pengertian LCD
Komponen Elektro

Pengertian LCD

Pengertian LCD – LCD atau yang sering disingkat dengan Liquid Crystal Display adalah salah satu jenis media display yang sudah umum dimasyarakat.

LCD telah menggunakan kristal Cair atau liquid crystal agar dapat menghasilkan sebuah gambar yang terlihat dengan baik.

Teknologi display yang menggunakan liquid crystal ini adalah salah satu penampil kirstal cair yang sudah banyak digunakan di berbagai produk-produk industri.

Produk-produk tersebut seperti layar TV, Laptop, Layar Ponsel, layar kalkulator , layar mutimeter, monitor komputer, layar jam digital, layar game portabel dan berbagai elekronik-elektronink lainnya.

Teman-temanku sekalian, masih ingat dengan televisi yang masih berbentuk tabung sinar katoda ? nah teknologi yang dipakai ketika itu masih belum menggunakan LCD.

Teknologi Display LCD memberikan pelayanan pada produk-produk elektronik yang telah di buat di Industri. Bentuknya lebih tipis dibandingakn teknologi tabung sinar katoda atau Cathode Ray Tube atau CRT.

Perbedaan antara LCD dengan CRT

Perbedaan antara LCD dengan CRT adalah pada daya yang digunakan di kedua display tersebut.

CRT membutuhkan daya yang besar karena prinsip yang digunakan CRT adalah prinsip pemancaran cahaya. Pemancaran cahaya tersebut akan membuat daya lebih boros. Pengertian antara CRT dan LCD aja sudah berbeda.

Sedangkan kelebihan layar LCD hemat dalam penggunaan daya karena prinsip kerjaya adalah berdasarkan prinsip pemblokiran cahaya.

LCD tidak menghasilkan cahaya, maka ia membutuhkan lampu backlight atau cahaya latar belakang sebagai cahaya pendukungnya.

Ada beberapa lampu backlight yang sering digunakan sebagai latar belakang cahaya LCD. diantaranya, Backlight LED atau Light-Emitting Diodes dan backlight CCFL atau Cold Cathode Fluorescent Lamps.

Sebenarnya banyak lampu backlight yang bisa digunakan sebagai latar belakang cahaya LCD. Hanya saja, dua backlight yang telah saya sebutkan diatas adalah backlight yang umum digunakan.

Setiap pixel yang ada pada sebuah LCD display 16×2 terdiri dari beberapa lapisan molekul selaras antara dua filter polarisasi dan elektroda transparan.

Seiring berjalannya waktu, LCD terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Beberapa jenis teknologi dulu sampai sekarang telah banyak menggunakan display LCD.

Dulu hp jadul menggunakan LCD, begitu pula game box tetris yang saat itu begitu trend di kalangan anak-anak. Begitupun sekarang, banyak teknologi yang pengertiannya telah menggunakan LCD dan merasakan manfaatnya.

Struktur [Pengertian LCD]

STRUKTUR LCD
sumber ; nexluxury.com

Sebagaimana telah saya bahas sebelumnya bahwa LCD memiliki dua komponen utama, yaitu bagian backlight dan bagian liquid Crystal.

LCD tidak bisa memancarkan cahaya sendiri atau butuh bantuan lain untuk bisa memancarkan cahaya. LCD hanya dapat mentrasmisikan dan merefleksikan cahaya yang melewatinya.

Backlight adalah cahaya yang dibutuhkan LCD. Umunya cahaya bakclight berwarna putih.

Sedangakn Kristal cair adalah sebuah cairan organik yang berada diantara dua lembar kaca yang permukaanya transparan dan konduktif.

Di bawah ini adalah bagian-bagian yang menyusun LCD atau Liquid Cristal Display.

  • Backlight atau Cermin / Backlight or Mirror
  • Lapisan Terpolarisasi 2 atau Polarizing film 2
  • Elektroda Negatid atau Negative Electorde
  • Lapisan Kristal Cair atau Liquid Cristal Layer
  • Elektroda Positif atau Positive Electrode
  • Lapisan Terpolarisasi 1 atau Polarizing Film 1

Ada beberapa perbedaan penggunakan pada LCD. LCD yang digunakan pada jam tangan digital dan kalkulator biasanya menggunakan cermin yang dapat memantulkan cahaya alami.

Tujuannya adalah agar display yang keluar dari jam tangan atau kalkulator menghasilkan digit yang jelas.

Sedangkan struktur lapisan LCD yang digunakan pada teknologi tingkat atas seperti Laptop, HP, TV atau teknologi tingkat atas lainnya menggunakan lampu backlight untuk memberikan penerangan pada pixel kristal cair.

Bentuk dari lampu backlight itu biasanya persegi panjang atau Light Emitting Diode [LED] atau strip lampu Flourescent.

Prinsip Kerja Dari Pengertian LCD

Sebelum masuk pada pembahasan prinsip kerja LCD, kita bahas terlebih dahulu mengenai cahaya putih yang sebenarnya telah dipelajari pada pelajaran fisika.

Apa itu cahaya putih? Cahaya putih adalah cahaya yang terdiri dari ratusan warna yang berbeda tapi belum terkena refleksi.

Ratusan warna yang menjadi cahaya putih tersebut akan berubah warna ketika cahaya itu mengalami perubahan arah sinar atau refleksi.

Jadi saat cahaya putih mengalami refleksi dengan sudut yang berbeda, maka akan memancarkan warna yang berbeda.

Begitu pula dengan LCD, ketika liquid crystal atau kristal cair terkena pencahayaan dari backlight LCD maka akan memantulkan cahaya yang lain.

Kristal cair yang telah diberi cahaya oleh backlihght tersebut akan mengalami refleksi atau perubahan arah sinar sesuai sudut yang diinginkan. Dari perubahan arah tersebut akan menghasilkan warna yang dibutuhkan.

Untuk menentukan sudut perubahan arah pada cahaya yang diberikan , maka kristal cair tersebut harus diberi tegangan dengan nilai tertentu.

Karena perubahan warna pada cahaya backlight yang awalnya berwarna putih akan berubah sesuai yang diinginkan, itu tergantung dari perubahan sudut dan penyaringan cahaya.

Jika kita menginginkan warna putih pada display LCD, maka kristal cair tinggal dibuka selebar-lebarnya untuk cahaya Backlight. Sehingga cahaya backlight yang berwarna putih bisa menampilkan cahaya secara menyeluruh.

Apabila display LCD ingin menghasilkan warna hitam, maka kristal cair harus menutup secara rapat. Sehingga cahaya putih dari backlight tidak dapat menembus kristal cair tersebut.

Apabila display LCD ingin mendapatkan warna yang berbeda, maka kristal cair cair harus diatur baik dari sudut dan perubahan arah sinarnya. Sehingga warna yang keluar akan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Fungsi LCD

fungsi lcd
sumber ; targetyoutube.com

Setelah mengetahui prisip kerja dari Pengertian LCD, sekarang kita bahas mengenai fungsi LCD.

Fungsi dari LCD adalah sebagai suatu tampilan data, karakter, huruf ataupun grafik. Bentuk dari LCD ini adalah tipis, sedikit panas dan memiliki resolusi tinggi.

LCD telah digunakan diberbagai bidang khususnya alat-alat elektronik seperti Handphone, layar Televisi, layar Laptop, Notebook dan juga komputer. LCD kini digunakan di hampir setiap teknologi yang membutuhkan layar

Pembuatan Liquid Cristal Display atau LCD adalah dengan menggunakan teknologi CMOS logic yang bekerja tidak menghasilkan cahaya. Akan tetapi LCD dapat memantulkan cahaya yang ada disekitar LCD tersebut .

Material yang dibutuhkan untuk pembuatan LCD terdiri dari beberapa lapisan campuran organik antara elektroda transparan indium oksida  dengan lapisan kaca bening.

LCD 16×2 ini berbentuk lapisan elektroda pada bagian kaca belakang dan berbentuk tampilan seven-segment.

Ketika elektroda tersebut mendapatkan medan listrik atau tegangan, ia akan aktif dan molekul organik yang silinder dan panjang akan menyesuaikan diri dengan elektroda yang berasal dari segmen tersebut.

Itulah dia pembahasan seputar LCD. Mudah-mudahan artikel ini membantu anda dalam mencari informasi yang diinginkan.

Apabila ada salah dalam penulisan atau teori, silahkan tulis komentar di bawah ini.

Elektro, Jaya Jaya Jaya.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *