lemparan kedalam, throw in, pengertian throw in
Sepakbola

Pengertian Throw in dan Cara Melakukannya

Pengertian Throw in – Pada artikel sebelumnya telah kita bahas sama-sama tentang pengertian offside. Kini saatnya kita beralih ke pengertian yang lainnya.

Dalam dunia sepak bola, selalu saja dikelilingi nama-nama yang tidak mudah kita pahami. Selalu saja ada istilah-istilah yang tidak bisa diterjemahkan secara langsung kecuali bagi orang yang sudah mengetahui maksud dari kata tersebut.

Contoh kata-kata asing yang sering disebut dalam dunia pesepak bola. Seperti “free kick” “Goal Kick” “Corner Kick”. Selain itu masih banyak lagi istilah-istilah kata yang sering digunakan dalam pertandingan sepak bola.

Khusus pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang Throw ini atau lemparan ke dalam. Nah seperti apa pengertian secara umumnya? Dan seperti apa pengertian menurut FIFA?.

Pengertian Throw In

Throw ini itu berasal dari bahasa inggris, yang artinya melempar kedalam atau lemparan bola kedalam. Kita bisa melakukan Throw in ketika bola ke luar lapangan.

Dalam sebuah lapangan, terdapat garis yang menandakan batas lapangan sepak bola tersebut, kecuali pada penjaga gawang dan area sisi sudut.

Nah garis tersebut menandatakan batas lapangan yang apabila bola keluar dari tempat tersebut, berarti bola out dan bisa melakukan throw in bagi pemain yang bukan membuat bola keluar dari lapangan.

Sebelum anda melakukan throw in bola, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui bagi para pemain, karena banyak yang salah melemparkan bola ke dalam lapangan.

 Cara Melempar Bola (Throw In) ke Lapangan

  • Bola di pegang dengan kedua tangan dan menuju ke arah depan
  • Lalu ayunkan bola mundur ke belakang dan lesatkan ke depan melewati atas kepala pemain tersebut
  • Condongkan badan ke arah belakang, lalu lutut dalam keadaan sedikit di tekuk dan sedikit di rendahkan
  • Lalu lemparkan bola ke arah teman yang tepat.

Tips Melempar (Throw In)

Apabila anda ingin melempar bola ke dalam lapangan, lalu didapati para pemain di tempel oleh lawan, maka sebaiknya anda melakukan throw in jarak jauh.

Namun apabila anda mau melempar bola, dan didapati ada teman yang tidak terlalu menempel dengan musuh, maka bisa lakukan throw in kepadanya. Karena itu kesempatan bagi anda.

Nah itulah dia pembahasan mengenai Throw in. Sebelum artikel ii di tutup, sebelumnya saya pernah mengatakan istilah-istilah asing lainnya seperti Corner Kick dan Goal kick.

Nah mari kita bahas sedikit tentang kedua istilah tersebut.

Corner Kick

Jika throw in dilakukan saat bola keluar oleh salah satu pemain sepak bola. Maka Corner Kick terjadi di saat bola terlempar keluar batas lapangan kanan atau kiri gawang. Corner Kick biasanya terjadi karena ada benturan antara lawan dengan kawan, sehingga membuat bola keluar garis batas.

Dalam istilah lain corner kick sering kita sebut dengan tendangan sudut. Corner kick sering terjadi dalam pertandingan sepak bola, baik itu dalam negeri ataupun luar negeri.

Goal Kick

Masih tetap pada garis batas yang berada di pinggir kanan dan kiri gawang. apabila ada suatu bola yang ditendang secara keras lalu ia tidak masuk dan melambung ke atas melewati atas mistar gawang, maka kejadian tersebut dinamakan dengan goal kick.

Goal kick adalag tendangan gawang yang dilakukan oleh kiper pada titik pertahanan kiper akibat sebelumnya bola melambung ke atas.

Baca Juga kumpulan kata kata bijak, termasuk kata kata untuk olah raga di berkata.net

Nah itulah dia pembahasan dari awal sampai akhir, mudah-mudahan bagi anda yang sedang mencari informasi, bisa mendapatkan informasi yang dicari dan bisa memberikan manfaat khususnya bagi penulis.

Salam Olahraga!

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *