pelanggaran dalam permainan bola voli
Bola Voli

Pelanggaran dalam Bola Voli

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli – setiap olahraga yang kita ketahui pasti ada kesalahan-kesalahan dan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemain. Padahal pelanggaran itu telah ditetapkan dan wajib dihindari, termasuk dalam permainan bola voli.

Oleh karena itu, agar pemain bola voli bisa bermain dengan baik dan benar. Ia harus mengetahui apa saja pelanggran-pelanggaran yang harus ia hindari. pemain yang mengetahui pelanggaran apa saja yang harus dihindari pasti akan berhati-hati dalam bermain.

Munculnya peraturan bola voli juga karena adanya berbagai macam variasi permainan bola voli. Sehingga pemain yang ingin menjadi profesional, wajib mengetahui pelanggaran-pelangaran yang harus ia hindari.

Pelanggaran dalam Permainan Bola Voli

1. kesalahan Saat Service

pelanggaran bola voli
Sumber : vollyballfull.blogspot.com

Saat melakukan service, banyak pemain yang melakukan pelanggaran. padaha, tahapan penting dalam permainan boal voli adalah service.

Ada pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan pemain bola voli saat mereka melakukan service. inilah dia pelanggaran yang sering dilakukan :

  • Saat akan melakukan service, pemain malah terlalu lama mengambilnya. Atau saat mau melakukan servicce malah mengulur-ngulur waktu.
  • Saat pemai melakukan service, ia tidak memukul bola tersebut dengan tangan. Dan ia juga tidak melambungkan bola voli terlebih dahulu.
  • Bola yang telah di service oleh salah seorang pemain malah tidak masuk ke area lapangan. Atau malah keluar area lapangan. Atau bola yang di service malah menyentuh net, melewati sisi pembatas, atau bahkan melewati bawah net.
  • Saat pemain melakukan service, posisi malah di angkat. Dan kaki pemain menginjak garis batas lapangan bola voli.
  1. Baca juga artikel tentang peraturan dasar bola voli
  2. Baca juga artikel tentang teknik dasar bola voli

2. Pelanggaran atau Kesalahan Net

pelanggaran bola voli
Sumber : perpustakaan.id

Setelah membahas tentang kesalahan dan pelanggaran pemain saat melakukan service. Ada juga pemain yang melakukan pelanggaran terhadap net.

Pelanggaran ini sering dilakukan para pemain bola voli. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menjadi pemain bola voli yang baik.Ia harus benar-benar tahu pelanggaran apa saja yang sering terjadi.

Inilah dia pelaggaran-pelanggaran yang sering terjadi pada Net :

  • Saat pertandingan bola voli masih atau sedang berlangsung, ada pemain yang sengaja atau tidak sengaja menyentuh tiang net atau net.
  • Sebelum lawan memberekan serang mereka. pemain mengulurkan tangannya melewati atau melebihi net pembatas dan menyentuh bola.
  • Saat pertandingan bola voli berlangsung atau saat bola masih hidup. Ada pemain yang kakinya menginjak atau melewati garis tengah lapangan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering dilakukan oleh pemain adalah mengganggu lawan. Gangguan yang biasa dilakukan oleh pemain adalah dengan menarik baju pemain lawan. Pelanggaran ini juga membuat kaki pemain masuk melewati batas net.

3. Pemain Keluar dari Posisi

pelanggaran  bola voli
Sumber : vollyballgameinfo.blogspot.com

Pelanggaran selanjutnya yang harus diperhatikan oleh pemain bola voli adalah posisi mereka ketika berlangsung pertandingan. Dalam posisi mereka, kadangkala ada pemain yang keluar dari posisinya yang semestinya ia tidak keluar dari posisi tersebut.

