pola permainan bola voli
Bola Voli

Pola Permainan Bola Voli

Pola Permainan Bola Voli – Permainan bola voli adalah permainan yang disukai oleh kalangan masyarakat. Tidak hanya sepak bola yang memiliki pola permainan. Akan tetapi, bola voli juga memiliki pola permainan.

Pola permainan bola voli pada artikel kali ini akan fokus pada Penyerangan dan Pertahanan. Dua hal ini sangat penting dalam permainan ini.

Oleh karena itu, mari kita pelajari bersama-sama bagaimana pola penyerangan dan pertahanan yang bak dan benar.

Pola permainan Bola Voli

Pola Penyerangan

pola permainan bola voli
Sumber : youtube.com

salah satu cara untuk memenangkan pertandingan bola voli dan bekerja sama antara tim disebut dengan pola penyerangan. Pola penyerangan adalah siasat tiap-tiap tim untuk menghasilkan point dari permainan ini.

Banyak sekali taktik yang bisa digunakan oleh setiap tim ataupun individu untuk memenangkan suatu pertandingan.

Adapun penyerangan yang biasa dilakukan adalah upaya mematikan bola voli di area lapangan lawan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Sebuah tim akan mendapatkan point ketika bola yang dipukul keras masuk ke area lawan dan jatuh dilapangan dengan cara sportif dan adil.

Oleh karena itu, inilah dia pola penyerangan yang harus dikuasai oleh pemain bola voli.

1. Melindungi Penyerang [cover ]

Maksud dari melindungi penyerang adalah serangan yang dilakukan oleh pemain penyerang yang bolanya melambung dari block bendungan lawan. Bola dari block bendungan lawan ini harus diterima oleh timnya secara bersama-sama.

Tujuan dilakukan secara bersama-sama adalah untuk mengcover seluruh lapangan terhadap bola yang dilambungkan kembali dari block pihak musuh.

Jarak yang bisa dilakukan oleh sebuah tim tergantung dari teknik yang digunakan pada tim tersebut.

2. Teknik-Teknik Penyerangan

Agar lawan tidak bisa mengembalikan bola kepada kita. Maka yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan smash secara keras. Pukulan yang keras akan membuat pihak musuh kelelahan.

Ada 4 jenis smash yang biasa dilakukan oleh pemain bola voli, diantaranya :

  • Dump [ berpura-pura melakukan smash ]
  • Melakukan smash dari pergelangan tangan
  • Frontal smash dengan twist [ smash depan sambil memutar ]
  • Frontal Smash [ smash depan ]

Ada 4 tahap yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk melakukan smash, antara lain sebagai berikut :

  • Tahap pertama adalah run-up [ lari menghampiri ]
  • Tahap kedua adalah take-off [ melompat dengan baik ]
  • Tahap ketiga adalah hit [ memukul bola dengan akurat ]
  • Tahap ke empat adalah landing [ mendaratkan seluruh badan dengan baik ]

Pola Pertahanan

pola permainan bola voli
Sumber : youtube.com

Untuk selanjutnya kita akan membahas tentang pola pertahanan. Pola pertahanan adalah salah satu cara utuk bertahan dalam keadaan fasif dengan harapan lawan melakukan kesalahan.

Ketika tim lawan melakukan kesalahan dalam bermain bola. Maka itu akan memudahkan tim kita dalam menyelematkan bola yang dilontarkan dari tim lawan.

Inilah dia pola pertahanan dan teknik yang bisa kita lakukan :

1. Pola bendungan [block]

Jika kita ingin menghentikan pola penyerangan yang dilakukan pihak musuh, maka kita harus bisa bekerja sama dengan baik. Bendungan butuh kerjasama yang baik dan benar karena pihak musuh bisa saj menyerang kita dengan pukulan yang mematian.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah pola bendungan atau pertahanan yang sering dilakukan oleh pemain boal voli.

  • Pertahanan satu pemain

Bendungan yang dilakukan oleh satu pemain adalah ketika lawan menyerang dengan kekuatan yang cepat. Karena kecepatan yang dilakukan oleh pihak lawan. Akhirnya tman yang ada di sisinya tidak sempat membantu ia dalam melakukan block.

Jadi cara untuk melindungi area lapapangan adalah dengan memblock bola dengan satu pemain.

  • Pertahanan Dua Pemain

Pertahanan dua pemain dilakukan ketika pihak musuh menyerang dengan tepat sasaran. Ketepan ini akan membuat pihak kita kewelahan apabila hanya dilakukan satu orang.

Jadi keuntungan dari penyerangan lawan dengan tepat sasaran adalah pihak bertahan bisa membantu teman yang sedang melakukan block secara bersamaan. Dan ini adlaah kesempatan tim tersebut untuk memblok bola berdua.

  • Pertahanan Tiga Pemain

Pertahanan tiga pemain dibutuhkan ketika berhadapan dengan pemain yang tangguh dan bisa melakukan smash yang keras dan kuat.

Kalau seandainya dilakukan pemblockan satu orang, maka akan berakhir pada kegagalan dan bisa membuat bola jatuh ke tanah.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal itu terjadi. Pihak bertahan harus membantu melakukan block secara bersama-sama agar bola bisa di halau.

Hal ini akan lebih efektif, karena bisa membuat bola berhenti dan kita bisa melakukan serangan balik.

2. Pola Bendungan Berteman

Pola bendungan berteman adalah salah satu cara atau pola pertahanan yang dilakukan oleh sebuah tim. Pola ini ada dua aspek.

  • Melindungi smash dengan blcok.
  • Menerima smash dari lawan.

Adapun jenis pertahanan yang baik yang sering digunakan oleh pemain adalah menrima bola dengan kedua belah tangan pada posisi sedang berdiri.

Nah itulah dia pola permainan bola voli yang bisa di bahas pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan.

Salam Olahraga

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *