gbk, gelora bungkarno, stadion indonesia berstandar fifa
Sepakbola

Stadion Indonesia Berstandar FIFA

Stadion Indonesia Berstandar FIFA – Salah satu olahraga yang digemari di Indonesia bahkan di Dunia adalah Sepakbola.

Makanya tidak heran apabila kita melihat banyak stadion di dunia, bahkan negara kita juga, memiliki stadion yang megah.

Nah, pada kali ini saya akan mengajak kepada kalian semuanya untuk membaca 10 stadion di Indonesia yang sudah bertaraf Internasional atau FIFA.

Stadion Indonesia Berstandar FIFA

stadion indonesia berstandar FIFA
Sumber: brilio.net

Berikut daftar 10 stadion Indonesia yang memenuhi standar FIFA. Artinya stadion-stadion ini dapat digunakan dalam pertandingan Internasional.

Baca juga:

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Salah satu stadion termegah di Indonesia dan merupakan stadion yang dapat menampung banyak penonton adalah Stadion Gelora Bung Karno, stadion ini juga menjadi masrkasnya PSSI.

Stadion ini adalah stadion Indonesia yang sudah berstandar FIFA, atau sudah masuk ke stadion Internasional.

Tidak hanya stadionnya saja yang sudah masuk skala Internasional, akan tetapi komplek olahraga yang berada di dalam stadion juga telah masuk taraf Internasional.

Pada tahun 1955, stadion ini mulai dibangun, dan selesai di bangunya adalah tahun 1962.

Sebelmu stadion ini di renovasi besar-besaran, kapasitas penonton yang dapat di tampung oleh stadion ini mencapai 100.000 penonton.

akan tetapi, setelah direnovasi besar-besar mengenai stadion ini, akhirnya daya tampung penonton yang dapat memenuhi stadion mencapai 77.193 penonton.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api adalah stadion baru yang menjadi kandang Persib Bandung.

Stadion ini berada di Bandung. salah satu stadion yang telah masuk standar FIFA adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

salah satu yang menjadikan stadion ini bertaraf Internasional adalah rumput yang digunakannya.

tipe rumput yang digunakan pada stadion ini adalah rumput yang berjenis Zoycia Matrella [Linn] Merr, salah satu rumput kelas satu standar FIFA

Pada tahun 2014, stadion ini sudah dijadikan homebase untuk Maung Bandung. Stadion ini mampu menampung peonton kurang lebih 38 ribu penonton.

Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Palaran dibangun pada tahun 2005 yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur.

Klub Persisam dulu telah menjadikan stadion utama palaran sebagai kandang mereka.

Daya tampung yang dapat dicapai oleh Stadion ini mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun stadion megah ini kurang lebih mencapai 800 miliyar.

Salah satu prestasi yang di dapatkan oleh stadion ini adalah PSSI pernah menunjuk stadion ini untuk menjadi ajang pertandingan 8 besar divisi utama liga indonesia.

Stadion Aji Imbut

Stadion Aji Imbut digunakan sebagai kandang Mitra Kukar. Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 35.000 orang.

Stadion ini terletak di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Tipe stadion ini adalah tipe olimpik. Stadion ini memiliki fasilitas yang bagus dan memadai serta menjadi salah satu stadion yang bertaraf internasional.

selain bertaraf Internasional, stadion ini juga sering disebut stadion yang berkonsep mewah alat negara-negara timur tengah.

Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau pertama kali dibangun pada tahun 2009.stadion ini memiliki kapasitas yang cukup luas yaitu mencapai 44.000 penontn.

Stadion Utama Riau berada kawasan Universitas Riau. pada ajang pembukaan Pekan Olahraga Nasional atau PON VIII dan juga kualifikasi Piala Asia menggunakan stadion Utama Riau.

Stadion Gelora Bung TOMO

Stadion Gelora Bung Tomo adalah stadion yang dijadikan kandang oleh klub persebaya. Stadion ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Kapasitas yang dimilki oleh stadion ini mencapai 55.000 sampai 60.000 penonton.

karena stadion ini begitu luas dan megah, maka lampu yang digunakan untuk menarangi stadion ini sebesar 1600 lux.

dengan kekuatan lampu sebesar itu, maka tidak heran saat pertandingan malam, cahaya yang dihasilkan begitu terang sehingga nyaman untuk bermain.

Selain itu, jenis rumpt yang digunakan untuk lapangan ini adalah jenis Zoycia Matrella.

Stadion Maguwoharjo

Salah satu klub yang berlokasi di sleman, jogjakarta yaitu PSSI Sleman menjadikan Stadion Maguwohara sebagai kandang mereka.

rumput yang digunakan oleh lapangan ini adalah rumput yang sangat baik sehingga masuk dalam kategori A FIFA.

Stadion Maguwoharjo adalah salah satu stadion yang memiliki fasilitas lengkap dan sudah berstandar Internasional.

Pertama kali dibangun stadion ini adalah tahun 2005, dan pada tahun 2007 stadion ini direnovasi, karena pada tanggal 25 Mei 2006 stadion ini terkena dampak gempa bumi.

kensop bangunan yang digunakan pada stadion ini adalah tipe modern dengan julukan ‘ mini san siro ‘ dengan ciri khas yang dimiliki oleh stadion ini memiliki 4 menara yang terletak di penjuru stadion.

Dan seperti halnya stadion yang berada di eropa, bahwa stadion ini juga tidak memiliki lintasan atletik sehingga penonton merasa nyaman dan bisa lebih dekat dengan pemain.

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya adalah stadion yang lebih dikenal dengan nama Stadion Jakabaring. Stadion ini adalah stadion terbesar di Indoensia yang bisa digunakan dengan  multifungsi.

Letak stadion ini berada di Palembang, Sumatera Selatan dan menjadi salah satu stadion terbaik yang bertaraf Internasional.

pada tahun 2007 Klub Sriwijaya pernah meraih gelar juara Liga Indonesia dan stadion ini menjadi saksi kejuaraan klub tersebut.

pada tahun 2018, Stadion Jakabaring pernah digunakan menjadi salah satu vanue gelaran Piala AFF dan mewakili Nuasantara dalam hal penyelenggara.

Stadion Patriot

Pada tahun 1980 stadion Patriot mulai dibangun. letaknya di daerah Bekasi dan pernah digunakan sebagai awal untuk pekan Olahraga Daerah [ Porda] Jawa barat yang ke IV pada tahun 1984.

Setelah lama digunakan, maka stadion ini mulai direnovasi pada tahun 2012 dan pada tanggal 11 Maret tahun 2014 Mulai diresmikan. Kapasitas yang dimiliki oleh stadion ini adalah 30.000 Penonton.

Stadion ini pernah dijadikan sebagai kandang Klub Persipasi Bekasi dan Persija Jakarta juga pernah menjadikan stadion ini sebagai kandang sementara.

Stadion Pakansari

Yang terakhir pada pembahasan stadion ini adalah Stadion Pakansari. Stadion Pakansari adalah salah satu stadion yang bertaraf Internasional yang letaknya di daerah Cibinong kota bogor.

Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 31.000 kursi. pengerjaan yang dilakukan pada stadion ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun.

Stadion Pakansari pernah menggelar pertandingan Timnas Indonesia beberapa kali sejak awal berdirinya stadion ini.

Klub yang pernah menjadikan Stadion Pakansari sebagai kandang mereka adalah Persikabo Bogor dan PS TIRA/PS TNI.

Nah itu dia 10 stadion berstandar FIFA yang ada di Indonesia, kita sebagai warga Indonesia wajib bangga!!

 

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *