stadion termegah di dunia

Stadion Termegah Di Dunia

Stadion Termegah di Dunia – Cabang olahraga yang paling terkenal di dunia adalah sepakbola, karena olahraga ini banyak di gemari dari berbagai aspek. Seperti pemain, klub, pelatih, dan penggemar.

Selain dari keempat aspek tersebu, ada satu aspek yang tidak boleh kita lupakan, yaitu Stadion.

Yang membuat para pemain semangat di lapangan saat menjalani pertandingan salah satunya adalah atmosfer penonton di stadion.

Semakin banyak pendukung di stadion, maka semakin semangat dalam menjalani pertandingan.

Oleh karena itu stadion menjadi penentu dalam permainan ini, karena banyaknya penonton bisa di lihat dengan luasnya stadion.

Selain dari luasnya stadion, juga kemegahan lapangan menjadi penentu bayaknya penonton yang hadir di tempat tersebut.

Inilah 30 Stadion Sepak Bola Termegah Di Dunia

stadion termegah di dunia
Gambar via extrajossbar.com

Oleh karena itu disini remajaonline.com akan membahas 30 stadion termegah di dunia.

1. Millenium Stadium ; Cardiff, Wales

Millenium Stadium, stadion termegah di dunia
gambar via itv.com

Stadion termegah di dunia yang pertama akan di bahas adalah Stadion Wales atau Millenium Stadion yang berada di Cardif. Pada tahun 1999 stadion ini telah di buka dengan pembangunan menelan biaya 121 juta pound. Kapasitas yang bisa di tampaung adalah 74.500 orang.

Stadion Wales memilki fasilitas terbaik, dimana atapnya bisa menutup dan membuka secara otomatis, stadion ini digunakan oleh timnas Nasional Rugby Wales dan juga kadang di gunakan oleh Timnas Sepak Bola Wales.

Pada tahun 2017 stadion ini pernah memiliki laga bergengsi saat final Champions antara Real Madrid kontra Juventus.

2. Parc des Princes ; Paris, Prancis

Parc des Princes stadium, stadium termegah di dunia
gambar via youtube.com

Pada tahun 2012 Qatar Sports Investments mengakuisisi Paris Saint-Germain sehingga mulai menunjukan kekuatannya dalam permianan sepak bola.

PSG berhasil mendatangkan pemain terkenal seperti Thiago Silva, Zlatan Ibrahimmovic, dan pada tahun 2017 PSG merekrut Kylian Mbappe dan Neymar.

Selain dari pemain terkenal PSG juga memiliki stadion megah yang di beri nama Parc des Princes, stadion ini dibangun pada tahun 1972 yang bisa menampung penonton 47.929 orang.

Untuk menambah kemegahan pada stadion Parc des Princes ini, stadion pernah di renovasi beberapa kali yaitu pada tahun 1998, 2014 dan terakir pada tahun 2016.

3. Stade Velodrome ; Marseille, Prancis

Stade Velodrome
gambar via stadion guide.com

Tidak masuk dalam Premier League, La Liga, atau Serie A, bukan berarti tidak memiliki stadion berkualitas. Salat satu klub yang masuk Kompetisi Ligue 1 yaitu Marseille, memiliki stadion termegah di prancis yaitu Velodrome Stadium.

Stadion Veledrome di bangun pada tahun 1937, dan beberapa kal direnovasi pada tahun 1984, 1998, dan 2004.

Stadion Velodrome dapat menampung 67.394 ribu penonton. Pada tahun 2017 stadion ini pernah di banjiri penonton saat Marseille menjamu Paris Saint-Germain.

Jumlah penonton yang hadir ketika itu mencapai 65.252 jiwa, hampir memenuhi stadion. Hingga saat ini stadion ini masih menjadi salah satu stadion termegah di dunia.

4. Signal Iduna Park ; Dortmund, Jerman

Signal Iduna Park
gambar via wikipedia.org

Salah satu stadion termegah di jerman yang masuk ke dalam jajaran stadion termegah di dunia adalah Signal Iduna Park, markasnya Borussia Dortmund. Pertama kali dibangun pada tahun 1971 dan selesai pada tahun 1974.

Kapasitas penonton untuk stadion ini lumayan besar, bisa mencapai 81.365 orang. Agar stadion ini tidak terkesan tua, maka Signal Iduna Park melakukan beberapa kali renovasi. Yaitu pada tahun 1992,1995,1999,2002-2003 dan terakhir adalah 2006.

5. Veltis Arena ; Gelsenkirchen, Jerman.

Veltins Arena, stadion termegah di dunia
gambar via shalke04.de

Selain dari stadion markasnya Dortmund, Bundesliga Schalke 04 juga memiliki stadion termegah di dunia.

Nama stadionnya adalah Veltins Arena yang mulai di bangun pada tahun 1998 dan tiga tahun kemudian, Veltins Arena resmi dibuka, tepatnya pada tahun 2001.

Stadion yang terletak di kota Gelsenkirchen, sebelum namanya Veltins Arena pada awalnya stadion ini bernama Arena Aufschalke.

Veltin Arena sering diigunakan laga kandang Schalke, tapi selain laga kandang juga pernah digunakan untuk pertandingan Piala Dunia 2006 sebanyak 5 kali pertandingan, termasuk laga perempat final.

Veltins Arena juga sering dikatakan sebagai salah satu stadion terbesar, kapasitasnya bisa menampung 62.482 orang [ apabila ada orang yang menonton sambil berdiri].

Dan daya tampung bisa mencapai 53.951 orang apabila semuanya duduk.

6. Olympia Stadion, Berlin, Jerman

Olympia Stadion, stadion termegah di dunia
gambar via meros.org

Masih di jerman, salah satu stadion tertua di jerman adalah Olympiastadion Berlin. Pada tahun 1934 stadion ini di bangun dan baru bisa di buka secara resmi pada tanggal 1 agustus 1936.

Olympiastadion dapat menampung 74.475 ribu penonton. Dan menjadi stadion termegah di dunia dengan beberapa kali renovasi.

Yaitu pada tahun 1974, 2000, dan 2004 sekaligus digunakan salah satu vanue pada pertandingan Piala Dunia pada tahun 2006, saat Piala Dunia diadakan di Jerman.

Pada tahun 1936 biaya pembangunan Olympiastadion mencapai 43 juta Reichstmark, dan pada tahun 2016 menjadi naik drastis menjadi 297 juta euro.

Olympiastadion sering dugunakan oleh timnas Jerman dan dijadikan markas Hertha BSC sejak 1963.

7. Allianz Arena ; Munchen, Jerman

Allianz Arena
gambar via thinglink.com

Tidak heran apabila stadion sepak bola satu ini masuk ke dalam deretan stadion termegah di dunia, sebab memiliki kapasitas yang besar.

Pada tahun 2002 Allianz Arena mulai di bangun, kemudian pada tahun 2005 kurang lebih 3 tahun dari mulai pembangunan stadion ini resmi di buka.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun Aliianz Arena adalah 340 juta euro dengan kapasitas penonton 66 ribu orang.

Dalam pembangunan nya Allianz Arena di bantu oleh Frottmaning dari segi dana untuk daerah sekitar stadion dan perbaikan infrastruktur.

Allianz Arena menjadi markas besar Bundesliga, Bayern Munchen dan juga digunakan oleh TSV 1860 Munchen.

8. Emirates Stadium ; London, Inggris

Emirates Stadium, stadion termegah d dunia
gambar via populous.com

Pada tahun 2016 Arsenal memutuskan untuk pindah ke kandang Emirates Stadium dan meninggalkan Highbury. Kurang lebih 430 juta poundsterling yang dikeluarkan untuk membangun Emirates Stadium.

Dengan uang sebsar itu, Emirates Stadium dapat menampung penonton sebanyak 60.355 kursi dan markas stadion arsenal ini menjadi stadion terbesar kedua di inggris setelah Old Trafford.

Sehingga dengan kapasitas tersebut, stadion ini menjadi salah satu satadion termegah yang ada di Inggris dan dunia

9. Wembley Stadium ; London, Inggris

Wembley Stadium, stadion termegah di dunia
gambar via sportnet.ca

Bagi para penggemar sepak bola tidak asing lagi dengan stadion yang satu ini. Pada tahun 2003 Wembley Stadium dibangun dengan menghabiskan uang sekitar 798 juta poundsterling. Dan pada tahun 20017 Wembley resmi di buka.

Stadion ini selalu digunakan untuk menggelar pertandingan penting seperti semifinal dan final League Cup dan FA Cup dan juga stadion ini digunakan untuk markas tim nasional Inggris.

Walaupun stadion ini sering digunakan untuk olahraga sepakbola, tapi terkadang digunakan untuk pertandingan rugby,karena kapasitas stadion yang dimiliki Wembley dapat menacapi 90 ribu orang.

Mengingat White Hart Lane sedang direnovasi, maka untuk sementara Wembley digunakan sebagai markas Tottenham Hotspur.

10. Old Trafford ; Manchester, Inggris

Old Trafford
gambar via stadiumguide.com

Tentu tidak asing lagi dengan klub Manchester United. Karena klubnya juga legendaris tentu mereka memiliki stadion terbaik juga sebagai salah satu klub yang tua.

Old Trafford adalah markas stadion Manchester United, dibangun pada taun 1909 dengan kapasitas penonton 74.994 orang. pada tanggal 19 februari tahun 1910 Old Trafford resmi di buka.

Sebagai stadion terbesar di Inggris dan juga banyaknya pendukung, Manchester Unted memberikan persembahan terbaik untuk pendukungnya dengan mendapatkan tiga trofi Champions League, lima League Cup, 12 FA Cup, dan 20 trofi Premier League

11. Anfield ; Liverpool, Inggris

Anfield stadium
gambar via liverpoolfchk.com

Selain dari Wembley, Old Traffied, Anfield juga terkenal dengan salah satu stadion terbaik di dunia.

Pada tahun 1884 Anfield mulai di bangun dengan kapasitas yang bisa ditampung adalah 54 ribu penonton. Anfield juga termasuk stadion terbesar di Inggris.

Anfield adalah markasnya Liverpool pada tahun 1892 sampai sekarang, sebelum Liverpool, everton juga pernah menggunakan stadion ini.

Yaitu ketika tahun 1884-1892. Setelah itu Everton atau yang sering di sebut The Toffees lebih memilih pindah ke Goodison Park.

12. Beijing Olympic Stadium ; Beijing, Tiongok

gambar via arup.com

Sarang burung, begitulah nama familiar di luar Tiongkok untuk sebutan Beijing Olympic Stadium, karen stadion ini di naungi oleh kaki-kaki besi yang menyerupai sarang seekor burung.

Stadion ibu kota Tiongkok mulai di bangun pada tahun 2003 sampai 2007 dengan memakan waktu yang cukup lama yaitu empat tahun. Lalu pada tahun 2008 stadion ini di buka dan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun stadion ini adalah 331 juta dollar, makanya tidak heran fasilitas yang dimilikinya super modern. Selain itu, daya tampung yang bisa di isi adalah 80.000 penonton.

13. National Stadium ; Singapura

Nah kita sekarang beralih ke singapura, National Stadium di bangun pada tahun 2014 dengan waktu yang cukup lama sekitar 4 tahun.

Stadion ini dapat menampung 55.000 kursi atau penonton. Sebelumnya stadion ini adalah pengganti stadion lama yang ditutup pada tahun 2007 lalu dibangun kembali dengan nama yang sama.

Walaupun stadion ini bukanlah stadion terbesar di asia tenggara, namun stadion ini merupakan stadion termegah.

Atap dari stadion ini bisa ditutup dan dibuka secara otomatis, dan bisa di bilang bahwa stadion National Singapura adan stadion berteknologi canggih.

14. Santiago Bernabeu ; Madrid, Spanyol

Salah satu rival abadi Barcelona adalah Real Madrid, tidak jauh berbeda dari keduanya. Mereka adalah klub besar di dunia.

Dalam persepakbolaan Eropa dan Spanyol akhir-akhir ini keduanya mendominasi menjadi klub yang berdaya saing kuat. Bahkan sejak musim 2015-2016 Sergio Ramos berhasil memenangkan Champions League.

Selain persaingan yang ketat, Madrid juga memiliki stadion yang megah yang bernama Santiago Bernabeu dengan kapasitas penonton 80 ribu orang per setiap pertandingan.

Santiago Bernabeu bermarkas di madrid dan menjadi kandang Real Madid.

15. Camp Nou ; Barcelona, Spanyol

Salah satu tim yang di segani di Spanyol dan Eropa adalah Barcelona, sebagaimana yang telah saya bahas di atas bahwa rival abadi Barcelona adalah Real Madrid.

Barcelona memiliki banyak prestasi, termasuk di akhir musim 2017-2018 dimana saat liga La Liga dan Copa de Rey Barcelona berhasil meraih prestasi.

Selain prestasi yang didapatkan oleh Barcelona, ternyata Barca juga memiliki stadion termegah di dunia.

Stadion ini memiliki musium di dalamnya dan dapat menampung penonton sebanyak 99 ribu orang. stadion ini bernama Camp Nou.

16. FNB Stadium ; Johannesburg, Afrika Selatan

FNB atau [ Fisrt National Bank ] stadium adalah stadion yang menjadi markas dari klub papan atas Afrika Selatan, Kaizer’s Chief. Stadion ini terletak di daerah Nasrec, Johannesburg, Afrika Selatan.

Pada tahun 1989 FNB mulai dibangun dan pada tahun 2009 stadion ini mulai melakukan renovasi besar-besaran untuk mempersiapkan Piala Dunia 2010.

Karena melakukan renovasi dan eksapnsi, akhirnya kapasitas stadion menjadi kurang yang awalnya 94.000 kursi menjadi 84.000 kursi.

Walaupun mengurangi kapasitas kursi, tetap saja FNB menjadi stadion terbesar di Afrika Selatan. Biaya pembangunan yang dikeluarkan saat merenovasi Stadion FNB adalah 440 juta dolar Amerika Serikat.

17. Giuseppe Meazza/ San Siro ; Milan, Italia

Milan memiliki 2 klub papan atas yang ada di Italia. Kalaulah klubnya terkenal, maka stadion nya juga pasti stadion yang megah dan besar.

Rival yang selalu ada di Milan ini adalah AC Milan dan Inter Milan. Nama stadion yang selalu di jadikan markas oleh mereka adalah San Siro atau Giuseppe Meazza.

Kapasitas yang dimiliki oleh stadion ini tergolong kapasitas yang paling banyak,yaitu 80 ribu kursi.

Pada tahun 1925 stadion ini mulai dibangun dan mengalami beberapa kali renovasi agar stadion terkesan menarik dan indah, yaitu pada tahun 1935, 1955, 1990 dan terakhir direnovasi pada tahun 2015-2016 tepat di akhir musim.

18. Estadio La Luz ; Lisbon, Portugal

Untuk selanjutnya kita beralih ke Portugal. Portugal memiliki salah klub dengan stadion yang megah, yaitu Benfica.

Nama stadionya adalah Estadio La Luz dan pada tanggal 25 Oktober 2003 Estadio La Luz resmi di buka. Biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan stadion ini adalah 162 juta euro.

Daya tampung yang dimiliki Estadio La Luz adalah 64.6432, dan ini cukup besar untuk stadion di Portugal.

19. Estadio Do Dragao ; Porto, Portugal

Pada tahun 2003 Estadio Do Dragao mulai dibuka, dimana daya tampung penontonnya adalah 50 ribu orang.

Saat menjamu Barcelona FC dalam kompetisi Champions League lapang Estadio Do Dragao mendapatkan rekor penonton terbanyak pada tahun 2003.

Biaya pembangunan yang dikeluarkan untuk Stadion Estadio Do Dragao adalah 125 juta euro.

20. Johan Cruijff Arena [ Amsterdam Arena ] ; Amsterdam, Belanda.

Pada tahun 1993 Amsterdam Arena atau Johan Cruijff mulai dibangun, dan selesai pada tahun 1996, kurang lebih 3 tahun.

Stadion ini mengalami beberapa kali renovasi, sehingga daya tampung penonton pada stadion ini adalah 55 ribu kursi.

Salah satu klub legendaris Eredivisie, Ajax Amsterdam dan juga tim nasional Belanda menjadikan Stadion Johan Crudijff sebagai markasnya.

Dan selain digunakan untuk pertandingan sepak bola, Stadion ini juga sering dipakai untuk mengadakan konser musisi-musisi ternama di dunia.

21. Vodafone Park ; Istambul, Turki

Walaupun kapastias stadion Vodafone Park 41.000 kursi sehingga berada di posisi ke-7 stadion terbesar di turki, tapi Vodafone Park memiliki bentuk bangunan yang indah dan modern di bandingkan yang laiinya.

Pada tahun 2016 Vodafone Park dibangun. Stadion ini adalah stadion terbaru kedua di Turki, sedangkan yang paling baru di bangun adalah Medical Park Arena Cebeci, markas Trabzonpor, pada tahun 2017 baru di bangun.

Stadion Medical Park Arena Cebeci berada di tepi sela Bosphorus, dan ini menjadi markasnya turki, Besiktas.

22. Aviva Stadium ; Dublin, Irlandia

Salah satu stadion terbaik di Irlandia adalah Aviva Stadium, pada tahun 2017 sampai 2010 Aviva Stadium mulai di bangun.

Daya tampung yang dimiliki stadion ini mencapai 51.700 penonton. Biaya yang dikeluarkan adalah 410 juta euro.

Selain digunakan untuk rugby dan sepakbola, konser musik jug sering diadakan di stadion ini. Dan khusus untuk konser, daya tampung penonton itu di tambahn menjadi 65 ribu orang.

23. Luchniki Stadium ; Moskow,Rusia

Bagi para penggemar sepak bola tidak asing lagi dengan stadion Luzniki Stadium. Stadion ini dapat menampung 81 ribu orang dan selalu dijadikan tempat atau vanue acara-acara penting, seperti Champions League.

Pada final Piala Dunia 2018, stadion yang dipakai adalah Luzniki Stadium. Dan untuk sehari-hari, Luzniki Stadium di gunakan sebagai markas CSKA Moscow dan tim nasional Rusia.

24. Gelora Bung Karno ; Jakarta, Indonesia

Pada tahun 1960 stadion Gelora Bung Karno mulai di bangun dana pada tahun 1962 stadion ini mulai resmi di buka.

Lokasinya terletak di jakarta, ibu kota Indonesia. Biaya yang dikeluarkan untuk membangun stadion ini adalah 12.5 juta dollar.

Setiap kali stadion GBK di renovasi, uniknya kapasitas penonton selalu berubah pada tahun 1962 saat awal dibuka kapasitasnya mencapai 110.000 kursi.

Lalu pada tahun 2006 kapasitasnya menjadi 88.000 kursi dan pada tahun 2016 hingga saat ini kapasitasnya mencapai 77.000 kursi.

Sebagai stadion terbesa ketiga di asia tenggara dan kesatu di Indonesia, akhirnya GBK menjadi tempat datangny tamu Klub papan atas di dunia seperti AS Roma, Chelsi, Arsenal, Juventus, Bayern Munchen, Liverpool, dan Borussia Dortmund.

25. Mercedes-Benz Stadium ; Atalanta, Amerika Serikat

Amerikat serikat memiliki stadion yang terkenal buka, karena kapasitasnya melainkan karena kemegahan nya. Mercedes-Benz adalah stadion yang terkenal dengan kemegahannya karena fasilitas yang dimilikinya begitu modern.

Stadion masrkas Atalanta United FC ini memiliki kapasitas penonton 71.000 kursi.

Pada tahun 2017 satdion ini mulai di bangun dengan mengeluarkan biaya sebesar 1,6 milyar dollar.

Di Amerika Serikat bahkan di Dunia stadion ini terkenal sebagai staion yang paling mordern. Bukti kemegahan stadion ini adalah atapnya yang membentuk kubah bisa membuka dan menutup otomatis.

26. Stadion 1 Mei Rungrado ; Pyongyang, Korea Utara

Stadion 1 Mei Rungrado berlokasi di ibuka Pyunyang, nama yang di ambil untuk stadion ini adalah karena bangunan stadionya berda di pulau Rungra di tengah sungai Taedong.

Sedangkan 1 Mei berkaitan dengan peringatan yang signifikan bagi negara komunis yaitu hari buruh.

Stadion 1 Mei Rungrado adalah stadion terbesar di dunia yang kapasitasnya mencapai 114.000 kursi.

Hanya stadion Michigan yang berasal dari Amerika Serikat yang bisa mendekatinya dengan kapasitas yang dimiliki stadion ini adalah 107.601 kursi.

Pada tahun 1989 stadion ini mulai di bangun, namun hanya sedikit informasi yag bisa di dapat dari sejarah stadion ini. Pada umumnya staion ini digunakan oleh Tim Nasional Korea Utara.

Akan tetap dengan kapasitas sebesar itu, stadion ini cukup pantas untuk dimasukan ke dalam daftar stadion termegah di dunia.

27. Maracana Stadium ; Rio de Janeiro, Brasil

Salah satu stadion yang paling populer di Brasil adalah Maracana Stadion, berlokasidi Rio de Janeiro. Stadion ini digunakan sebagai markas Kleb Liga Super Brasil,Fluminese . Stadion ini berdiri sejak 1950.

Pada awalnya Maracana Stadium dapat menampung penonton sebanyak 150.000 kursi, tapi karena beberapa kali di renovasi akhirnya stadion ini hanya bisa menampung penonton sebanyak 78.800 kursi.

Karena Maracana Stadium adalah stadion termegah di Brasil, banyak acara bergengsi yang selalu di adakan di staion ini, seperti pada tahun 2014 final Piala Dunia dan pada 2016 saat penutupan Olimpiade Musim panas diadakan di stadion ini.

28. Yankee Stadium ; New York, Amerika

Yankee Stadium adalah stadion yang berada di New York, digunakan sebagai markas dari klub MLS.

New York City FC yang juga di kenal sebagai markas besar MLB [ Major League Baseball ]. Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 47.000 orang.

Pada tahun 2009 Yankee Stadium mulai di buka ke publik, stadion ini menggantikan stadion lama New York, Macombs Dam Park.

Biaya pembangunannya cukup mahal, yaitu 2,3 milyar dollar. Stadion ini menjadi salah satu stadion termahal di dunia.

29. Estadio Azteca ; Mexico City, Meksiko

Stadion termegah di dunia ini merupakan salah satu stadion terbesar di Mexico adalah Estadio Azteca, dimana daya tampung yang dimilikinya adalah 87.000 kursi.

Stadion ini digunakan sebagai markas Klub Liga MX, Club America dan juga sebagai ikonik di dunia.

Karena stadion ini sangat populer di dunia, akhirnya stadion inilah yang mendapatkan 2 kegiatan besar di dunia yaitu final Piala Dunia pada tahun 1970 dan 1986.

Dan di saat ini momen yang tidak bisa di lupakan yaitu saat Mradona memasukan golnya ke gawang Inggris dengan tangan tanpa dilihat oleh wasit atau yang disebut dengan ‘Tangan Tuhan’.

Pada tahun 1966 stadion ini resmi di buka dan menjadi tempat perlehatan Olimpiade Musim Panas pada tahun 1968.

30. La Bombonera ; Buenos Aires, Argentina

Salah satu stadion yang paling populer di Amerika Selatan adalah La Bombonera, markasnya Boca Juniors.

Stadion ini tidak terkenal dengan daya tampung penontonya, karena daya tampungnya hanya 49.000 ursi, tapi kala Boca bertanding di La Bombonera inilah yang menjadi terkenal karena memberikan atmosfer intimidatif.

Stadion ini salah satu stadion yang di bilang udah tua, yaitu didirikan pada tahun 1940 . Akan tetapi meskipun begitu tetap saja stadion ini nampak mewah dan megah, maka sangat layak masuk ke dalam deretan stadion termegah di dunia.

Nah itulah dia 30 stadion termegah di dunia yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. mudah-mudahan artikel ini bisa membantu menambah wawasan anda.

Leave a Reply