Inilah dia kesalah pemain yang sering mereka lakukan dalam posisi pemain bola voli :

  • Pemain yang akan melakukan service atau server menginjak atau malah kelaur garis yang telah disediakan untuk service. Atau garis pembatas khusus untuk service sebelum ia memukul bola kepada lawan.
  • Ketika server akan melakukan pukulan service terhadap bola. Ada pemain yang malah tidak berada di posisi yang seharusnya ia berada di posisi tersebut.
  • Setiap pemain yang berada di lapangan mendapatkan giliran melakukan service. Apabila ada pemain yang melakukan service diluar bagiannya. Maka hal tersebut dianggap salah atau melanggar peraturan.
  • Pelanggaran selanjutnya yang sering terjadi adalah saat pemain belakang melakukan serangan. Ia malah melewati garis serang. Sehingga ia mendapat pelanggaran.
  • Ada pemain belakang yang melakukan block secara tidak disengaja atau sengaja saat berada di dekat net.
  • Pelangaran selanjutnya adalah saat ada pergantian pemain yang sebelumnya di ganti lalu bermain kembali. Ia malah bermain di lapangan bukan pada posisi sebelumnya atau posisi semula.

4. Pelanggaran Ketika Bermain

Sumber : spotsindonesia.blogspot.com

Selain kesalahan-kesalahan yang sering muncul dalam pertandingan bola voli. Ada juga pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi ketika permainan sedang berlangsung. pelanggaran-pelanggaran itu diantaranya adalah :

  • Ketika permainan bola voli sedang berlangsung, ada pemain yang melakukan pukulan dua kali secara bersamaan oleh dirinya sendiri.
  • Ketika terjadi kontak bola tiba-tiba dihentikan.  Padahal ketika permainan bola voli sedang berlangsung atau ketika terjadinya kontak, maka bola tidak boleh dihentikan.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung. Ada pemain yang malah sengaja membuang atau memukul bola voli keluar lapangan.
  • Secara berturut-turut bola di pukul dua kali, kecuali saat terjadinya kontak antar pemain dengan lawan seacara bersamaan dengan pukulan pemain lawan. Atau saat terjadi dua kali kontak saat melakukan block antara lawan dengan kawan secara berturut-turut.
  • Pemain melakukan sentuhan dua kali pada bola secara berturut-turut tanpa adanya kontak bersama lawan terlebih dahulu.
  • Ketika terjadinya pergantian pemain, Pengganti tidak melaporkan terlebih dahulu kepada petugas pencatat atau kepada wasit saat pertandingan di mulai.
  • Pemain yang seblumnya sudah diganti dua kali atau ia bermain dan diganti sebanyak dua kali. Maka yang ketiga kalinya ia main secara sengaja atau tidak sengaja. Maka hal tersebut merupakan pelanggaran.
  • Dalam permainan bola Voli, setiap tim hanya diberikan waktu time out satu kali dalam pertandingan. Artinya kalau seandainya tim yang sedang bermain di lapangan meminta time out kedua. Maka hal tersebut merupakan pelanggaran bagi tim tersebut.

5. Pelanggaran Akibat Tingkah Laku

Sumber : jurnalponsel.com

Pelanggaran terakhir yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah pelanggaran tingkah laku yang dilakukan oleh pemain. Kadakala juga terjadi pelanggaran saat pertandingan berlangsung akibat tingkah laku yang dilakukan pemain.

Inilah dia pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi :

  • Pelanggaran pertama yang sering terjadi adalah mengeluarkan kata-kata kasar. Atau kata-kata tidak sopan baik itu dilakukan oleh pemain, pelatih atau bahkan manajer. Atau selain dari kata-kata juga melakukan perbuatan-perbuatan yang mencela atau menghina pemain.
  • Ketika pertandingan sedang atau masih berlangsung. Ada peman pengganti, pelatih, manajer atau suporter dari tim yang mendukungnya tersebut Tiba-tiba masuk lapangan.
  • Untuk mengalihkan perhatian dari para pemain lawan. Maka pemain melakukan hentakan kaki keras-keras atau berteriak dengan keras saat sedang berlangsung pertadingan.

Nah itulah dia pelangaran-pelanggaran yang serting terjadi pada permainan bola voli. Apabila anda ingin menjadi pemain yang baik dan profesional, maka pelanggaran-pelanggaran di atas harus anda hindari.

sehingga anda sebagai pemain bola voli benar-benar tidak memiliki catatan merah. itulah artikel yang bisa di tulis pada kali ini. Mudah- mudahan artikel ini bisa membantu anda dalam mencari informasi.

Salam Olahraga.

 

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *