kali.

Maradona menjalani debut profesonalnya di Argentinos Juniors, club besar asal Argentina. Penampilan Maradona di Argentinos Junior sangat mengesankan, sehingga pada tahun 1976 tepat di usia yang 16 tahun ia dibeli oleh Boca Juniors. Selanjutnya seperti yang kita tahu, Boca Juniors memiliki peranan penting dalam membesarkan namanya.

Tidak lama berselang kemudian, Maradona pindah ke Barcelona, hal ini tentu berkat permainan gemilang bersama Boca. Maradona meraih juara liga Argentina bersama Boca Juniors. Namun Maradona hanya bertahan sekitar dua tahun di Barcelona, ia kemudian memutuskan pindah ke club asal Italia, yaitu Napoli.

Tidak disangka justru puncak karir Maradona di dapatkan di Napoli, dengan menjuari 2 kali Seri A. Tidak hanya di level club saja, pada waktu itu Maradona menghantarkan Argentina menjadi juara di Piala Dunia. Sampai saat ini namanya dikenang sebagai legenda sepak bola dunia.

Leonardo Nascimento de Araújo

Leonardo Nascimento de Araújo, pemain legenda sepak bola
gambar via twitter.com

Apakah sahabat mengenal pemain satu ini? Mungkin bagi pecinta sepak bola di era sekarang ini tidak terlalu mengenal Leonardo Nascimento de Araújo. Padahal perannya begitu vital saat bermain untuk club yang dibelanya.

Leonardo Nascimento de Araújo merupakan legenda dan pemain sepak bola berpaspor Brasil, ia dilahirkan pada 5 September 1969. Leonardo tercatat sebagai pemain Nasional Brasil, bahkan dalam beberapa kejuaraan saat membela tim Nasionalnya menjadi juara.

Leonardo merupakan salah satu pemain Nasional Brasil yang berhasil menngantarkan tim Nasional tersebut menjadi juara Piala Dunia tahun 1994, menjadi runner-up di turnamen edisi 1998, runner-up Copa America tahun 1995 dan juara piala konfederasi pada tahun 1997.

Setelah pensiun menjadi pemain sepak bola, ia memasuki dunia kepelatihan. Dalam dunia kepelatiahan, Leonardo bisa dikatakan sukses, karena di tahun 2011 ia menjadi pelatih club asal Italia yaitu AC Milan. Kemudian di tahun 2017 ia pindah ke Prancis dan menjadi direktur Paris Saint German.

Akan tetapi tidak selang lama kemudian Leonardo Nascimento de Araújo ditunjuk kembali menjadi pelatih Milan pada tahun 2018 yang lalu, saat club tersebut perpindah kepemilikan. Tentu saja di Milan ia memiliki tanggung jawab yang besar sebagai pelatih sepakbola.

Sejak karir profesionalnya dimulai pada tahun 1987, Leonardo tercatat telah pindah club sebanyak sembilan kali. Dari semua timnya tersebut, ia total sudah tampil sebanyak 371 dengan jumlah gol 70. Tidaklah heran mengapa ia tidak terlalu banyak mencetak goal, sebab leanardo merupakan seorang pemain dengan posisi gelandang serang, sayap kiri, sayap kanan atau bahkan seorang bek kiri.

Franco Baresi

franco baresi, pemain legenda, legenda milan
gambar via fourfourtwo.com

Nama Franco Baresi tidak kalah mentereng dengan Diego Maradona ataupun Pele, ia merupakan bagian dari Tim Nasional Italia. Saat membela Timnas, yang paling diingat dari seorang Baresi ialah saat gagal mengeksekusi pinalti dalam final kejuaraan piala dunia.

Franco Baresi dilahirkan di Italia pada tahun 1960, seorang legenda sepak bola yang memperkuat Milan selama 20 tahun. Baresi berposisi sebagai bek, saat bermain di Milan Baresi dipercaya menjadi kapten, kurang lebih ia menjadi kapten di Milan selama 15 tahun.

Saat ini Baresi dianggap sebagai pemain kawakan dan bek terbesar sepanjang sejarah, bahkan ia masuk ke dalam top 100 pemain terbaik abad 20. Pencapain selama berkarir di Milan dapat dikatan gemilang, sebab ia mampu mendapatkan 3 gelar liga champion, enam gelar serie A, empat kali menjadi juara Copa Italia, dua gelar Piala Super Eropa dan dua kali menjadi juara di Piala Interkoninental. Dengan pencapaian-pencapaian tersebut, maka baresi layak dinobatkan sebagai legenda.

Penampilan Baresi tidak kalah cemerlang saat membela Tim Nasional, itu terbukti dengan mempersembahkan tropi paling bergengsi di Dunia, yaitu Piala Dunia sebanyak dua kali. Selain berhasil mempersembahkan dua tropi Piala Dunia, Baresi juga berhasil sukses memberikan prestasi-prestasi lain untuk Italia. Diantaranya berhasil menjadi juara Eropa UEFA yang sekarang EURO sebanyak dua kali, serta berhasil mengantarkan Italia masuk semi final dalam Olimpiade.

Hari ini Baresi dianggap sebagai pemain sepak bola terbesar sepanjang masa, bagaimana tidak ia bermain selama 20 tahun untuk club yang sama yaitu Milan, dan ia menjadi legenda club tersebut.

Serginho

serginho, pemain brasil, Sérgio Cláudio dos Santos
gambar via prediksibolapedia.com

Sérgio Cláudio dos Santos, itulah nama lengkap dari seorang Serginho, ia dilahirkan di Nilopolis Brasil pada 27 Juni 1971. Karir sepak bola profesionalnya ia mulai di negara asalnya, saat pertama kali bergabung dengan tim Cruzeiro EC, Bahia dan Sao Paulo FC.

Tidak lama berselang kemudian, setelah Sérgio Cláudio dos Santos membela club-club di negaranya, pada tahun 1999 ia pindah ke Milan. Berkarir di Eropa tidaklah mudah untuk seorang Serginho, sebab ia sering memanaskan bangku pemain, lebih sering menjadi pemain pengganti dibandingkan menjadi pemain utama. Meski begitu ia tetap bisa mmenunjukan kualitas terbaiknya sebagai pemain berkelas, puncaknya pada 11 Mei 2001 ia mampu mencetak gol dan menyumbang tiga assist saat melawan Crosstown Internazionale.

Pada tahun-tahun selanjutnya, Serginho menjadi pemain yang luar biasa, terbukti pada tahun 2003 ia tercatat sebagai pemain yang berkontribusi cukup besar dalam mengalahkan rivalnya, yaitu Juventus.

Tercatat selama karirnya di Milan, ia berhasil mempersembahkan tropi Seri A pada tahun 2003 dan tropi champions pada tahun 2007.

Kemudian pada tahun 2008, Serginho mengumumkan pemunduran dirinya dari Milan, ia lakukan bersama kawan satu negeranya yaitu Cafu.

Sedangkan untuk di Tim Nasional Brasil, Serginho tidak terlalu mendapatkan tempat, sebab posnya lebih sering diisi oleh Roberto Carlos. Selama membela Tim Nasionalnya ia tercatat hanya mencetak satu gol dari sepuluh penampilannya.

Meskipun Serginho tidak secemerlang pemain sepak bola lainya, akan tetapi atas kerja keras dan usahanya, ia masih pantas disebut seorang legenda.

Gabriel Omar Batistuta

gabriel batistuta, legenda sepak bola, pemain legenda
gambar via goal.com

Gabriel Omar Batistuta atau yang lebih dikenal dengan nama Batistuta merupakan pemain sepak bola yang dikenal banyak orang secara luas. Namanya tidak kalah mentereng dibandingkan dengan pemain terkenal lainnya seperti Zinade, Ronaldo ataupun Ronaldinho. Batistuta dikenal sebagai salah satu legenda sepak bola Argentina.

Batistuta lahir dan besar di Kota Avellaneda, Argentina. Ia dilahirkan pada tanggal 1 Februari 1969, yang dilahirkan dari pasangan Omar Batistuta dan Gloria Zilli.

Debut profesional sebagai pemain sepak bola ia mulai pada tahun 1988 bersama club Argentina Newell’s Old Boys. Tidak berselang lama, sekitar satu tahun kemudian ia memutuskan untuk pindah River Plate. Dimana club barunya ini merupakan rival abadi dari Newell’s Old Boys.

Kepindahan dari Newell’s Old Boys ke River Plate merupakan keputusan yang sangat tepat, dimana Batistuta mampu mencetak 17 gol dalam waktu dua musim. Tentu hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, mengingat waktu itu usia Batistuta masih muda.

Tampil apik dalam setiap permainan, Batistuta akhirnya di pinang club asal Italia yaiut Fiorentina. Bisa kita bilang selama dengan Fiorentina, Batistuta benar-benar bermain dengan sangat gemilang. Ia bermain selama 10 tahun untuk Fiorentina, di club inilah Batistuta menjelma menjadi pemain yang haus akan gol, sehingga ia mendapatkan julukan “Batigol”.

Selama bermain di Fiorentina, Batistuta tidak pernah merasakan juara Seria A. Akhirnya pada tahun 2001 ia memutuhkan untuk pindah ke AS Roma. Seperti yang di cita-citakannya, Batistuta akhirnya mereaih tropy yang di inginkannya ketika bermain untuk AS Roma.

Batistuta hanya bermain dua musim untuk AS Roma, setelah itu ia bermain untuk club-club sepak bola yang kurang terkenal. Selain itu, penampilan Batistuta kian menurun karena faktor usia.

Roy Maurice Keane

roy keane, legenda sepak bola mu
gambar via allsportspk.com

Roy Maurice Keane atau yang kita kenal Roy Keane merupakan pemain sepak bola kenamaan asal Irlandia, ia dilahirkan dari keluarga pekerja pada 10 Agustus 1971 di Cork. Roy Keane dinobatkan sebagai pemain sepak bola tersukses sepanjang masa asal Irelandia. Selama karir profesionalnya sebagai pemain sepak bola ia berhasil memenangkan 19 trofi utama, 17 trofi diantaranya ia raih bersama setan merah.

Keane merupakan pemain yang luar biasa, pekerja keras serta dapat diandalkan oleh clubnya. Sebagai gelandang tak heran jika Keane memiliki penampilan yang agresif, baik dalam menyerang maupun dalam bertahan.

Selama berkarir dan menjadi pemain sepak bola profesional, Roy keane tercatat telah bermain di empat club liga Inggris. Diantaranya Cobh Ramblers, Notingham Forrest, Mancaster United dan kemudian menutup karir di Glasglow Celtik. Penampilan paling cemerang selama karirnya tentu ia dapatkan di Mancaster United, dimana MU menjadikan namanya terkenal dan dikenang sebagai legenda sepak bola di Negaranya bahkan di Dunia.

Luis Enrique

luis enrique, pemain legenda barcelona
gambar via fcbarcelona.com

Luis Enrique Martinez Garcia adalah seorang pemain sepak bola asal Spanyol, pada masanya nama Luis Enrique Martinez Garcia cukup gemilang. Selama berkarir menjadi pemain sepak bola ia hanya bermain di tiga club Spanyol, diantaranya Sporting Gijon, Real Madrid dan Barcelona. Sedangkan setelah pensiun menjadi pemain selanjutnya Enrique mengeluti dunia kepelatihan. Selama menjadi pelatih, tercatat ia pernah melatih Barcelona B, Roma, Celta Vigo dan Barcelona.

Luis Enrique Martinez Garcia lahir di Gijon Spanyol pada tanggal 8 Mei 1970. Enrique memulai karir profesionalnya dengan sporting Gijon, yang merupakan club kota kelahirannya. Pada tahun 1989 tepat di usia yang ke 19 tahun ia hijrah ke Real Madrid, untuk memulai karir baru.

Real Madrid merupakan club yang dapat mengembangkan dan mengasah bakat sang pemain, Enrique bertahan selama lima tahun, sebelum ia pindah ke club rival, yaitu Barcelona. Di club barunya tersebut ia bermain selama 8 tahun sebelum memutuskan untuk pensiun. Selama di Barcelona Enrique berhasil mempersembahkan beberapa gelar.

Setelah pensiun menjadi pemain sepak bola, ia mutuskan untuk menekuni dunia kepelatihan dan menjadi seorang pelatih profesional.

Dirk Kuyt

dirk kuyt, spek bola, legenda, liverpool
gambar via football365.com

Siapakah Dirk Kuyt? Bagi sahabat fans Liverpool mungkin sudah tidak asing dengan pemain satu ini, sebab seperti yang kita ketahui seorang Dirk Kuyt sempat berkarir dengan Liverpool. Bahkan ia masuk ke dalam jajaran legenda Liverpool.

Dirk Kuyt merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Belanda, sebelum berkarir di Liverpool ia sempat bermain untuk beberapa club besar lain, diantaranya Ultrecht dan fayenord. Seperti yang kita ketahui dua club tersebut merupakan tim besar di Belanda.

Karirnya sendiri melesat ketika membela Liverpool, berkat gol-gol yang cantik dan menjadi penentu, nama Dirk Kuyt dikenal masyarakat dunia. Dirk Kuyt bermain untuk Liverpool selama enam tahun, dan berhasil mempersembahkan satu gelar Liga Inggris.

Setelah berkarir di Liverpool selama enam tahun dan menyumbang satu tropi Liga Inggris, Dirk Kuyt akhirnya benar-benar hengkang dari the reds. Selanjutnya ia membela tim asal Turki, yaitu Fenerbahce. Di club barunya ini, Dirk Kuyt berhasil mempersembahkan beberapa gelar, termasuk di dalamnya menjadi juara Liga Turki.

Kemudian pada tahun 2017 Dirk Kuyt benar-benar memutuskan untuk berhenti atau pensiun dari sepak bola. Club terakhir yang dibelanya ialah Fayenord.

Hernan Crespo

henan crespo, inter milan
gambar via elespanol.com

Hernan Crespo merupakan pemain sepak bola asal Argentina dan dianggap menjadi seorang legenda, baik bagi clubnya, yaitu Inter Milan atau juga Tim Nasionalnya, yaitu Argentina. Crespo, begitu ia akrab dipanggil adalah pemain yang dibesarkan oleh Inter Milan. Dimana namanya melejit ketika ia menjelma menjadi bintang baru di Tim tersebut. meskipun pada akhirnya ia harus pindah club pada tahun-tahun berikutnya.

Hernan Crespo lahir dan besar di Florida, Argentina pada tanggal 5 Juli tahun 1975. Crespo adalah pemain yang berbahaya, tercatat ia termasuk ke dalam tiga pemain paling produktif bagi Tim Nasional Argentina. Ia juga membela Argentina dalam tiga gelaran Piala Dunia, tentu hal ini merupakan prestasi yang patut dibanggakan, sebab jarang sekali pemain yang mampu membela Tim Nasional selama itu.

Karir prrofesional Crespo dimulai sebagai pemain River Plate, dimana seperti yang kita ketahui club tersebut merupakan tim besar yang berhasil mendidik pemain muda menjadi pemain bintang. Tidak selang lama kemudian ia pindah ke Parma, Lazio, Inter Milan, Chelsea, AC Milan dan Genoa. Puncak karir seorang Crespo saat ia bermain untuk Inter Milan.

Setelah ia memutuskan kontrak dengan Genoa, Crespo sempat kembali ke tim yang membesarkannya, yaitu Parma. Akan tetapi hal itu tidak bertahan lama, hanya sekitar dua musim saja Crespo bermain untuk Parma. Selanjutnya ia memutuskan untuk gantung sepatu.

Crespo merupakan pemain dengan tipe pekerja keras dan ulet serta apat diandalkan oleh timnya. Setiap peluang yang didapatkan oleh Crespo sudah pasti dapat dipastikan diselesaikan dengan baik.

Javier Adelmar Zanetti

javier zanetti, legenda inter milan
gambar via fourfourtwo.com

Masih dari pemain asal Argentina, yaitu Javier Adelmar Zanetti yang merupakan pemain debutan Talleres RE, yaitu tim asal Argentina. Zanetti lahir di Buones Aeres 10 Agustus 1973, yang merupakan anak dari pasangan Radolfo Zanetti dan Violeta Bennazola.

Zanetti tercatat menjadi legenda sepak bola bagi tim yang dibelanya selama 19 tahun, yaitu Inter Miian. Selain itu, ia juga merupakan legenda sepak bola Argentina. Selama berkarir di Timnas Argentina, ia selalu dipercaya sebagai pemain inti.

Selama berkarir menjadi pemain sepak bola, Zanneti menjadi sosok yang sangat penting dalam setiap pertandingan, terutama saat ia bermain untuk Inter Milan. Selama bermain di Inter Milan, tercatat dari 19 musim yang ia jalani, diantaranya menjadi kapten selama 15 musim. Tentu waktu tersebut tidaklah sebentar.

Sebelum bermain untuk Inter Milan, setidaknya Zanetti pernah bermain untuk tiga club asal negaranya. Pertama kali mengawali karir sebagai pemain di Tallers, yaitu tim dari divisi liga dua Argentina. Setelah tampil sebanyak 33 kalid dengan Tallers pada satu musim tersebut ia hanya mencetak satu gol.

Memasuki musim ke-2 berkarir sebagai pemain sepak bola, sang legenda pindah ke Benfield yang merupakan club kasta tertinggi di Argentina. Nama Zannetti mulai terkenal saat membela benfield, bahkan namanya dilirik oleh dua club besar Argentina, yaitu River Plate dan Boenes Aires.

Selang beberapa kemudian, seorang Zanneti diboyong ke Inter Milan, yang pada waktu itu berganti kepemilikan. Inter Milan menjadi club yang menjadikan ia luar biasa, tampil impresif serta memiliki kepemimpinan yang luar biasa. Kemudian pada akhirnya hampir setiap orang di seluruh Dunia mengenal seorang Zannetti sebagai legenda sepak bola Inter Milan.

George Best

george best, legenda mu
gambar via manchastereveningnews.co.uk

Saya yakin tidak semua sahabat mengetahui tentang legenda satu ini, yaitu George Best. Seorang pemain sepak bola jaman dulu. Namanya begitu besar, akan tetapi ia merupakan seorang pecandu alkohol, dan ia juga tidak pernah merasakan berkompetisi di Piala Dunia

Lalu kemudian, bagaimana ia bisa menjadi seorang legenda? George Best dikenal sebagai pemain yang memiliki talenta, tercatat ia merupakan pemain dengan sederet penghargaan, baik untuk timnya ataupun penghargaan inndividu.

Selama menjadi pemain sepak bola, karir paling cemerlang ia dapatkan di Manchaster United, di sanalah juga seorang George menjadi legenda dan mulai tesohor. Namun tidak lama kemudian, ia berpindah-pindah club, sampai 16 kali berganti sereagam.

Legenda Sepak Bola Indonesia

sepak bola indonesia
gambar via kompas.com

Pembahasan sebelumnya kita teleh mengetahui bersama mengenai bebrapa pesepak bola yang dianggap legenda. Nah pada bagian ini kita akan bersama-sama membahas dan mencari tahu mengenai legenda sepak bola Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pecinta sepak bola terbesar di Dunia. Lalu bagaimana dengan para pemain Indonesia?

Meskipun negara kita kita tidak bisa berbuat banyak di kancah nternasional, akan tetapi ada kok beberapa pemain yang layak menjadi legendanya sepak bola Indonesia. Berikut daftar nama pemain sepak bola yang pantas menyandang legenda.

Ronny Pasla

ronny pasla, pemain indonesia, legenda indonesia
gambar via daftarlegendasepakbola.web.id

Pada urutan pertama terdapat nama Ronny pasla, siapakan dia dan mengapa dia layak dijadikan legenda sepak bola Indonesia? Ronny Pasla merupakan pemain asal Indonesia dengan posisi sebagai kiper atau penjaga gawang. Ia adalah sosok penjaga gawang tangguh dengan postur yang ideal bagi seorang penjaga gawang. Maka tidaklah heran jika pemain lawan kesulitan dalam membobol gawang yang dijaga oleh seorang Ronny Pasla.

Ronny Pasla mengawali karir justru bukan menjadi seorang pemain sepak bola, ia mengawali karir sebagai pemain tenis lapangan.

Dalam sepanjang karirinya, ia memiliki momen yang sangat bersejarah mungkin sampai saat ini banyak orang yang masih mengenang kejadian tersebut. Dimana seorang Ronny Pasla mampu menahan penalti yang dilakukan oleh pemain legendaris asal Brasil, yaitu Pele.

Robby Darwis

robby darwis, legenda, timnasional, persib
gambar via malang today.net

Robby Darwis, selain terkenal sebagai sosok pemain, saat ini ia terkenal sebagai seorang asisten pelatih dan pelatih. Selama berkarir dan bermain sepak bola, Robby Darwis memperkuat club PERSIB Bandung. Tampil cemrlang bersama dengan club, selanjutnya ia mendapatkan kesempatan untuk membela Tim Nasional.

Robby terkenal apik dan piawai dalam menjaga lini pertahanan. Penampilan apik ia tunjukan bukan hanya di kompetisi club saja, akan tetapi di pertandingan level Internasional saat memperkuat merah putih.

Hari ini robby dikenal sebagai legenda club dan Indonesi. Puncak karir yang ia dapatkan saat membela Tim nasional ketika berhasil merai mendali emas SEA GEAMES pada tahun 1987 dan 1991. Sedangkan untuk di level club ia menyumbang gelar untuk Persib dalam gelaran Piala Perserikatan dan Liga Indonesia pada tahun 1986, 1989, 1993 dan 1994/1995.

Kemudian atas prestasi-prestasi dan subangsi yang diraih dan diberikan oleh Robby Darwis, maka menjadikan ia seorang legenda sepak bola tanah air. Semoga dimasa yang akan datang lahir Robby Darwis muda, sehingga dapat mengangkat persepak bolaan Indonesia.

Aji Santoso

aji santoso, legenda sepakbola indonesia
gambar via sumberbola.co

Aji Santoso sosok yang sudah tak asing lagi bagi pecinta sepakbola tanah air, pasalnya legenda satu ini aktif menjadi pelatih, baik melatih Tim Nasinal ataupun club ligas satu. Soal kemampuan dilapangan hijau, tidak ada yang perlu diragukan lagi, dalam setiap pertandingan aji selalu menjadi starter, termsuk dalam setiap pertandingan di Tim Nasional.

Momen yang paling manis bagi Aji Santoso ialah tatkala membela Tim Nasional di ajang SEA Games 1991, dimana kesebelasan Indonesia berhasil mempersembahkan mendali emas. Padahal kala itu umur Aji Santoso baru menginjak 21 tahun.

Selepas menjuari SEA Games, karir seorang Aji Santoso terus menanjak bak sebuah roket. Hampir dalam setiap pertandingan ia tampil impresif dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Selain piawai dalam mengolah dan mengirimkan umpan, ia juga merupakan sosok pemimpin yang luar biasa. Terbukti disemua tim yang ia bela selalu terselip ban kapten di lengannya.

Simson Rumahpasal

simson rumahpasal, timnas indonesia
timnas jaman dulu

Siapak simson? Ia merupakan pemain sepak bola Indonesia yang terkenal dan memiliki karir cemerlang diantara tahun 1970 hingga 1980. Waktu masa itu posisi bek kiri Tim Nasional Indonesia selalu di isi seorang Simson.

Kala itu Simson menjadi bagian yang tak tergantikan untuk squad Tim Nasional Indonesia, dalam setiap ajang atau turnament nama Simson selalu menjadi pilihan utama. Pasalnya pemain satu ini memiliki kemampuan dalam menjaga setiap bergerakan lawan, serta mampu menghalau dan membaca pertandingan dengan sangat baik.

Bima Sakti

bima sakti, legenda Indonesia
gambar via bola.com

Bima Sakti yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih di Tim Nasional Indonesia, merupakan legenda sepak bola Indonesia. Namanya begitu santer diperbincangkan di tahun 90-an saat ia ikut bersama Primavera PSSI ke Italia.

Bima Sakti merupakan pemain yang sempat bermain di club Swedia Helsingborg selama satu musim. Kemudian ia kembali ke Indonesia dan membela PSM Makasar. Baru pada tahun 2000-an ia meraih juara liga Indonesia bersama PSM.

Soal penampilan di lapangan hijau, Bima Sakti tidak perlu diragukan lagi. Memiliki ketahanan fisik yang tangguh serta mempu melesatkan tendangan yang sangat keras. Maka tidaklah heran ia mampu mencetak gol dari jarak yang jauh. Hingga saat ini Bima Sakti dikenang sebagai legenda Indonesia.

Baca juga: ukuran lapangan dan stadion sepakbola

Penutup

Demikian informasi yang dapat remajaonline bagikan mengenai legenda sepak bola Dunia dan Indonesia. Semoga tulisan ini bisa dinikmati serta menambah wawasan sahabat mengenai sepak bola. Selain tiu semoga bisa menjadi penyemangat bagi sahabat yang bercita-cita menjadi seorang pemain sepak bola.

Adakah pemain favorit sahabat dalam daftar yang diberikan remajaonline? Jika ada jangan lupa tulis dikolom komentar ya.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *