pemain basket timnas indonesia
Bola Basket

Daftar Pemain Basket Timnas Indonesia

Pemain Basket Timnas Indonesia – Salah satu olahraga yang sudah dijadikan momen spesial dunia adalah Bola Basket. Olahraga ini adalah olahraga terkenal yang setiap negara selalu mengadakan kompetisi. Termasuk negara Indonesia.

Untuk bisa mengikuti kompetisi Bola Basket se-Asia atau Se-Dunia, maka setiap negara harus memiliki tim nasional.

Karena Indonesia sudah terdaftar dalam FIBA atau organisasi bola basket dunia. Maka sudah jelas tanah air kita ini memiliki beberapa pemain basket yang tergabung dalam tim nasional.

Sebelum kita masuk pada inti pembahasan tentang pemain-pemain tim nasional Indonesia. Kita akan membahas terlebih dahulu apa itu FIBA?

FIBA [ Federation Internationale de Basketball Amateur ] adalah induk organisai bola basket dunia yang bermarkas di Jenewa, Swiss.

FIBA adalah organisasi bola basket yang selalu mengadakan kompetisi dunia, baik untuk negara atau antar klub. Contohnya adalah Kejuaraan Dunia FIBA, Kejuaraan AntarKlub FIBA.

Setelah mengetahui apa itu FIBA. Maka sekarang kita akan membahas nama pemain-pemain yang masuk dalam tim nasional Basket untuk negara Indonesia.

Daftar Pemain Basket Timnas Indonesia

biodata pemain basket putra indonesia
Sumber : mainbasket.com
  1. Andakara Prastawa Dhyaksa

Pemain bola basket pertama yang masuk dalam timnas Indonesia adalah Andakara Prastawa. Ia adalah salah satu pemain basket profesiona yang bermain di klub W88 Aspac Jakarta.

Peman basket yang bernomor punggung 1 itu lahir di Jakarta pada tanggal 16 Agustus tahun 1992. Sekarang ia berumur 27 tahun.

Prastawa adalah pemain basket yang tingginya 172 cm dan berat badanya 76 kg. Ia adalah pemain yang lulus dari sekolah SMA 3 Jakarta. Yang dimana sekolah tersebut sama dengan pemain basket lain, Daniel Wenas.

Prastawa bermain di W88 Aspac Jakarta dari tahun 2011 sampai sekarang. Ia diposisikan sebagai point Guard.

Andakara Prastawa memiliki banyak prestasi dari hasil kerja kerasnya dalam bermain basket. Seperti, Rookie Of The Year tahun 2013, First Team NBL Indonesia 2012 – 2013, NBL Indonesia All-Star tahun 2013.

Banyak sekali sebenarnya prestasi yang ia dapatkan. Akan tetapi untuk artikel kali ini, cukup tiga prestasi saja untuk membuktikan bahwa ia sebagai pemain tim nasional Indonesia. Sebelumnya ia juga pemain basket timnas indonesia 2019.

  1. Hardianus Lakudu

Pemain selanjutnya yang masuk dalam timnas basket Indonesia adalah Hardanius Lakudu. Ia adalah salah satu pemain klub Indonesia Patriots yang berumur 28 tahun.

Hardanius lakudu adalah pemain basket profesional yang lahir pada tanggal 7 Maret tahun 1992. Ia memiliki tinggi 178 cm dan berat badannya 78 kg.

Pada tahun 2017-2018 Hardanius telah memperkuat tema Satria Muda Pertamina dan berhasil menjadi juara Indonesia Basketball League [IBL]. Ia mengatakan, bahwa Satria Muda bukanlah anak bawang setelah menyandang juara tersebut.

  1. Brandon Jawato

Brandon Jawato adalah salah satu pemain basket profesional yang berasal dari Indonesia. Ia adalah pemain timnas Indonesia yang bermain di klub Pelita Jaya.

Aksi bermain baik dan jagonya ini lahir pada tanggal 3 Juni tahun 1993. Selain Skill dan Kemampuan yang luar biasanya itu, Brandon juga memiliki wajah yang tampan. Sehingga membuat fans basket cewet klepek-klepek melihatnya.

Aksi jagonya Brandor dalam bermain basket, karena ia telah bermain sejak anak-anak. Bahkan, karena kebiasaannya bermain basket ia akhirnya di tawari beasiswa kuliah dari AAU [ Amateur Athletic Union ] Basketball.

Walaupun sekarang ia bermain di Indonesia Basketball League [IBL]. Tapi sebelumnya ia bermain di Rainbow Warriors, salah satu miliki University of Hawaii Manao.

  1. Abraham Damar Grahita

Abraham Damar Grahita adalah salah satu pemain tim nasional Indonesia yang bermain di Stapac Jakarta. Ia adalah pemain basket yang lahir pada tanggal 8 oktober tahun 1995.

Grahita kuliah di Universitas Esa Unggul. Dimana ia juga menjadi salah satu pemain basket di universitas tersebut dari tahun 2013 sampai 2018.

Ia bermain bakset di Stapac Jakarta sebagi Combo-Guard. Posisi itu adalah posisi yang begitu banyak saingan untuk menjadi nomor satu di Indonesia. Banyak prestasi yang telah ia dapatkan selama bermain basket.

Seperti, 3 kali mendapatkan First Team IBL Indonesia pada tahun 2017-2019. Empat kali mendapatkan gelar All-Star IBL pada tahun 2017-2020. Menjadi pemain MVP IBL pada tahun 2017. Dan banyak lagi prestasi yang telah ia dapatkan.

Grahita sekarang bermain di Indonesia Patriots. Ia suda beberapa kali manjadi timnas Indonesia yang membela SEA Games se-aAsia.

  1. Lester Prosper

Lester Prosper adalah salah satu pemain tim nasional Indonesia yang berhasil di naturalisasi. Karena sebelumnya ia bukan berkembangsaan Indonesia. Bisa kita sebut dengan pemain asing timnas basket yang beralih menjadi orang Indonesia.

Akan tetapi, Perbasi menginginkan Indonesia masuk dalam World Cup 2023. Sebelumnya Indonesia, Filipina dan Jepang ditawari menjadi tuan rumah untuk World Cup 2023.

Salah satu syarat diterimanya Indonesia menjadi tuan rumah adalah memenangkan kompetisi basket se-Asia pada tahun 2021.

Oleh karena itu, salah satu cara agar Indonesia menang dalam pertandingan bola basket se-Asia adalah menaturalisasi pemain dari luar negara.

Dan pada tahun ini, Lester Prosper berhasil di naturasilasi menjadi salah satu timnas Indonesia. Jadi Lester Prosper adalah salah satu pemain timnas basket Indonesia yang di persiapkan untuk pertandingan asian games.

Semoga dengan adanya pemain seperti Lester, bisa membawa kebanggaan untuk Indonesia dalam pertandingan Asean Games 2021.

  1. Mei Joni

Stapac Jakarta adalah salah satu klub yang ada di Indonesia yang saat pertandingan musim 2018-2019 tidak pernah kalah kecuali sekali. Salah satu kuncinya adalah karena pemainnya yang bagus dan solid.

Salah satu pemain Stapac Jakarta tersebut adalah Mei Joni. Ia adalah salah satu pemain basket profesional yang memberikan banyak kontribusi terhadap klubnya.

Dengan skill dan kemampuan Joni, ia akhirnya di panggil untuk memperkuat Timnas Indonesia tahun 2020.

Pemain yang berumur 31 tahun ini lahir pada tanggal 7 Mei tahun 1989.  Ia memiliki tinggi 188 cm dan berat badannya adalah 78 kg.

Selain bermain di Stapac Jakarta, ia pernah bermain di HangTuah dari tahun 2015-2018. Baru tahun 2018 ia mulai memperkuat team Stapac Jakarta.

kompetisi basket dunia
Sumber : skor.id
  1. Arki Dikania Wisnu

Arki Dikania Wisnu adalah salah satu pemain basket profesional Indonesia yang lahir di Amerika Serikat. Adalah salah salah satu pemain timnas Indonesia yang bermain di klub Satria Muda Pertamina.

Pemain yang menjadi Most Valuable Player di Indonesia ini lahir pada tanggal 15 Maret tahun 1988. Sekarang umurnya adalah 32 tahun. Ia adalah pemain basket tertua di timnas.

Ia adalah pemain basket profesional yang saat upacara pembukaan Asian Games 2018. Membacarkan teks janji atlet karena kemampuan bahasa Inggrisnya yang lahir di New York, Amerika Serikat.

  1. Kevin Yonas Sitorus

Pemain basket selanjutnya yang masuk dalam timnas Indonesia dalah Kevin Yonas Sitorus. Ia adalah salah satu pemain Indonesia yang memperkuat klub Satria Muda Pertamina dari tahun 2014 sampai sekarang.

Kevin memiliki tinggi badan 196 cm dan beratnya adalah 88 kg. Ia adalah pemain basket yang lahir di Kuala Kapuas, Indonesia pada tanggal 17 July tahun 1994.

Banyak prestasi yang telah ia dapatkan selama bermain basket. Salah satunya adalah mendapatkan gelar All-Star IBL Indonesia pada tahun 2011 – 2012.

  1. Vincent Kosasih

Vincent Kosasih adalah salah satu pemain yang terpilih menjadi timnas Indonesia dalam ajang Sea-Games 2020. Ia adalah pemain basket profesional yang bermain di klub Indonesia Patriots.

Ia adalah pemain basket yang memiliki skill dan kemampuan luar biasa. Pemain yang lahir pada tanggal 17 Juni 1996, adalah pemain yang masih muda di timnas basket. Sekarang Umur Vincent kurang lebih 23 tahun.

Vincent memiliki tinggi badan 203 cm dan beratnya adalah 96 kg. Dengan adanya Vincent ini, semoga team skuat Indonesia bisa menjadi juara basket se-Asia.

Untuk saat ini, Vincent adalah salah satu pemain timnas basket indonesia yang tertinggi.

  1. Laurentius Oei

Laurentius yang memiliki nama lengkap Laurentius Steven Oei adalah salah satu timnas Indonesia 2020. Ia telah masuk dalam tim skuat Indonesia dengan gaya dan skill yang luar biasanya saat di lapangan.

Laurentius yang bermain untuk klub Indonesia Patriots ini lahir pada tanggal 1 September tahun 1994. Sekarang ia berumur 25 tahun.

Pemain Indonesia Patriots ini memiliki tinggi badan 192 cm dan beratnya adalah 89 kg. Sebelumnya ia bermain untuk Klub Satria Muda Pertamina dari tahun 2017-2019. Dan pada tahun 2020 ia baru masuk ke Indonesia Patriots.

  1. Kaleb Ramot Gemilang

Pemain ke sebelas yang masuk dalam timnas Indonesia adalah Kaleb Ramot Gemilang. Ia adalah salah satu pemain Aspac Jakarta, salah satu klub yang ada di Indonesia.

Pemain basket profesional ini lahir pada tanggal 30 Mei tahun 1991. Sebelumnya ia pernah bermain di CLS Knight saat di IBL Championship tahun 2016.

Kaleb adalah salah satu pemain basket yang memiliki tinggi 183 cm. Ia bermasa Aspac Jakarta dari tahun 2018 sampai 2019. Kemudian ia bermain di Indonesia Patriots tahun 2020.

  1. Hardian Wicaksono

Hardian Wicaksono adalah pemain basket yang masuk dalam timnas Indonesia yang terakhir di bahas pada artikel kali ini. Ia adalah pemain profesional yang bermain di klub Pasipic Caesar Surabaya.

Ia adalah pemain basket yang lahir pada tanggal 31 Agustus pada tahun 1993. Ia memiliki tinggi 190 cm dan berat badannya adalah 85 kg. Sekarang ia berumur 25 tahun.

atlet bola basket
Sumber : sportku.com

Nah itulah dia 12 pemain tim nasional Indonesia yang bercita-cita untuk menjadi juara basket se-Asia. Agar Indonesia bisa masuk ke World Cup 2023 sebagai tuan rumah.

Insya Allah artikel selanjutnya akan membahas tentang pemain basket timnas indonesia untuk putrinya.

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada kalian semuanya. Apabila ada keritikan bisa anda sampaikan di kolom koment di bawah ini.

Salam Olahraga.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *