yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

10 Stadion Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

4 min read

stadium terbesar di dunia

Stadion Terbesar di Dunia – Salah satu cabang olahraga di dunia yang terkenal sampai saat ini adalah sepak bola.

Berbicara tentang sepak bola, tentu tidak akan lupa tentang tempatnya yang selalu di pakai untuk bermain sepak bola. Tempat bermain sepak bola disebut dengan stadion. 

Karena pada artikel sebelumnya telah membahas mengenai sepak bola keseluruhan. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai stadion terbesar di dunia.

Stadion Terbesar di Dunia

stadion terbesar di dunia, stadion terindah
gambar via unsplash.com

Ada sepuluh stadion terbesar yang akan remajaonline.com bahas pada artike kali ini. Diantaranya ;

NoNama StadionNegara
1Stadion Salt LakeIndia
2Nasional Bukit JalilMalaysia
3Stadion AztecaMeksiko
4Stadion AzadiIran
5Camp NouSpanyol
6JohannesburgAfrika Selatan
7Rose BowlAmerika Serikat
8Stadion WembleyInggris
9Stadion Utama Gelora Bung KarnoIndonesia
10Stadion Borg El ArabMesir

Stadion Salt Lake-India

Stadion Salt Lake-India, stadion termegah
gambar via amazing.zone

Stadion salt lake atau yang terkenal dengan sebutan nama stadioan Yuva Bharati Krirangan adalah stadion terbesar di dunia yang berada di India. Stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 120 ribu.

Tentu jumlah tersebut bukanlah jumlah yang sedikit. Bisa di lihat dalam gambar stadion di bawah ini ;

Stadion Salt Lake-India,stadion terbesar di dunia
gambar via korangratis.com

Nasional Bukit Jalil-Malaysia

stadion bukit jalil malaysia
gambar via goal.com

Malaysia memiliki stadion terbesar  di dunia yaitu stadion Nasional Bukit Jalil yang terletak di Kuala Lumpur.

Stadion ini mendapati posisi kedua karena pada tahun 1998 saat pertama kali dibuka dalam pertandingan, stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 110 ribu.

Stadion bukit jalil di bangun pada tahun 1995 oleh arsitek yang berasal dari malaysia. Stadion ini berhasil di selesaikan dalam kurun waktu 3 tahun, tepatnya pada tanggal 1 januari tahun 1998 yang pada tahun tersebut digunakan untuk Commonwealth Games.

Untuk stadionnya bisa di lihat di bawah ini ;

stadion bukit jalil malaysia, stadion terbesar di dunia
gambar via tribunnews.com

Stadion Azteca-Meksiko

Stadion Azteca-Meksiko, stadion terbesar di dunia
gambar via nydailynews.com

Stadion terbesar ketiga di dunia adalah stadion Azteca yang terletak di Mexico City, meksiko. Stadion ini mampu menampung penonton sebanyak 105.064 orang.

Penamaan azteca sendiri di kasih sebagai penghormatan kepada warisan Azteca. Pada tahun 1970 dan 1986 stadion ini pernah di pakai buat final Piala Dunia. Stadion ini pernah mengukir 3 momen bersejarah dunia dalam sepak bola.

Momen bersejarah tersebut adalah saat jerman barat [3-4] berhasil di kalahkan oleh Italia saat ada tambahan waktu di salah satu pertandingan semifinal Piala Dunia yang di sebut dengan ‘Game of Century’.

Selain dari Game of Century, stadion ini juga menjadi saksi Hand of god goal dan Goal of Century oleh pemain Diego Maradona saat Argentina melawan Inggris pada perempat final Piala Duni tahun 1986.

Stadion Azadi-Iran

Stadion Azadi-Iran, stadion terbesar di dunia
gambar via teitter.com

Stadion terbesar ke empat di dunia berada di negara Iran. Stadion ini di bangun pada tahun 1970 karena pada tahun 1974 Iran menjadi tuan rumah Asian Games dan pada tahun 1976 menjadi tuan rumah AFC Asian Cup.

Nama stadion nya adalah  dan   mampu menampung 100 ribu penonton. Stadion ini adalah stadion utama dan menjadi kebanggan masyarakat iran.

Stadion ini berada di Azadi Sport Complex, sebagai markas Pesepolis FC dan Esteghlal FC, dan juga sebagai stadion timnas Iran.

Stadion Azadi memiliki desain yang berbeda dari yang lain, yaitu bisa mengeraskan suara di dalam stadion.

Artinya,  ketika sorakan suara penonton keras, maka akan bising dan akan mengganggu konsentrasi pemain, walaupun mereka dalam kondisi baik.  Akhirnya karena stadion ini bisa memberikan suara keras, maka sering di sebut dengan ‘most intimidating stadium in Asia’.

Gambar stadion nya bisa di lihat di bawah ;

Stadion Azadi-Iran
gambar via thestadiumbussiness.com

Camp Nou-Spanyol

Camp Nou, stadion terbesar
gambar via an.es.com

Mungkin tidak asing lagi bagi kita mendengar nama club Barcelona. Nah club barcelona ini memiliki stadion terbesar kelima di dunia yaitu stadion Camp Nou.

Stadion Camp Nou di bangun pada tahun 1957 dan  diperluas pada tahun 1982 sehingga jumlah penonton yang bisa ditampung oleh stadion ini adalah 99.786 orang.

Tetapi pada tahun 1986 penonton pernah berjumlah 120 ribu orang yang sampai memenuhi lapangan karena waktu itu Barcelona sedang bertanding melawan Juventus.

Selain itu, ternyata di dalam stadion  terdapat museum FC Barcelona yang dimana museum ini mendapati pengunjung terbanyak ke dua di dunia setelah museum Pocasseo yang sama berada di Spanyol. Jumlah setiap tahunnya adalah 1.2 juta pengunjung.

Stadion bisa di lihat di bawah ini ;

gambar via fcbarcelonasport.com

Johannesburg-Afrika Selatan

Johannesburg stadium
gambar via footage.framepool.com

Pada tahun 2010, Afrika Selatan pernah menjadi tuan rumah piala dunia. Stadion yang dipakai adalah stadion First National Bank [ FNB ] terletak di Johannesburg, Afrika Selatan. Kapasitas penontonnya sekitar 94.736 orang.

Tepat sebulan sebelum Piala Dunia 2010 berlangsung, stadion ini berubah nama menjadi  Soccer City. Karena FIFA menolak nama First National Bank [ FNB ] pada stadion itu yang dimana nama tersebut tertuju pada nama sponsor. 

Soccer City adalah tempat pertama pidato Nelson Mandela setelah keluar dari penjara pada tahun 1990 dan juga tempat terakhirnya muncul di publik sebelum meninggal dunia. Soccer City juga menjadi tempat club Kaizerchiefs.

Stadionnya bisa dilihat di bawah ini ;

Johannesburg stadium
gambar via footage.famepool.com

Rose Bowl-Amerika Serikat

rose bowl stadium, stadium termegah di dunia
gambar via visitpesadana.com

Amerika Serikat memiliki stadion legendaris. Stadion ini bernama Rose Bowl yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1994.

Kapasitas yang bisa ditampung oleh stadion ini adalah 94 ribu penonton. Bisa dilihat stadion nya di bawah ini ;

Stadion Wembley-Inggris

wembley stadium
gambar via orangesmile.com

Ketika mengadakan kompetisi liga Eropa, stadion yang di pakai adalah Stadion Wembley. Stadion ini menepati posisi ke 8 dalam stadion terbesar di dunia.

Stadion ini terletak di London Borought of Bent yang dapat menampung 90 ribu penonton. Sekarang Stadion Wembley menjadi stadion terbesar kedua di Eropa.

Stadion Wembley adalah rumah untuk club Tottenham Hotspur dan markas timnas inggris sampai tahun 2018. Dalam stadion ini terdapat 2618 toilet dan menjadi vanue toilet terbanyak di dunia.

Selain dipakai untuk olahraga, Stadion Wembley juga sering dipakai konser dunia. Artis yang pernah mengisi pada konser ini adalah Ed shareen, One Direction, Adele, Beyonce, dan banyak lagi artis lain yang pernah mengisi konser di stadion ini.

Stadion Utama Gelora Bung Karno-Indonesia

gbk
gambar via damniloveindonesia.com

Salah satu kebanggaan orang indonesia dan tentunya saya sendiri adalah orang yang mengagumi stadion ini, karena saya adalah orang indonesia.

Stadion Utama Gelora Bung Karno atau [ GBK ] adalah stadion terbesar ke sembilan di dunia. Stadion GBK dibangun pada tahun 1962 di jakarta ibu kota Indonesia.

Stadion ini dapat menampung 88.083 penonton, dan stadion ini sering dijadikan vanue kalau Coldplay konser di Jakarta.

Selain itu, stadion ini sering di datangi klub-klub ternama di dunia seperti Roma [ 2015 ], Juventus [2014], Liverpool [2013], Chelsea [ 2013], dan Arsenal [ 2013].

Dan prestasi yang luar biasa adalah GBK menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan AFC U-19 Championship pada tahun 2018 serta stadion satu-satunya yang berstandard International di indonesia.

Stadion Borg El Arab-Mesir

Stadion Borg El Arab-Mesir
gambar via damniloveindonesia.com

Stadion terbesar ke sepuluh dan ini juga adalah stadion terbesar terakhir yang akan di bahas pada artikel kali ini. Stadion Borg El Arab adalah stadion yang berada di Mesir.

Stadion ini di buka pada tahun 2007 dan dapat menampung 86 ribu penonton. Stadion Borg El Arab adalah stadion terbesar kedua di benua Afrika.

Nah itulah dia 10 stadion terbesar di dunia yang bisa remajaonline.com sampaikan.

Alhmdulillah ternyata indonesia masuk sembilan besar dunia. Mudah-mudahan dengan adanya posisi ini, bukan hanya stadion nya saja yang mendunia, tapi juga pemainnya  menjadi pemain kelas internasional.

yusup boy Seorang penghafal Quran asal Garut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *