gelora bung tomo, stadion indonesia
Sepakbola

4 Stadion Indonesia

Stadion Indonesia – Salah satu kabar di Indonesia yang sedang diperjuangkan khususnya dalam olahraga sepakbola  adalah Piala Dunia. Pada tahun 2034 Indonesia berencana menjadi tuan rumah dalam sepak bola Piala Dunia tahun 2034.

Sekarang, Indonesia sedang melakukan negosiasi dengan negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Pada tanggal 23 Juni 2019 Indonesia telah mendapat konfirmasi dari pendana menteri Thailand, Prayuth Chan-o-Cha.

Dari penawaran tersebut, ada salah satu media asing yang sedang menyoroti kondisi infrastruktur di negara-negara yang berada di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Media yang sedang menyoroti itu adalah Foxsportasia.com.

Dari hasil investigasi media tersebut, Foxsport menyebutkan bahwa ada beberapa stadion yang layak digunakan untuk menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2034.

Dari banyaknya stadion yang telah dikonfirmasi oleh media Foxsport, ada 4 Stadion di Indonesia yang masuk dalam kategori layak menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.

Stadion Indonesia

Inilah dia 4 Stadion terbaik di Indonesia yang layak masuk  dalam kategori tuan rumah Piala Dunia 2034.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

stadin indonesia, stadion gelora bung karno
Gambar via gbk.id

Salah satu stadion pertama yang disebutkan oleh media Foxsport adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno yang terletak di Ibu Kota Jakarta. Stadion ini juga pernah menjadi salah satu stadion terbesar di dunia.

Stadion Utama Gelora Bung Karno dinamai seperti itu karena untuk menghormati presiden Pertama Indoensia  Soekarno, sekaligus pencetus utama gagasan pembanguan kompleks olahraga.

Pada masa orde baru, nama stadion ini sempat diganti menjadi Stadion Utama Senayan melalui keputusan presiden No.4/1984.

Akan tetapi, nama stadion kembali dikembalikan ke semula setelah terbitnya surat keputusan Presiden No.7/2001setelah bergulirnya era reformasi pada tahun 1998.

Pada tahun 1962, saat pertama kali stadion Utama Gelora Bung Karno dibuka, kapasitas yang dapat di tampung oleh stadion ini adalah 110.000.

Seiring berjalannya waktu, kapasitas stadion ini berubah dua kali. Pertama yang awalnya dapat menampung 110.000 menjadi 88.083 pada tahun 2006.

Lalu kapasitas selanjutnya berubah menjadi  77.193 penonton dan stadion ini telah diperbaiki baik dari fasilitas ataupun infrastrukturnya.

Stadion ini sudah diuji kelayakan dan kemegahannya saat menggelar event olahraga seAsia, yaitu Asian Game 2018.

Selain itu, Stadion Gelora Bung Karno sering digunakan pertandingan Internasional antar Club dunia atau antar Negara.

Saat ini, SGBK menjadi salah satu stadion sepakbola asosiasi terbesar ke-28 di dunia dan menjadi stadion terbesar ke-8 di Asia.

Jadi, dari uraian diatas telah membuktikan bahwa stadion ini layak masuk dalam kategori lulus menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Baca juga: penyerang terbaik sepanjang masa

Gelora Bandung Lautan Api

gelora bandung lautan api
Gambar via detak.co

Stadion selanjutnya yang dinilai layak masuk kategori tuan rumah Piala Dunia 2034 adalah stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Stadion ini, dinilai baru dalam daftar stadion di Indonesia, akan tetapi fasilitas dan kemegahannya mengantarkan stadion ini menjadi kategori yang direkomendasikan sebagai stadion di Piala Dunia 2034.

Stadion Bandung Lautan Api, sebagaimana namanya, terletak di  Desa Rancanumpang, kecamatan Gedebage, kota Bandung, Jawa Barat dan menjadi kandang dari klub Indonesia yaitu Persib Bandung . Kapasitas yang dapat di tampung oleh stadion ini adalah 38.000 penonton.

Awalnya stadion ini akan diresmikan pada tanggal 31 Desember 2012, akan tetapi karena kondisi stadion yang belum beres akibat terkendala bebrapa faktor seperti cuaca dan lain-lain, akhirnya baru diresmikan pada tanggal 10 Mei 2013.

GBLA adalah stadion kebanggan yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat.

Gelora Bung Tomo

gelora bung tomo
Gambar via detiknews.com

Stadion selanjutnya yang di sebutkan oleh media Foxport adalah Stadion Bung Tomo. Stadion ini terletak di kota Surabaya.

Stadion ini dibuka pada tanggal 6 agustus 2010. Sekarang keseluruhan olahraga yang berada di stadion ini sedang dibangun.

Stadion ini menjadi basis baru untuk klub indonesia, yaitu Persebaya Surabaya setelah sebelumnya menggunakan stadion Gelora 10 November.

Jenis rumput yang diggunakan oleh stadion ini adalah rumput Zoycia Matrella. Selain itu juga, Stadion Gelora Bung Tomo menggunakan lampus 1600 luks.

Stadion Bung Tomo menjadi salah satu stadion yang mendapatkan posisi kedua terbesar di Indonesia dalam menampung penonton. Kapasitas yang dapat ditampung oleh stadion ini adalah  55.00 penonton.

Dengan fasilitas dan kemegahan Stadion Bung Tomo, menjadikannya salah satu kategori layak menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.

Baca juga: Kiper terbaik sepanjang masa

Gelora Sriwijaya Stadium

gelora sriwijaya
Gambar via bolaskor.com

Terakhir, yang direkomendasikan oleh media Foxport adalah Stadion Gelora Sriwijaya.  Stadion ini terletak di kota palembang. Stadion Gelora Sriwijaya sering dikenal dengan Stadion Jakabaring.

Stadion Gelora Sriwijaya adalah stadion multifungsi ketiga di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran.

Stadion ini telah diakui menjadi salah satu stadion terbaik yang bertaraf Internasional. Kebanyakan dari fungsi Stadion ini adalah untuk bermain Sepak Bola.

Kapasitas yang dapat ditampung oleh stadion ini adalah 38.000-45.000  penonton dengan 4 tribun. Stadion Jakabaring pernah digunakan sebagai vanue dalam acara Asian Games 2018.

Asian Games 2018 di gelar di daerah jakarta-palembang, sehingga stadion Gelora Sriwijaya menjadi salah satu vanuenya.

Selain itu, stadion Jakabaring menjadi salah satu kandang klub Sriwijaya FC saat menjamu tamu dari klub lain.

Nah itulah dia 4 stadion yang telah direkomendasikan oleh salah satu media asing, yaitu Foxport untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2034. Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *