Pengertian, Peraturan dan Penyebab Penalti

1 Like Comment
bola keluar, peraturan permainan sepak bola, pengertian penalti

Pengertian Penalti – Ketika kita menonton suatu pertandingan sepak bola, maka bagi penggemar setia sepak bola tidak akan asing lagi dengan yang namanya penalti.

Tendangan penalti adalah tendangan bonus, karena presentase untuk masuk ke gawangnya itu sangatlah besar dari pada tendangan biasa.

Walaupun seperti itu, kita sebagai penggemar tentu belum memahami secara detail tentang tendangan penalti tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, mari kita sama-sama bongkar pengertian penalti dan bagaiamana peraturan penalti yang sebenarnya.

Pengertian Penalti

Penalti adalah suatu pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain di daerahnya sendiri, tepatnya di area gawang.

Penalti adalah tendangan yang dilakukan oleh seorang pemain di dalam kotak penalti tanpa ada satupun penjagaan musuh kecuali penjaga gawang.

Pemain yang akan menendang bola berhadapan langsung dengan penjaga gawang dengan jarak antara keduanya adalah 11 meter.

Peraturan Tendangan Penalti

Ada beberapa peraturan yang harus di taati oleh pemain ketika menendang bola penalti, diantaranya:

  1. Pemain yang akan menendang bola penalti harus teridentifikasi secara tepat dan posisi bola harus berada pas di titik tendangan penalti yang sudah disediakan. Posisi kiper harus berada di area garis gawang dan pandangannya harus tertuju pada penendang bola penalti.
  2. Bagi para pemain yang tidak menendang bola penalti, maka posisinya harus berada 9.15 meter di belakang titik penalti atau posisinya berada lebih belakang lagi.
  3. Apabila seorang pemain yang ditnjuk untuk menendang bola penalti melanggar peraturan yang telah di sepakati, maka bisa jadi wasi memberikan izin untuk menendang bola kembali.

Ketika tendangan pertama masuk tapi melanggar peraturan, maka tetap harus di ulang kembali.  Dan jika bola tersebut tidak masuk, maka wasit boleh memberhentikan permainan tersebut dan bisa memulai kembali dengan menendang bola bebas tidak langsung bagi tim lawan.

  1. Apabila yang melakukan pelanggarannya adalah kiper, maka bola yang telah ditendang oleh penendang bola penalti masuk akan disahkan oleh wasit. Dan apabila bola yang ditendang tidak masuk, maka wasit akan menyuruh ulang menendang bola penalti tersebut.

Penyebab Terjadinya Penalti

Terjadinya penalti pada suatu tim karena diakibatkan oleh tim yang sedang defence [bertahan] terhadap tim yang offence [menyerang] melakukan pelanggaran pada area kotak penalti.

Selain dari pelanggaran yang dilakukakn oleh salah satu pemain, penalti juga bisa dilakukan apabila dalam dua babak pertandingan dan dua babak ekstra hasilnya tetap seri.

Maka akan dilakukan tendangan penalti untuk menetukan siapakan pemenang dalam pertandingan tersebut.

Apabila kita ringkas kembali terjadinya penalti dikarnakan hal berikut;

  • Terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti, baik foul menjatuhkan lawan ataun hand.
  • Skor seri setelah dilakukan perpanjangan waktu.

Jenis Penalti

Setelah kita bahas tentang pengertian penalti dan apa saja yang menyebabkan penalti , maka pada kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis penalti.

Jenis penalti terbagi menjadi dua bagian, ada penalti bola mutlak dan adan penalti bola tidak mutlak.

Apabila peraturan menggunakan bola mutlak dan pertandingan berakhir seri, maka mereka yang telah gagal satu kali dalam melakukan tendangan akan mendapatkan tendangan dari tim yang kalah sedangkan lawannya sudah memasukan bola ke gawangnya.

Itulah dia bola mutlak, sedangkan bagi peraturan bola yang tidak mutlak, pemenang dari bola penalti akan disebutkan tidak mutlak apabila memilki selisih dua sampai tiga ekor.

Peraturan Penalti dari FIFA

Salah satu federasi sepak bola dunia, yaitu FIFA juga memberikan peraturan barun untuk penalti. Peraturan yang telah dibuat adalah tidak boleh berpura-pura melakukan tendangan bagi pemain yang akan menendang bola penalti.

Hal ini dibuat untuk memudahkan penjaga gawang agar tidak terkecoh saat menghadang bola penalti tersebut.

Peraturan ini telah diresmikan oleh FIFA sejak piala dunia tahun 2014 di Brasil. Bagi pemain yang tidak mentaati peraturan ini akan diberikan sanksi untuknya berupa kartu kuning.

Nah itulah dia pembahasan tentang penalti. Pengertian diatas hayalah oengertian umum dan ditambah dengan hal-hal yang bersangkutan dengan penalti. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan.

You might like

About the Author: Yusup Susanto

Seorang Mahasiswa tingkat akhir di Universitas Siliwangi Tsikmalaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *