pola permainan bulu tangkis
Olahraga

Pola Permainan Bulu Tangkis

Pola Permainan Bulu Tangkis – Sebagaimana telah kita ketahui bahwa setiap olahraga memiliki pola permainan. Taktik dan strategi harus di miliki oleh setiap orang atau team bulu tangkis untuk menjadi juara.

Begitupun dengan permainan bulu tangkis. Banyak pola yang harus di pelajari agar menjadi pemain profesional. Teknik dasar dalam permainan bulu tangkis sudah pasti dikuasai oleh pemain.

Akan tetapi untuk taktik dan strategi mereka harus memperdalam lagi pola permainannya.

Dalam pola permainan bulu tangkis terdapat taktik dan strategi yang harus di kuasai. Komponen yang sangat penting dalam permainan bulu tangkis adalah taktik dan strategi.

Dua istilah itu tidak boleh di pisahkan karena menjadi jurus dalam pola permainan kita saat di lapangan.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana taktik dan strategi bulu tangkis sebagai pola yang akan mengantarkan kita dalam kejuaraan nasional bahkan internasional.

Taktik adalah salah satu bagian dari pelaksanan strategi. Seorang pemain bisa mengalahkan lawan nya dengan taktik yang tepat. Dan mengalahkan lawan adalah salah satu tujuan permainan bulu tangkis.

Kita tidak akan mengeluarkan banyak stamina dengan taktik yang luar bisa untuk menekan lawan.

Kalau taktik dan strategi yang tepat untuk menekan lawan telah kita kuasai. Maka kita akan menjadi pemain profesional dan bisa mengantarkan kita dalam kejuaraan internasional.

Oleh karena itu, untuk menjadi pemain profesional, maka saya akan membahas pola permainan bulu tangkis.

Pola Permainan Bulu Tangkis

Pola Penyerangan Bulu Tangkis

sumber : indianexpress.com

Dalam permainan bulu tangkis, pemain yang memiliki penyerangan yang baik adalah pemain yang mengeluarkan atau menggunakan tenaga kecil untuk mengalahkan lawan atau untuk mendapatkan poin.

Pola yang sering di gunakan dalam teknik penyerangan bulu tangkis adalah pukulan drop shot, netting, pukulan service, pukulan smash, dan pukulan lob.

Terlepas dari pola permainan di atas, maka bulutangkis adalah permainan dengan sistem ganda dan tunggal. Bagaimana cara melakukan service panjang? bagaimana cara melakukan smash yang kuat?

Di bawah ini akan di bahas pola permainan dalam teknik penyerangan untuk permainan ganda dan tunggal.

Permainan Ganda

Permainan bulu tangkis yang dinamakan ganda adalah permainan yang dilakukan oleh pemain dua lawan dua.

Dalam permainan ganda, setiap team yang berjumlah dua orang harus saling koordinasi dan bermain dengan baik.

Permainan ganda akan mengantarkan mereka menjadi juara suatu kompetisi ketika team tersebut bekerjasama dengan baik.

Agar permainan berjalan lancar dan membuahkan hasil, maka kepercayaan terhadap kemampuan setiap teman adalah modal utama.

Mereka harus bisa menutupi kelemahan dan kekurangan masing-masing. Serta dalam permainan ini, mereka harus paham tugas mereka masing-masing dan menguasai taktik dalam bulutangkis ganda.

Pemain bulu tangkis yang bermain ganda, tidak hanya skill kemampuannya sendiri yang di tingkatkan. Akan tetapi, semangat bekerjasama dan menyemangati kawan adalah taktik yang harus di kuasai dan di tingkatkan juga.

Kalau seandainya taktik dan strategi dalam bermain ganda sudah anda kuasai. Maka kemenangan dalam setiap pertandingan bisa anda genggam bersama teman anda.

Pola permainan bulu tangkis yang dilakukan oleh pemain ganda maupun tunggal tidaklah berbeda. Inilah dia taktik atau pola penyerangan yang harus di lakukan pemain ganda agar bermain baik.

Pola Penyerangan Pemain Ganda
1. Pukulan Service

Sebagai permulaan permainan dalam olahraga bulu tangkis, maka pukulan service adalah pukulan awalan untuk memulai pertandingan.

Dalam memenangkan perolehan nilai, maka service adalah pukulan yang menentukan nilai awal tersebut untuk memberi semangat dalam pertandingan bulu tangkis.

Oleh karena itu, pemain service harus bermain dengan baik saat ia melakukan service agar mendapatkan atau memperoleh nilai dari pukulannya tersebut.

Service yang baik adalah service yang dapat mengacaukan strategi lawan dan membuat posisi mereka berantakan. Atau anda dapat mematikan lawan dengan service yang anda lakukan.

2. Pukulan Drive [ mendarat ]

Untuk mendapatkan bola-bola yang melambung atau ingin menekan lawan, maka pukulan drive adalah pukulan yang sering di gunakan oleh pemain bulu tangkis. Pukulan drive membuat lawan tidak sempat menyerang balik.

Cara melakukan pukulan drive adalah ambil bola dan pukullah dari arah samping badan dengan ketinggian pinggang. Pukulan drive bisa kita lakukan dengan cara backhand atau forehand.

3. Pukulan Lob/Tinggi

Untuk bisa melakukan pukulan lob atau tinggi, maka kita harus melambungkan dan menjauhkan kok tersebut ke belakang lawan. Orang yang ingin melakukan pukulan tinggi harus memiliki tenanga yang besar.

Pukulan lob bisa di lakukan baik dari bawah ataupun dari atas. Artinya memang tidak tetap di satu tempat. Dalam pola pertahanan dan penyerangan, pukulan lob atau tinggi sangat berpengaruh dan sangat penting.

Ada dua cara untuk melakukan pukulan lob, yang pertama bisa di lakukan dengan underhead dan overhead lob.

4. Pukulan Smash

Cara melakuakn pukulan smash adalah dengan melakukan pukulan sekeras-kerasnya dengan cepat ke arah bawah lapangan lawan.

Ada beberapa cara untuk melakukan pukulan smash tergantung pemain yang ingin melakukannya.

Contohnya pukulan smash cambukan atau flick smash, pukulan smash potong, pukulan smash penuh,  pukulan backshand smash dan pukulan smash melingkar [ around the head smash ].

5. Pukulan Dropshot

Pukulan ini adalah pukulan yang unik dimana kok di pukul dengan tepat melampui net dan lansgung jatuh ke sisi lapangan lawan.

Pukulan dropshot adalah pukulan yang menjatuhkan shuttlecock melewati net dan ia jatuuh di dekat net. Hal ini agar membuat lawan tidak bisa mengejar shuttlecock tersebut atau tidak bisa mengembalikan shuttlecock itu.

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan pemain untuk melakukan pukulan dropshot.

Pukulan dropshot dari bawah, pukulan dropshot dari atas, pukulan dropshot secara penuh, pukulan dropshot potong dan pukulan dropshot dengan dicambuk atau flick.

6. Netting

Pukulan netting adalah pukulan yang dilakukan oleh seorang pemain ketika d dekat net dengan halus tapi akurat dan masuk ke lapangan lawan.

Netting dilakukan oleh pemain agar lawan kesusahan membalikan shuttlecock karena shuttlecock jatuh di dekat net.

Pukulan netting adalah salah satu strategi agar dapat mendapatkan poin.

7. Return Smash

Return smash adalah salah satu pukulan untuk mematikan lawan karena mengembalikan pukulan smash lawan dengan pukulan smash kembali. Sehingga dengan adanya smash ini, lawan akan kekusahan mengembalikannya.

Ada tiga bagian jenis untuk mengembalikan pukulan smash lawan. Pengembalian drive [mendatar] dilakukan agar tidak memberikan kesempatan kepada lawan, karena pukulan ini sangat keras.

Pengembalian Pendek dimana ia melakukan pukulan untuk menjatuhkan shuttlecock di dekat net. Pengembalian panjang adalah pengembalian bola ke arah belakang lapangan lawan.

Permainan Tunggal

Permainan tunggal adalah salah satu permainan dalam bulutangkis, dimana pemain bermain di lapangan satu per satu.

Permainan badminton adalah permainan yang umumnya membutuhkan kesabaran dan ke uletan dalam bermainnya.

Seseorang bisa menjadi juara atau pemenang dalam permainan bulu tangkis tergantung dari taktik dan strategi yang digunakan oleh pemain tersebut.

Seorang pemain bulu tangkis tunggal akan bertanggung jawab dalam permainnanya. Baik ketika ia bermain buruk atau bermain baik saat melawan pemain lain.

Untuk memenangkan suatu pertandingan, seorang pemain harus memiliki strategi dan taktik yang baik. Yang dimana lawan kewelahan dengan taktik yang kamu gunakan.

Dalam menghadapi pihak lawan, maka pola penyerangan adalah salah satu tujuan untuk menguasai taktik pemain sehingga bisa mengalahkan lawan.

Ada beberapa taktik yang harus dikuasai oleh pemain agar pola penyeranganya benar-benar baik dan bagus.

Pola Penyerangan Permainan Tunggal

1. Permainan berdasarkan keuletan dan daya tahan

Bentuk permainan ini mengutamakan pukulan rally yang didasarkan pada faktor keuletan dan daya tahan atau lebih mengutamakan pukulan panjang.

Pada teknik ini, daya serang seorang pemaian emang benar-benar kurang. Yang diutamakan pada teknik kali ini adalah gaya bertahan terhadap lawan secara defendif.

2. Permainan berdasarkan kekuatan dan kecepatan

Permainan ini lebih mengutamakan pukulan yang cepat dan keras. Rata-rata shuttlecock yang dipukul dengan kekuatan ini jatuh ke bawah atau curam.

Seorang pemain tunggal yang sudah terbiasa dengan teknik ini, biasanya memiliki pukulan atau smash yang keras dan cepat.

3. Permainan berdasarkan faktor deception [tipuan] dan teknik

Untuk pemain yang menggunakan teknik ini, maka ia sudah benar-benar ahli dalam bermain bulu tangkis.

Karena pemain ini lebih menggunakan tipuan kepada lawan dan menggunakan teknik untuk memenangkan suatu pertandingan.

Yang dikedepankan dalam teknik ini adalah penguasaan teknik dan strategi yang baik dan benar. Dan ia juga sudah tahu bagaiamana cara mengecoh lawan saat bermain di lapangan.

Pola Pertahanan Bulu Tangkis

sumber : medicalxpress.com

Pola pertahanan adalah salah satu pola permainan bulu tangkis yang harus dimiliki oleh seorang pemain dalam mempertahankan daerah lapangannya.

Ia dapat mengembalikan shuttlecock yang telah dipukul lawan jauh melewati net dan lawanpun tidak bisa mengembalikannya.

Strategi yang baik dapat membimbing ia dalam mempertahankan daerah kekuasaannya. Pada kali ini saya akan membahas pola pertahanan untuk permainan ganda terlebih dahulu.

Pola Pertahanan Permainan Ganda

Dalam permainan ganda, memiliki tiga pola pertahanan yang harus mereka ketahui. Tiga pola tersebut adalah sistem depan belakang [ front and back ], sistem bergantian [ sirculate ], sistem perdampingan [ side by side ].

Mari kita bahas satu persatu dalam pola pertahanan permainan ganda.

1. Sistem Depan Belakang [ Front and Back ]

Sistem depan belakang adalah satu salah satu sistem yang digunakan oleh pemain ganda. Dimana posisi pemain yang satu di depan dan yang satunya lagi di belakang.

Pemain depan bertugas untuk melakukan service dan juga ia mengembalikan shuttlecock dari lawan yang menyerang bagian dekat net.

Untuk pemain yang berada di belakang, ia bertugas untuk melindungi daerah lapangan bagian belakang.

Ia menguasai seluruh area bagian belakang dan juga bertanggung jawab apabila ada bola shuttlecock yang masuk ke area belakang.

Sistem depan belakang biasanya digunakan oleh pemain ganda yang diantara mereka ada yang lebih kuat dan lemah.

Pemain kuat biasanya di simpan di belakang untuk mengawasi pemain yang di depan. Dan pemain yang berada di depan ia adalah pemain yang memiliki kekurangan dalam bermain bulu tangkisnya.

Sistem depan belakang pada permainan bulu tangkis memiliki tanggung jawab dan bidang permainan yang jelas. Mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan.

Kadang kala pemain ganda bisa bertuker tempat darii yang depan menuju ke belakang dan yang belakang juga bisa ke depan.

Keuntungan menggunakan sistem depan belakang

Ada beberapa keuntungan yang di dapatkan oleh pemain ganda dalam menggunakan sistem depan belakang. Salah satu keuntungan yang bisa di dapat oleh pemain adalah sistem ini dikhususkan untuk menyerang.

Sistem front and back juga bisa menyembunyikan kawan yang memiliki permainan lemah.

Jadi apabila kalian bermain dala permainan ganda lalu ada teman kalian yang masih lemah dalam permainan, maka sistem ini sangat cocok untuk kondisi tersebut.

Kelemahan menggunakan sistem depan belakang

Setiap sistem atau pola yang di gunakan oleh seseorang pasti ada kelemahan yang dimiliki. Begitupun dengan sistem depan belakang, sistem ini memiliki kelemahan.

Salah satu kelemahannya adalah lawan bisa menyerang terus menerus pemain belakang lewat ke kiri dan ke kanan.

Sedangkan pemain belakang belum tentu bisa melindungi daerah kiri dan kana secara terus menerus.

Apalagi, saat lawan dengan sengaja menyerang pemain belakang dengan pukulan smash yang cepat dan keras.

2. Sistem Bergantian [ circulate ]

Untuk sistem bergantian adalah salah satu sistem yang menggabungkan antara side by side dengan front and back.

Sistem ini muncul untuk menutupi kelemahan dari sistem yang lain seperti front and back dan side by side.

Sistem berdampingan bisa kita gunakan untuk bertahan dari serangan lawan yang begitu kuat. Dan untuk sistem depan belakang bisa kita gunakan untuk menyerang lawan.

Cara bergantianya bisa melihat kondisi di lapangan. Saat kondisi membutuhkan posisi bertahan  maka gunakan sistem side by side.

Apabila posisi sebelumnya depan belakang, maka pemain yang berada di depan ke samping kanan dan pemain belkang ke samping kanan.

Ketika lawan sedang menyerang, maka posisi berubah kembali menjadi depan dan belakang.

3. Sistem berdampingan

Lapangan bulu tangkis sebagaimana telah kita ketahui. Bahwa lapangan setiap pemain ganda memiliki dua bagian. Dan memang biasanya sudah dibuatkan garis berwarna putih.

Nah sistem berdampingan atau side by side adalah sistem yang mengambil sebelah lapangan di kiri dan kanan.

Setiap pemain memiliki tugas masing-masing dan tanggung jawab masing-masing untuk memperhatikan daerah lapangan tersebut.

Lawan biasanya melihat dari dua peman tersebut mana diantara mereka yang memiliki kekurangan. Apabila ada pemain yang lebih lemah, biasanya mereka menyerang peman tersebut secara bertubi-tubi.

Oleh karena itu, apabila kajadian tersebut terjadi di lapangan. Maka untuk pemain yang lebih kuat bisa membantu pemain tersebut, karena posisi yang sejajar.

Keuntungan

Sistem berdampingan sangat cocok untuk pemain yang baru terjun ke dunia bulu tangkis. Inilah dia beberapa keuntungan sistem berdampingan atau side by side :

1. Daerah kekuasaan setiap pemain sudah terlihat dengan jelas karena ada garis putih.

Dengan adanya garis putih untuk membatasi setiap daerah lapangan kekuasaan, bisa lebih hati-hati dan menghindari kesalahan dalam bermain, seperti patahnya raket pemain dan salah pukul.

2. Sistem side by side mempunyari formasi pertahanan yang baik ketika lawan hendak melakukan smash. Sistem ini sukar untuk di tembus oleh lawan.

Kekurangan

Selain kelebihan yang dimiliki oleh sistem berdampingan. Ia juga memiliki kelemahan. Inilah dia beberapa kelemahan dalam sistem berdampingan [side by side ] :

1. Lawan yang cerdas akan terus-menerus menyerang pemain yang lemah.

2. Pemain tidak akan efektif dalam penyerangan.

3. Pemain harus benar-benar menguasai lapangan dari belakang menuju ke depan net.

Pemain bulu tangkis memerlukan strategi dan taktik pertahanan dan penyerangan yang baik dan benar.

Karena strategi itu akan membawanya pada kemenangan. Dalam permainan ganda anda bisa memilih sistem mana yang lebih cocok untuk dilakukan bersama patner.

Karena setiap strategi akan menjadi baik tergantung orang yang menggunakan strategi tersebut. Ada orang yang bisa di semua strategi, karena banyak latihann dan keuletan yang ia lakukan.

Itulah dia slide by slide tentang pola permainan bulu tangkis. Semoga artikel di atas bisa memberkan inspirasi dan bisa diterapakan dalam permainan bulu tangkis.

Salam olahraga.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *