yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

Sejarah Sepak Bola Indonesia dan Dunia Secara lengkap dan Singkat

9 min read

sejarah sepakbola, footbal player

Sejarah Sepak Bola – Pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi, sejarah sepak bola pertama kali dimulai di negara cina. Dimana tepatnya pada saat kerajaan dinasti han. Pada saat itu sepak bola di sebut dengan Tsu Chu, dimana masyarakat menendang bola yang terbuat dari kulit ke gawang.

Untuk melatih fisik tentara di kerajaan tersebut maka permainan sepak bola adalah salah satunya yang diperuntukan untuk ulang tahun kaisar. Selain di cina juga terdapat permainan sama yang di sebut dengan Kemari, dimana permaianan ini di mainkan di jepang.

Pada awal abad ke-21, kurang lebih 250 juta orang dari 200 negara telah memainkan sepak bola ini. Dengan orang sebanya inilah yang menjadikan permianan ini menjadi olahraga terpopuler di dunia.

Sekilas Mengenai Permainan Sepak Bola

sejarah sepak bola, sepak bola dunia, sinegal
remajaonline.com

Sahabatku, permaian sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh 2 team. Dimana setiap team terdiri dari 11 pemain inti dan beberapa orang menjadi pemain cadangan. Dalam permaian ini dari setiap team bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke tempat gawang musuh.

Sehingga yang menjadi pemenang dalam permaianan ini adalah team yang paling banyak memasukan gol ke gawang lawannya. Lapangan yang dipakai untuk sepak bola adalah berbentuk persegi panjang. Rumput yang digunakan rumput asli atau bisa juga memakai rumput sintetis.

Setiap pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka, kecuali kiper atau bisa juga disebut dengan penjaga gawang. Sedangkan bola bisa di sentuh oleh penjaga gawang saat bola berada di daerah gawangnya.

Jadi dari 11 pemain yang hanya boleh menyentuh bola dengan tangannya adalah kiper. 10 orang lainnya di larang untuk menyentuh bola dengan tanganya. Apabila ada dari 10 orang tersebut menyentuh bola dengan tangan maka akan mendapatkan pelanggaran.

Itulah dia sekilas mengenai sepak bola. Nah sekarang remajaonline.com akan membahas sejarah sepak bola dari awal muncul sampai sekarang.

Sejarah Sepak Bola Dunia

sejarah sepak bola dunia, argentina
sejarah sepak bola dunia

Sebagaimana yang telah saya uraikan di atas bahwa sejarah permainan sepak bola dimulai pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Permainannya sendiri dimulai di Negara China atau Tiongkok. Di masa dinasti han, masyarakat memainkan bola yang terbuat dari kulit lalu menggiring bola tersebut dan menendangnya ke gawang. Lalu kejadian serupa yang dimana bola di giring terjadi di jepang yang dinamkakan dengan Kemari.

Setelah itu, permainan ini muncul di salah satu negara di eropa tepatnya di italia. Dimana masyarakat italia senang menggiring dan menendang bola sejak abad ke-16. Lalu karena permainan ini semakin terkenal.

Maka sejak ditetapkannya dasar peraturan-peratuan di Inggris, permainan sepak bola terus berkembang dan menjadi permainan olahraga internasional.

Pada tahun 1365 Raja Edward III memutuskan untuk melarang permainan sepak bola dikarenakan banyak menimbulkan kekerasan. Dengan adanya larangan ini maka Raja James dari Skotlandia juga mendukung pelarangan tersebut.

Sejarah Singkat Terbentuknya FIFA

Pada tahun 1815, terjadilah sepak bola sebuah perkembangan besar, yang dimana olahraga ini masuk ke lingkungan sekolah dan universitas. Bahkan ada sekolah sepak bola yang dikhususkan bagi orang yang benar-benar ingin menjadi pemain sepak bola.

Pada tahun 1863 di Freemasons Tavern lahir sepak bola modern. Dimana saat sekolah dan klub berkumpul, mereka membuat rumusan peraturan baku khusus untuk sepak bola yang dipatenkan. Bersamaan dengan kejadian tersebut, terbuatlah pemisahan yang jelas diantara olahraga rugby dan sepak bola.

Pada tahun 1869, mulai tidak diperbolehkan menggunakan tangan dalam bermain sepak bola. Selama tahun 1800-an, sepak bola disebarluaskan oleh tentara inggris, para pelaut, dan pedagang ke belahan dunia. Pada tahun 1904, FIFA atau asosiasi tertinggi sepak bola dibentuk dan di awal tahun 1900-an. Kemudian disetiap negara diselenggarakan berbagai pertandingan.

Sejarah Sepak Bola Dunia Lengkap

sepak bola modern
remajaonline.com

Pernah ditelusuri oleh sejarah sepak bola bawah permainan ini dimulai dari peradaban kuno cina, romawi, dan yunani. Cara bermain sepak bola dimainkan dengan menggiring bola menuju target yang diinginkan oleh pemain tersebut.

Di abad pertengahan, pernah sepakbola dimainkan oleh jumlah pemain yang tidak terbatas. Salah satu bahan yang dipakai untuk bola adalah bahan dari kulit bbinatang dan kadang juga menggunakan usus.

Pada abad ke- 20, untuk dapat menciptakan permainan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Maka olahraga ini mulai punya aturan-aturan yang diresmikan di seluruh dunia.

Nah, apakah kamu merasa dalam sepakbola, terdapat sejarah dari awal sampai sekarang. Mulai ada perkembangan atau peraturan apa saja yang harus diperhatikan. Bila kita telusuri bahwa permainan sepak bola yang sekarang dimainkan adalah sepak bola modern. Dimana permainan ini sudah mengikuti peraturan-peraturan yang resmi.

Setiap pemain yang ikut dalam permainan ini di tuntut untuk hafal semua peraturan sepak bola. Bukan hanya itu akan tetapi mereka diharuskan bisa menguasai teknik sepak bola dengan benar. Tujuanya agar bisa bermain dengan baik dan bisa di pakai di salah satu club atau negara.

Untuk sejarah sepak bola lengkap, terbagia dua agian. Yang pertama sejarah sepak bola modern dan sejarah sepak bola kuno. Inilah dia penjelasannya ;

Sejarah Sepak Bola Kuno

sejarah sepak bola kuno
remajaonline.com

Sejarah sepak bola di duna terbagi menjadi dua bagian dimana di Negara-Negara Asia dan Eropa. Berikut Penjelasan Lengkapnya

Sejarah Sepak Bola Asia

China adalah tempat kelahiran sepak bola kuno. Dimasa dinasti Han inilah sejarah sepak bola kuno lahir. Dimana sepak bola ini diperuntukan untuk ulang tahun kaisar. kurang lebih pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi ada.

Pada zaman itu, permainan sepak bola menggunakan bola kulit, dan sangat sulit untuk memasukan boola ke dalam gawang. Karena gawang yang dibuat ketika itu terbuat dari jaring kecil.

Orang-orang pada masa itu dihadirkan untuk menyaksikan permainan sepak bola yang dimainkan oleh tentara China agar melatih fisik mereka. Sekaligus dijadikan sebuah hiburan untuk masyarakan dan untuk merayakan ulang tahun kaisar. Sepak bola yang sering dimainkan ini disebut sepak bola tsu chu.

Masih dalam sejarah sepak bola kuno, selanjutnya selain sepak bola ini terkenal di negeri china. Ternyata sepak bola ini juga terkenal di negara jepang. Bahkan permianan ini adalah permainan favorit yang dimana warganyapun sering memainkan nya. Permainan ini berada di jepang. Di jepang permainan sepak bola di sebut dengan ‘’Kemari’’.

Sejarah Sepak Bola Eropa dan Barat

Selain di dua negara Asia tersebut, permainan ini lalu muncul di negara-negara lain seperti Meksiko, Romawi, Amerika Tengah, Inggris. Bahkan sepakbola dimainkan sampai ke Mesir Kuno dimana bola yang dipakai oleh mereka sudah terbuat dari karet.

Sepak bola kuno juga memiliki sejarah yang menarik yaitu ketika masa raja Edward di inggris. Dimana permainan sepak bola pernah di larang olehnya. Alasannyapun cukup sederhana, yaitu banyak yang melakukan kekerasan yang membuat setiap orang menjadi brutal. Sehingga permianan menjadi tidak kondusif dan tidak memiliki aturan yang paten.

Dan puncak pelarang ini terjadi pada tahun 1369 saat Raja Edward III. Beliau mencabut pelarangan tentang sepak bola sehingga olahraga ini bisa dimainkan lagi.

Karena terjadi kekerasan kembali, lambat laun sepak bola ini mendapat larangan kembali oleh ratu Elizabeth pada tahun 1572. Pelarangan ini tidak ada kompromi sedikitpun, barang siapa yang memainkan sepak bola maka akan diberikan sanksi. Bahkan sanksi yang diberikan tergoolong sangat keras, yaitu berupa penjara.

Pada tahun 1680-an, akhirnya datang kabar baik kepada masyarakat mengenai olahraga sepak bola. Dimana pada saat Raja Charless II menjadi raja, dia mencabut kembali larangan permainan ini. Bahkan memberikan perlindungan kepada siapa saja yang akan memainkan sepak bola di Inggris.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah sepak bola modern bermula di inggris. Pada sepak bola modern ini telah berdiri organisasi asosiasi sepak bola yang di adakan di Freemason’s Tavern. Dimana memiliki 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada di Football Association Freemason’s Tavern [ London – Inggris ].

Hasil Pertemuan Freemason’s Tavern

Hasil dari pertemuan ini sepak bola ditetapkan seri peraturan tunggal. Kemudian, asosiasi sepak bola wales, Irlandia, Skotlandia mengikuti peraturan ini. Dengan adanya empat negara ini akhirnya mereka membentuk International Football Association Board [IFAB] agar sepak bola dunia dapat dikoordinasi dengan peraturan.

Seiringnya perkembangan dan kemajuan sepak bola dunia, maka Federation International de Football Association [ FIFA ] didirkan di paris, prancis pada 21 Mei 1904.

Dua tokoh sepak bola dunia yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang menggagas pertemuan FIFA. Dimana dihadiri oleh tujuh negara yaitu Swedia, Belgia, Denmark, Swiss, Spanyol, Prancis, dan Belanja.

Ketua pertama FIFA yaitu Robert Guerin yang berasal dari perancis menyebutkan bahwa negara-negara di atas ditetapkan sebagai anggota FIFA.

Ruang lingkup kejuaran sepak bola ketika itu masih tergolong olimpiade, namun anggota FIFA semakin bertambah.

Sejarah Sepak Bola Dunia Berdasarkan Tahun

Inilah dia data sejarah penting tentang sepak bola modern berdasarkan tahun ;

  • Tahun 1863 – Asosiasi Sepak Bola Inggris telah dibentuk.
  • Tahun 1885 – Diluar wilayah inggris pertama kali diselenggarakan pertandingan yaitu Amerika melawan kanada.
  • Tahun 1886 – pertama kali diadakan rapat pembentukan organisasi yaitu Asosiasi Sepak Bola Dunia.
  • Tahun 1888 – penetapan aturan tentang wasit bahwa dia memegang penuh dalam setiap pertandingan.
  • Tahun 1904 – terbentuknya FIFA di perancis dengan beranggotakan Belanda, Prancis, Spanyol, Swiss, Swedia, Belanda, dan Belgia.
  • Tahun 1904 – untuk bisa memajukan sepak bola dunia akhirnya FIFA. Terbentuk dengan berslogan ‘’ For The Game, For The World ‘’. Dimana selogan tersebut memiliki arti bahwa dengan sepak bola bisa jadi pemersatu antar bangsa. Hal ini mengingat saat itu telah terjadi peperangan di berbagai belahan dunia.

Mengenal FIFA dan Tugasnya

Pusat Markas FIFA berada di Zurich, Swiss. Tempat tersebut dijadikan tempat untuk menyaksikan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh FIFA. Kegiatan-kegiatan tersebut seperti pemberian gelar terbaik, pengundian liga champion, dan lain-lain. Adapun tugas FIFA adalah sebagai berikut;

  • Melakukan transfer pemain dari satu tim ke tim yang lainnya
  • Memutuskan gelar terbaik dunia, mempromosikan sepak bola
  • Mempublikasikan hasil peringkat atau daftar peringkat dunia pada setiap bulan.

Kemajuan sepak bola dunia terus berkembang dan berlanjut, hingga pada tahun 1908 para pemain sepak bla di masukan dalam Olimpiade. Selanjutnya setelah itu mengadakan kegiatan yang besar yaitu mengadakan kejuaraan dunia pertama. Kejuaran untuk sepak bola atau yang sering kita sebut dengan piala dunia di Uruguay pada tahun 1930-an.

Badan Asosiasi Sepak Bola Regional Pertama

Diluar teknik permainan sepak bola ada yang unik yang harus di catat, yaitu BBC telah berhasil menyiarkan di stasiun TV. Hal tersebut tentang kejuaraan sepak bola dunia pada tahun 1938. Kemudian pada tahun 1966 di siaran televisi digunakan untuk fitur replay dalam setiap gol.

Sepanjang sejarah, permainan sepak bola memang hiburan yang paling menarik yang banyak disukai oleh banyak orang dari belahan dunia. Hal inilah yang membuat FIFA menyebar luaskan dan melebarkan sayapnya dengan membentuk badan asosiasi regional. Diantara badan asosiasi regional yang berdiri dari beberapa negara sebagai berikut ;

  • CONCACAF [ Confederacion Sudamericana de Futbol ] yang dimana badan asosiasi regional ini dihuni negara-negara di Benua Amerika. Merupakan sebuah kelompok sepak bola dengan di huni oleh negara-negara yang ada di Karibia, Amerika Utara dan Amerika Tengah.
  • UEFA [ Union of European Football Associations ] yang dimana badan asosiasi regiona ini merupakan sebuah kelompok yang dipenuhi oleh negara-negara Eropa.
  • CAF [ Confederation of African Football ] yang dimana asosiasi regional yang menaungi negara-negara di Benua Afrika.
  • OFC [ Oceania Football Confederation ] yang dimana asosiasi regional ini merupakan sebuah kelompok yang dihuni oleh negara-negara yang berada di Oceania.
  • CONMEBO [ Confederation Sudamericana De Futbol] yang dimana asosiasi regional dihuni oleh negara-negara di Asia.

Tentu saja asosiasi-asosiasi tersebut berganti nama seiring perkembangannya. Sebagai contoh untuk asosiasi sepak bola Asia menjadi AFC saat ini.

Itulah dia sejarah sepak bola dunia yang bisa di paparkan dalam artikelini. Tapi rasanya kurang apabila hanya sekedar membahas sejarah sepak bola dunia. Sedangkan negara sendiri tidak mengetahui bagaimana sejarah munculnya sepak bola di indonesia.

Oleh sebab itu, setelah membahas sejarah sepak bola dunia, maka remajaonline.com akan memaparkan juga tentang sejarah sepak bola Indonesia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

timnas, timnasional indonesia, sepakbola indonesia
remajaonline.com

Salah satu peran bangsa tidak bisa dijauhkan dari sejarah sepak bola dari peran bangsa lain. Sebab negara-negara tersebut telah melakukan perdagangan atau penjajahan ke negeri Indonesia.

Yang memperkenalkan pertama kali tentang sepak bola dan tercatat dalam sejarah, bahwa Cinalah. Dimana mereka memperkenalkan sepak bola kepada masyarakat Indonesia untuk menunjukan bahwa Negeri tirai bambu atau Cina juga tidak ketinggalan. Khususnya dalam mempromosikan olahraga ini di bandingkan negara-negara lain yang berada di Eropa seperti Belanda.

Sehingga selain tujuan nya dagang, Cina juga memberikan sejarah penting tentang sepak bola ke negeri Indonesia.

Pada tahun 1915 telah tercatat bahwa banyak perkumpulan atau Club sepak bola yang berdiri di Indonesia yang didirikan oleh warga Cina atau Tionghoa, bahkan muncul Club terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda [indonesia tempo dulu] seperti UMS Jakarta dan Surabaya.

Kehebatan Club Indonesia ketika waktu itu telah mengantarkan ke kancah piala dunia yang menjadi sejarah tak terlupakan pada tahhun 1938.

Sejarah Berdirinya PSSI

Dalam perjalanan sejarah sepak bola indonesia, ada beberapa peristiwa yang tak terlupakan dan perlu di catat. Salah satunya asosiasi sepak bola indonesia berdiri untuk ditugaskan untuk menaungi klub sepak bola yang berada di wilayah Indonesia.

PSSI [ Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ] ialah asosiasi yang berada di Indonesia. Berdiri pada tanggal 19 april 1930 di Yogyakarta. Sebelum keikutsertaan indonesia pada piala dunia tahun 1938 di perancis bahwa PSSI sudah didirikan, sehingga bisa mengikuti piala dunia tersebut.

Pada perjalanan sejarah sepak bola Indonesia yang perlu di catat juga adalah terjadinya perselisihan. Perselisihan yang terjadi antara NIVU dan PSSI untuk memutuskan siapa yang boleh ikut padala kejuaraan piala duni di Perancis.

Sebelum mengikuti kejuaraan, Soaratin Sosrosoegondo pada waktu itu mengusulkan pertandingan NIVU dengan PSSI. Akan tetapi FIFA telah mengakui salah satu asosiasi yaitu NIVU dan PSSI. Sehingga akhirnya dua asosiasi ini di bawa ke perancis. Akan tetapi bukan nama Indonesia yang di bawa kesana, melainkan Hindia Belanda.

Sosok Penting Dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Terdapat tokoh yang menjadi sejarah sepak bola Indonesia di balik pentingnya PSSI. Siapakah dia? Ia adalah Soeratin Sosrosoegondo, yang merupakan anak peribumi. Pendidikanya telah diakui di luar negeri yaitu di Sekolah Teknik Tinggi Heckelenburg, jerman.

Soeratin Sosrosoegondo juga telah mewujudkan Sumpah Pemuda yang sampai saat ini dikenang. Dimana sumpah ini terjadi pada tanggal 28 oktober 1928. Untuk meningkatkan semangat rasa nasionalis, menurut beliau sepak bola adalah cara yang tepat. Agar pemuda semangat dalam melawan penjajahan Belanda.

Saat kongres yang diadakan di Solo pada tahun 1938 Soeratin Sosrosegondo memutuskan hubungan dengan NIVU secara sepihak. Karena beliau kesal kepada NIVU, dimana setiap tim sepak bola ikut seta dalam pertandingan selalu memkai bendera NIVU atau Belanda.

PSSI Masa Penjajahan Belanda

PSSI menjadi pasif saat negera Jepang menjajah Indonesia, karena saat itu jepang mengambil alih asosiasi ini. Kemudian menjadi bagian dari Tai Iku Kai. yaitu badar keolahragaan buatan jepang. Tentunya ini adalah suatu kedzoliman dan sejarah yang tak terlupakan bagi Indonesia.

Kemudian PSSI masuk ke dalam bagian dari GELORA [1944] dan baru bisa lepas otonom saat kembali dalam kogres POSI III di Yogyakarta [ 1949 ].

Tim sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan di saat Soeratin Sosrosoegondo meninggal dunia. Karena tidak adanya sosok motivasi dan tidak imbangnya dalam pengembangan kompetisi dan organisasi.

Sebelum era 1970-an, ada beberapa pemain Indonesia yang dapat bersaing dengan pemain lain di kanca Internasional. Pemain tersebut diantaranya Sucipto Suntoso, Ramang, Tan Liong Houw dan Ronny Pattinasarani.

Sejarah Sepak Bola Indonesia Modern

Dalam perkembangannya, PSSI telah memajukan dan memperluas bola dalam Negeri. Yang diantaranya seperti Divisi Utama, Disivi Satu, Divisi Dua untuk pemain non amatir, Divisi Tiga pemain yang amatir dan yang terakhir adalah Liga Super Indonesia.

elain itu, PSSI juga aktif dalam kompetisi umur tertentu [ U-15, U-17, U-19, dan U-23 ] dan mengembangkan kompetisi sepak bola wanita.

Sayangnya walaupun Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang, tapi ini semua masih belum merubah prestasi sepak bola Indonesia di daftar Internasional. Butuh tekad dan Manajemen bola yang tinggi untuk dapat merubah sepak bola Indonesia menjadi lebih indah dan lebih berkualitas.

Kesimpulan

Itulah dia sejarah sepak bola Indonesia dan Dunia, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam ilmu sejarah. Perjalanan sejarah sepak bola memag begitu panjang, dan tentunya artikel ini hanya mewakili sebagian kecil dari sejarah tersebut. Sahabatku sepakbola adalah kegiatan olahraga yang banyak digemari masyarakat dan termasuk orang yang sedang membaca artikel ini.

Karena permainan ini memiliki keunikan tersendiri. Hanya saja permainan sepak bola inni kadang menimbulkan kekerasan aik diantara pemain ataupun diantara suporter yang mendukung clubnya bahkan di Indonesiapun tak luput dari permusuhan antar suporter.

Karena menimbulkan kekerasan inilah diadakan peraturan dan wasit, sehingga permainan menjadi kondusif. Walau kadang masih menimbulkan kericuhan tapi setidaknya bisa menghilangkan sebagaian besar kebiasaan buruk dalam sepak bola.

Dan bagi yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan, maka baginya hukuman tergantung pelanggaran yang telah dilakukannya.

Sahabatku ayo kita dukung sepak bola Indonesia, agar bisa bangkit kembali dan bisa masuk dalam kejuaraan sepak bola Dunia.

yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *