tim bola basket indonesia
Bola Basket

Tim Bola Basket Indonesia

Tim Bola Basket Indonesia – Saat ini bola basket menjadi salah satu olahraga yang banyak di gemari masyarakat. Sehingga banyak sekali daerah yang membuat tim bola basket guna mengikuti kompetisi-kompetisi yang ada di Indonesia.

Seperti halnya sepak bola, tim yang di bahas adalah tim yang masuk dalam liga Indonesia. Begitu juga dengan bola basket.

Team bola basket yang akan di bahas pada artikel kali adalah adalah tim yang masuk dalam IBL [ Indonesia Basketball Leauge ] Salary.

Ketika kita menyaksikan sepak bola, maka muncul pemain-pemain bintang yang bayak di gemari masyarakat. Begitu juga dengan bola basket, olahraga ini banyak memunculkan pemain-pemain terbaik yang menjadi idola masyarakat.

Ketika pemain itu memberikan skill yang luar biasa. Tentu mereka bermain untuk tim kesayangan mereka. Atau tim dimana mereka bisa bermain bola basket.

Nah di bawah ini adalah nama-nama tim bola basket profesional yang ada di Indoensia.

Tim Bola Basket Indonesia

Perlu kita ketahui, bahwa banyak nama-nama atau tim bola basket yang sudah berdiri di Indoensia. Akan tetapi pada artikel kali ini saya membatasi pada tim yang sudah masuk ke IBL.

Klub yang masuk dalam IBL basketball league. Sudah pasti menjadi klub profesional yang pemainnya tidak bisa di ragukan lagi. Mari kita langsung masuk ke nama-nama tim bola basket.

  1. Satria Muda Pertamina

indonesia basketball league draft
Sumber : jogja.tribunnews.com

Tim bola basket pertama yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah Satria Muda Pertamina. Ia adalah salah satu klub yang ada di Indoensia yang masuk ke dalam IBL dengan basis di Jakarta.

Klub ini adalah klub profesional yang banyak melahirkan pemain-pemain terbaik untuk Indonesia. Pemilik dari klub Satria Muda indonesia atau Pertamina adalah Erick Thohir.

Sebelum namanya Pertamina, tim bola basket ini bernama Satria Muda Mahaka. Nama mahaka sendiri di ambil dari nama yayasan sponsor pertama untuk tim bola basket Satria Muda.

Satria Muda pertama kali mengikuti turnamen pada tahun 1993. Ketika itu nama IBL masih di sebut Kobatama.

Lima tahun kemudian setelah kemunculan pertamanya dalam liga bola basket Indoensia, Satria Muda Mahaka memenangkan juara untuk pertama kalinya.

Kemudian pada tahun 2003, Satria Muda masuk dalam Indonesi Basketball league [IBL]. Setelah masuk dalam IBL, sponsor baru dari Bank Rakyat Indonesia yang bernama BritAma menajdi sonsor utama dalam tim ini.

Nah setelah masuknya sponsor ini, tim bola basket ini berubah nama menjadi Satria Muda BritAma.

Setelah kesuksesannya dalam bermain basket. Muncul sponsor baru dari Pertamina pada tahun 2015. Sehingga, sekarang nama klub tersebut adalah Satria Muda Pertamina. Nama tersebut di ganti setelah Pertamina menjadi sponsor utama.

Prestasi

Klub ini menjadi salah satu klub yang diburu sponsor karena ia telah memenangkan beberapa pertandingan bola basket. Satria Muda pernah memenangkan gelar domestik pada tahun 2004,2006,2008 dan terakhir 2009.

Dan pada tahun 2008. Satria muda memenangkan piala SEABA Champions setelah tim ini menang dari Harbour Cneter Batang Pier dan Asean Basket Powerhouse Filipina.

Pada tahun 2006, Satria Muda juga memenangkan turnamen Liga Bola Basket Indonesia atau IBL. Dan pada tahun yang sama, tim ini memenangkan juara ke dua untuk Kompetisi Bola Basket Sister City di Jakarta.

Ketika itu, mereka bermain di kandang utama mereka di BritAma Arena.  Letaknya di Mahaka Square di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Lapangan ini mampu menampung penonton sebanyak 7000 orang.

Pada tahun 2006 juga. Satria Muda kembali mendapatkan juara di IBL setelah ia menang dari tim Aspac Putra Riau dengan skor 2-0 di final. Format game ketika itu menggunakan sistem the best of three.

Karena tim bola basket ini kuat. Sehingga beberapa pemain dari tim ini melahirkan pemain-pemain yang membela negara Indonesia. Atau bisa kita katakan dengan tim nasional Indonesia untuk bola basket.

Nama-nama pemain Satria Muda yang pernah masuk ke timnas Indonesia adalah Amin Prihantono, Wendha Wijaya, Faisal Julius Achmad, Wendha Wijaya, Dwui Eriano, Rony Gunawan, Wahyu Widayat Jati, Denny Sumargo dan Youbel Sondakh.

  1. Pelita Jaya EMP

indonesia patriot basketball
Sumber : iblindonesia.com

Salah satu klub yang masuk dalam IBL Indonesia dalah Pelita Jaya EMP. Ia adalah tim bola basket indonesia yang bermain dengan profesional.

Tim pelita jaya berbasis di Jakarta seperti Satria Muda Pertamina. Kurang lebih tiga kali tim ini menang dalam kejuaraan Nasional Indonesia atau IBL, selama karirnya 25 tahun dalam mengikuti kompetisi.

Ketika Pelita Jaya EMP di pegang oleh Manajemen yang baru. Ketika itu pula prestinya terus naik dan melonjak tim ini di pegang oleh menajemen baru kurang lebih lima tahun.

Jadi dalam kurung waktu lima tahun ke belakang, tim bola basket Pelita Jaya terus mengalami peningkatan.

  1. Aspac

indonesia ibl wiki
Sumber : mainbasket.com

Klub bola basket selanjutnya pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Klub bola basket profesional ini bernama W88 news aspac atau sering di sebut stapac. Ia adalah salah satu klub yang masuk dalam IBL Indonesia yang berasal dari Jakarta.

Nama klub ini sudah dikenal oleh para penggemar bola basket. Pertama klai di dirikan pada tahun 1986. Dalam setiap laganya di kompetisi yang diadakan di Indonesia, Aspac selalu menjadi perhatian setiap orang. Terbukti sejak tahun 1987, klub ini telah menjaga tradisi masuk putaran final four sampai sekarang.

Dengan adanya prestasi tersebut, jelas bahwa aspac adalah team bola basket kuat yang sulit dikalahkan oleh klub-klub yang lain.

Prestasi

Untuk tingkat Nasional

Pada tahun 2000 sampai 2002 Aspac menjadi juara Kobatama dengan Three Point. Kemudia pada tahun 2003 sampai 2005, Aspac menjadi juara IBL Indonesia. Pada tahun 2012 sampai tahun 2013, Aspac kembali menjadi juara IBL Indonesia.

Untuk Tingkat Internasional

  • 1996

Tim aspac pernah menjuarai SEABA atau asean basketball league di Surabaya. Kemudian di susul dengan Piala Merlion di Singapura. Dan pada piala ABC Championship di Manila, Aspac masuk peringkat ke lima.

  • 1997

Pada kompetisi ABC Championship di jakarta, aspak mendapatkan peringkat ke tiga.

  • 2001

Aspac kembali menjadi juara Runner UP untuk kompetisi SEABA, di Manila.

  • 2003

Aspac telah menjuarai Sister City Piala Angsapura di daerah Medan. Dan Mendapatkan peringkat ke lima di ABC Championship yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

  • 2004

Pada tahun ini Aspac masuk dalam Semifinal di Kompetisi Negeri Sembilan, Malaysia Cup

  • 2006

Pada tahun ini Aspac mendapatkan juara atau peringkat ke tiga dalam kompetisi Sister City Basketball Tournament

  1. Muba Hangtuah

satria muda bus
Sumber : nblindonesia.com

Ketika kita membaca nama dari klub di atas. Tentu kita sudah mengetahui dari mana asal Klub Muba Hangtuah. Klub basket profesional selanjutnya dalah Muba Hangtuah yang berasal dari Sumatra Selatan.

Nama tim basket indonesia ini emang terbilang yang unik, karena memiliki sejarahnya.

Nama Muba dari tim basket ini diambil dari asal daerah Sumatra Selatan. Muba Hangtuah adalah Klub Bola Basket yang masuk dalam IBL yang berbasis di Pelmbang, Sumatra Selatan.

Klub basket yang masuk dalam Liga Bola Basket Indonesia ini didirikan pada tahun 1995.

Awal berdirinya tim ini adalah hasil dari kerja sama antara Pemkab Muba [Musi Banyuasin], pengurus Provinsi Perbasi Sumsel dan Yayasan Hangtuah Indonesia. Sehinga nama klub ini adalah Muba Hangtuah.

Muba Hangtuah adalah klub bola basket yang di bina dan dibentuk atas inisiatif H. Alex Noerdin yang ketika itu masih menjabat sebagai Bupati Muba. Nama tersebut juga di beri oleh beliau.

Klub basket yang ketika itu membawa nama Muba untuk bertanding di Liga Bola Basket Indoensia dan daerah Sumsel khususnya. Kemudian berubah menjadi Hang Tuah Sumsel Indonesia Muda [ Hang Tuah Sumsel IM ].

Baru kemudian diganti kembali menjadi Hang Tuah Sumsel atau HTS saat masuk dalam pertandingan IBL tahun 2016.

Inilah dia beberapa pemain yang berhasil menjadi pemain profesional dari klub basket. Ada Chandra Nurhadi, Hapsak Merdeka Putra, Adhitiya Tuhangono, Roberto Santo Yunarto dan masih banyak lagi pemain profesional lainnya.

Hangtuah Sumsel atau HTS kini di latih oeh Paul Mario Sanggor.

  1. CLS Knights

tim bola basket indonesia terbaik
Sumber : suara.com

Untuk klub selanjutnya yang tergabung dalam IBL indonesia atau Liga Bola Basket Indonesia adaah CLS Knights. Nama ini dulunya adalah CLS Good Day dan CLS singkatan dari Cahaya Lestari Surabaya.

CLS Knights adalah Klub bola basket yang berbasis di Surabaya. Sebelumnya CLS di dukung oleh sponsor utama Good Day. Sehingga nama klub ini adalah CLS Good Day. CLS kemudian mengganti nama menjadi CLS Knights pada tahun 2008.

CLS memiliki Manajer Ming Sudarmono dan pelatih Hendro Wibisomo pada kompetisi IBL 2007. Saat itu nama klubnya adalah CLS Good Day.

Pemain andalan dari klub CLS ini adalah Agustinus Indrajaya dan Charly Affandi. Kemudian Simon Wong menjadi pelatih CLS pada tahun 2008.

Dari hasil pelatihannya tersebut, CLS melahirkan rookie terbanyak diantara klub-klub yang lain di IBL ketika itu. Rookie yang dihasilkan dari klub ini sebanyak tujuh orang.

  1. JNE Bandung Utama

Untuk Klub selanjutnya yang masuk dalam IBL Indonesia adalah JNE Bandung Utama. Klub Bola basket ini berasal dari Bandung, Jawa Barat Indonesia. Klub ini baru masuk dalam IBL Indonesia.

  1. Pasific Caesar Surabaya

Untuk tim bola basket yang masuk dalam Liga Bola Baske Indonesia atau IBL kali ini adalah Pasipic Caesar Surabaya. Ia adalah tim bola basket yang berasal dari Surabaya.

Klub ini bergabung dengan NBL Indonesia pada tahun 2011-2012.

  1. Garuda Bandung

Garuda Bandung adalah salah satu klub bola basket profesional yang masuk dalam kompetisi IBL Indonesia. Klub ini didirikan pada tahun 1991 oleh Llian Wijaya.

Klub basket ini telah masuk dalam divisi tertinding Perbasi sejak 1994. Sejak tahun 1994, Garuda Bandungtelah menjadi langganan babak final.

Tim ini telah memasuki babak final kurang lebih tujuh kali. Selama masuk babak final, tim ini telah meraih tiga kali gelar juara pada tahun 1994,1997, dan 1998.

Dan Garuda juga telah masuk menjadi Runer up 4 kali pada tahun 1995, 1996, 2000 dan terakhir 2008.

Klub ini juga telah mengalami beberapa perubahan nama yang disebabkan oleh sponsor sejak tahun 1994. Mulai dari Headtex Indosyntec, lalu menjadi Pansia Indosyntec, lalu Panasia Senatama, Garuda Bandung, dan terakhir menjai Garuda Flexi Bandung.

Sebenarnya masih ada tim-tim yang lain yang belum di masukan dalam artikel kali ini. Akan tetapi, nama dari klub tersebut selalu diganti dan kadang ikut kadang juga tidak.

Nah itulah dia indonesian basketball league teams yang bisa di bahas pada artikel kali ini. Semoga bisa memberikan manfat dan bisa mendapatkan infoermasi yang anda inginkan.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *