sejarah bola voli pantai,bola voli
Bola Voli

Sejarah Bola Voli Pantai

Sejarah Bola Voli Pantai-Salah satu olahraga yang bermain di atas pasir yang dimainkan oleh dua tim. Dimana setiap timnya terdiri dari 4 orang yaitu permainan bola voli pantai.

Permainan bola voli pantai merupakan cabang atau modifikasi dari bola voli biasa. Permainan ini tidak jauh dari permainan bola voli biasa. Dimainkan oleh dua tim dan dipisahkan dengan jaring dan net.

Para pemain juga berusaha memasukan bola voli melewati atas jaring dan membuat bola tersebut jatuh di atas tanah lawan.

Sekali lagi bahwa permainan bola voli pantai adalah permainan spesial yang dimainkan di atas tanah pasir.

Nah, berbicara tentang bola voli pantai. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarah bola voli pantai.

Sejarah Bola Voli Pantai

sejarah bola voli pantai
Sumber : cev.eu

Pada tahun 1920 di kalifornia atau lebih tepatnya di Santa Monica. Pertama kali permainan bola voli pantai di mainkan. Walaupun permainan ini sudah lama dimainkan. Karena banyak faktor dan berbagai hal, maka perkembangannya begitu lamban.

Ketika permainan bola voli pantai di mainkan di Eropa pada tahun 1930. Maka permaianan ini mulai berkembang. Dan akhirnya pada tahun 1980-an olahraga ini mulai populer di kalangan masyarakat.

Jadi olahraga bola voli pantai yang unik ini mulai tersebar di kalangan masyarakat saat orang Eropa mulai bermain di pantai.

Ketika bola voli pantai mulai populer, dua negara yang selalu berada di urutan atas selalu menjadi sorotan masyarakat. Dua negara tersebut adalah USA dan Brazil.

Setiap kompetisi bola voli pantai di adakan, Dua negara ini selalu menjadi juara dan berada di urutan atas. Dua negara ini mendominasi permainan bola voli pantai. Dua negara ini sudah lama berkecimpung di olahraga tersebut.

Selain dua negara di atas yang selalu mendominasi permainan bola voli pantai ini. Ada satu negara lagi yang selalu menjuarai bola voli pantai ini. Negara tersebut adalah Australia.

Sejarah Bola Voli Pantai di Indonesia

bola voli indonesia
Sumber : redbull.com

Permainan bola voli pantai semakin lama semakin berkembang. Olahraga ini mulai masuk ke  negara tercinta kita, Indonesia pada tahun 1990-an.  Pada tahun itu permainan ini mulai berkembang di nusantara.

Tanda berkembangnya olahraga bola voli pantai ini ditandai dengan keikutsertaan Indonesia pada kejuaran bola voli pantai di Asia pada tahun 1993.

Pada tahun tersebut, saat Indonesia mengikuti even kejuaraan yang diwakili oleh Zaenal dan Dikdik. Indonesia untuk pertama kalinya menjuarai kompetisi bola voli pantai yang diadakan di negara Filipina.

Karena Indonesia menjuarai kompetisi bola voli pantai, akhirnya negara yang berada di Asia mulai memperhitungkan negara Nusantara ini.

Bagaimana tidak, saat Event Sea Games diadakan. Indonesia selalu berada di urutan 5 besar teratas. Pencapaian ini menandakan Indonesia memiliki pemain bola voli pantai yang berkualitas.

Dan pada puncaknya di tahun 2009 saat Sea Games di adakan. Indonesia telah berhasil merebut medali Emas. Pencapaian ini sungguh sangat luar biasa. Karena Indonesia adalah negara yang mengenal permainan ini lebih muda dari negara lain.

Sejarah Bola Voli Pantai Indonesia di Asia

bola voli asia
Sumber : redbull.com

Pada tahun 1994 permainan bola voli pantai mulai dipertandingkan di Asian Game Negara Jepang, tepatya di Hiroshima. Walaupun permainan itu hanya sebatas pertandingan ekshibisi.

Sejak tahun 1998 Asian Games yang di adakan di Bangkok sampai tahun 2006 Asian Games yang diadakan di Doha. Tim bola voli pantai Indonesia selalu berada di urutan ke empat besar dan bisa masuk dalam kejuaraan final.

Karena perkembangan Indonesia dalam permainan bola voli pantai. Tim putra dan putri Indonesia ternyata lulus dalam babak kualifikasi kejuaraan Dunia di Olimpiade Atlanta 1996.

Sebagimana pembahasan sebelumnya, bahwa pada Sea Games Laos 2009. Tim putra bola voli pantai Indonesia berhasil meraih medali emas atau berada di puncak kejuaraan. Keberhasilan  ini memberikan sejarah all Indoensia final.

Sejarah Bola Voli Indonesia di Asia-Pasifik

Untuk level Asia-Pasifik, tim bola voli Indonesia merupakan tim yang cukup disegani. Tim bola voli Indonesia selalu berada di urutan tiga besar dan bahkan sering menjadi juara.

Pada Asia Pasific Beach Volleyball Tournament yang di gelar dua tahun berturut-turut. Indonesia menjadi pemegang gelar juara tahun 2008 dan 2009. Pencapaian ini memberikan kabar gembira kepada kita.

Pada tahun 2010, saat seri Asia Pasific Volleyball Tournament di batam. Indonesia kembali mempertahankan gelar juaranya.

Pada kejuaraan di resort Batam terebut, tim bola voli Indonesia berhasil mengalahkan Iran dalam duet maut. Indonesia diwakili oleh Andi dan Koko, sedangkan Iran diwakili oleh Assari Neani dan Rahman Raoufi.  Skor yang di dapatkan pada waktu itu adalah 2-1.

Melihan kesuksesan tim bola voli Indonesia dalam mempertahankan kejuaraan dan kesuksesan penyelenggaraan. Akhirnya Konfederasi Bola Voli Asia [ Asian Volleyball Confederation, AVC ] menetapkan kejuaraan LA Light Asia Pasific Beach Volleball Tournament Batam masuk dalam event tahunan.

Dalam istilah lain, kejuaraan ini akan diselenggarakan setiap tahun. Akan tetapi, konsekuesi dari masuknya event tahunan adalah bertambahnya peserta dalam kejuaraan ini.

Kurang lebih, peserta yang akan ikut dalam event ini berjumlah 20 Negara. Sehingga lapangan yang digunakan sebelumnya berjumlah 3 lapangan. Maka untuk tahun-tahun selanjutnya, Indonesia harus menambah dua lapang lagi. Sehingga berjumlah 5 lapangan.

Itulah dia pembahasan tentang sejarah bola voli pantai yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat dan informasi yang tepat untuk anda.

Salam Olahraga

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *