ukuran dan gambar lapangan bola voli
Bola Voli

Ukuran dan Gambar Lapangan Bola Voli

Ukuran dan Gambar Lapangan – Ketika kita mendengar sebuah permainan bola voli. Tentu yang dipikirkan kita adalah sebuah cabang olahraga yang sudah diakui oleh dunia.

Tetapi jarang diantara kita yang memperhatikan ukuran lapangan bola voli. Karena biasanya yang lebih kita perhatikan dalam permainan ini adalah para pemain olahraga tersebut.

Para pecinta bola voli, selain kita fokus kepada para pemain bola voli. Kita juga harus mengamati dan memahami ukuran dan gambar lapangan bola voli.

Lapangan dan pemain bola voli memiliki hubungan yang erat. sehingga kefokusan kita juga harus bisa membagi kepada lapangan dan pemain. Jangan hanya pada pemain saja.

Lapangan bola voli sangat berpengaruh pada keberlangsungan permainan ini. Tanpa ada lapangan, maka permainan bola voli tidak akan pernah terjadi, karena kalau seandainya tidak ada lapangan dimanakah kita akan bermain bola voli?.

Agar terlaksana dengan baik olahraga bola voli, maka kita juga harus menyediakan lapangan yang cocok dan pas untuk permainan tersebut.

Untuk melancarkan permainan bola voli, maka anda juga harus mengetahui ukuran-ukuran dan gambar yang benar tentang lapangan ola voli.

Apakah anda tahu ukuran lapangan bola voli yang telah resmi digunakan diberbagai dunia?. Dan apakah anda tahu kenapa bentuk lapangan bola voli bisa seperti itu?. Apabila kita tidak tahu, mari kita bahas tentang ukuran dan gambar lapangan bola voli.

Inila dia pembahasan tentang ukuran dan gambar permainan bola voli, dan iilah dia alasan kenapa bentuk lapangan bola voli seperti itu.

Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Voli

Lapangan adalah salah satu tempat umum yang besar yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk dijadikan tempat kegiatan olahraga. Baik itu olahraga basket, sepak bola ataupun bola  voli.

Pengertian dari lapangan bola voli adalah salah satu tempat khusus yang besar yang digunakan hanya untuk permainan bola voli. Dan lapangan tersebut bisa digunakan oleh masyarakat. Lapangan bola voli bisa di buat dengan bentuk outdoor ataupuan indoor.

Kalau seandainya kita bertanya kenapa ukuran lapangan bola voli dan bentuknya seperti itu. Maka jawabannya adalah yang mengukur dan menggambar dengan bentuk yang sekarang kita kenal adalah orang yang benar-benar jenius dan bisa memberikan kesan terbaik untuk bola voli.

Orang yang membuat ukuran, gambar dan bentuk lapangan bola voli bukanlah sembarangan orang. setelah dikumpulkan dari berbagai pihak untuk menentukan lapangan bola voli. Maka diadakan musyawarah dan kesepakatan bahwa ukuran lapangan bola voli  adalah seperti itu.

Jadi, adanya bentuk dan ukuran lapangan bola voli bukan lah sebatas ilusi seseorang agar bisa digunakan, akan tetapi telah direncanakan secara matang.

oleh karena itu langsung saja kita lihat gambar lapangan bola voli di bawah ini.

Ukuran-Ukuran pada Permainan Bola Voli

Secara umum lapangan bola voli memiliki ukuran sekitar 18 x 9 meter, dan ukuran ini adalah ukuran standar yang digunakan oleh kebanyakan permainan bola voli. Ukuran ini biasanya digunakan oleh standar nasional ataupun standar internasional.

Jadi ukuran lapangan bola voli di Indonesia negara tercinta kita, tidak ada bedanya dengan ukuran lapangan bola voli yang ada di negara lain atau intenasional.

Ukuran Lapangan Bola Voli

ukuran dan gambar lapangan
Sumber : bacatutorial.com
  • Panjang ukuran lapangan bola voli standar adalah 18 meter.
  • Lebar lapangan bola voli standar adalah 9 meter.
  • Untuk panjang garis serang lapangan bola voli standar adalah 3 meter.
  • Untuk lebar garisnya sendiri adalah 5 centimeter.
  • Jadi kalau seandainya kita hitung, maka luas lapangan bola voli yang standar adalah 162 meter2 atau 18 x 9 meter.
  • Dan terakhir adalah area servis. Untuk area service standar lapangan boal voli adalah 3 meter.

Ukuran Net Bola Voli

ukuran dan gambar lapangan
Sumber : ilmubelajar.com

Untuk para pecinta boal voli, yang harus kita ketahui bukan hanya ukuran lapangan bola voli saja, akan tetapi ukuran net bola voli juga harus kita pahami dan cermati.

Dalam permainan bola voli, net adalah pembatas lapangan antara daerah tim kawan dan tim lawan. Pembatas lapangan untuk kedua tim bola voli ini atau batasan yang berada ditengah lapangan ini tidak bisa dipisahkan dari salah satu cabang olahraga ini.

Net adalah salah satu faktor penting yang harus ada dalam permainan bola voli. Kalau seandainya dalam lapangan bola voli tidak dipasang net, maka permainan tersebut tidak akan disebut sebagai permainan bola voli.

Oleh karena itu, kehadiran net dalam lapangan bola voli sangatlah penting dan harus ada untuk melancarkan pertandingan bola voli.

Para pecinta bola voli, perlu kita ketahui bahwa salah satu ciri khas dalam permainan bola voli adalah bola yang melambung dari arah kawan menuju lawan dengan disertai melewati net yang telah dipasang di tengah lapangan.

Cabang olahraga ini akan terlihat benar-benar sebagai permainan bola voli, kalau seandainya dalam lapangan tersebut dipasang net ditengahnya.

Oleh karena itu, kita langsung saja masuk dalam ukuran net lapangan bola voli, agar kita bisa menerapkannya dalam lapangan bola voli.

Ukuran Net Bola Voli

  • Pada ukuran net bola voli, kita bisa membedakan antara net yang digunakan untuk pemain putra dengan net yang digunakan untuk putri.
  • Untuk tinggi net bola voli yang digunakan tim putra, maka ukurannya adalah 2,43 meter.
  • Untuk ukuran net boal voli yang digunakan untuk putri, maka ukurannya adalah 2,24 meter.
  • Panjang net bola voli adalah 9 meter.
  • Pada net bola voli, lebar yang digunakan adalah 1 meter.
  • Tinggi antena yang berada pada lapangan bola voli adalah 80 centimeter, berada diastas net.
  • Untuk tinggi tiang net bola voli adalah 2,55 meter.
  • Untuk jarak antara garis tepi atau garis samping dengan net bola voli adalah sekitar 0,5 sampai 1 meter.
  • Pada pita tepian yang biasa digunakan pada net bola voli adalah 5 centimeter dan untuk pita samping net yang biasa digunakan dalam permainan boal voli adalah 5 centimeter dan panjangnya adalah 1 meter.
  • Dan yang terakhir yang harus anda ketahui adalah mata jala net boal voli. Ukuran mata jala net bola voli adalah 10 centimeter atau berbentuk persegi.

Ukuran Diameter Bola Voli

ukuran dan gambar lapangan
Sumber : bengkelolahraga.blogspot.com

Selain dari ukuran lapangan dan net bola voli, alangkah baiknya kita juga mengetahui ukuran diamter bola voli, sehingga kita bisa nyaman menggunakan bola voli saat bermain.

Supaya pengetahuan kita lebih banyak tentang permainan bola voli, mari kita bahas ukuran diameter bola voli sehingga  kita bisa mengetahui semua ukuran yang ada dalam permainan ini.

Inilah dia ukuran bola voli standar nasional ataupun internasional.

  • Untuk keliling bola voli standar adalah sekitar 65 sampai 67 centimeter.
  • Untuk ukuran berat standar bola voli adalah 260 sampai 280 gram.
  • Untuk tekanan bola voli standar adalah 0,30 sampai 0,325 kilogram atau centimeter kubik.
  • Untuk ukuran diameter bola voli standar yang biasa digunakan dalam permainan bola voli adalah 18 sampai 20 centimeter.

Nah itulah dia ukuran-ukuran dalam permainan bola voli yang perlu kita ketahui. Ukuran tersebut adalah ukuran yang telah dimusyawarahkan dan disepakati oleh dunia.

Ukuran diatas dalah ukuran umum yang digunakan dalam permainan bola voli baik secara nasional ataupun secara internasional.

Itulah dia pembahasan pada artikel kali ini, semoga bisa membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan dan bisa memberikan manfaat.

Salam Olahraga.

Latest posts by Yusup Susanto (see all)

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *