net, gawang, ukuran gawang
Sepakbola

Ukuran Gawang Sepakbola Standar Internasional

Ukuran Gawang Sepakbola – Dalam sebuah permainan sepak bola, salah satu komponen yang paling penting dan tidak bisa di hilangkan dalam permainan ialah gawang.

Ketika kita bermain sepak bola di suatu lapangan, maka dibutuhkan dua gawang. Gawang tersebut berfungsi untuk menahan bola ketika pemain mencetak gol.

Ketika kita memperhatikan sebuah gawang, tentu bentuk fisik dari gawang tersebut sudah tidak asing lagi. Letak gawang biasanya di simpan di ujung tiap-tiap ujung tengah lapangan.

Bentuk fisik dari gawang adalah persegi panjang. Terbuat dari besi serta memiliki jaringan yang berfungsi untuk menahan bola apabila ada lawan yang dapat memasukan bola ke gawang tersebut.

Nah, namun disini, yang akan di bahas bukanlah gawang sepakbola biasa yang hanya disimpan di ujung tengah lapangan.

Akan tetapi, gawang yang dimaksud disini adalah ukuran gawang sepak bola berstandar internasional yang telah di sepakati oleh dunia, biasanya aturan yang disepakati meliputi.

  • ukuran gawang
  • bentuk gawang
  • kekuatan gawang

Oleh karena itu, marilah kita ketahui informasi lebih detailnya tentang ukuran gawang yang berstandar internasional, agar kita juga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kita sudah tahu tentang aturan ukuran gawang sepakbola, bisa saja kita membuat lapangan sepkbola yang berstandar internasional. Untuk ukuran gawang sepakbolanya bisa kita lihat di bawah ini :

Ukuran Gawang Sepakbola Standar Internasional

net, gawang
Gambar via wbartmuseum.com
Ukuran gawang
  • Panjang : 7.23 m
  • Tinggi : 2.44
Ukuran lubang jaring
  • 10 cm
Bentuk gawang
  • Persegi panjang
Bahan
  • Besi yang kuat

Panjang sebuah gawang sepakbola adalah 7.23 m dan tingginya adalah 2.44 m. Untuk mengukur panjang dan tinggi sebuah tiang di hitung dari sisi dalam tiang sebuah gawang dan mistar di atasnya.

Sedangkan jaring yang di pasang di dalam gawang tersebut memiliki lubang dengan ukuran yang lumayan renggang, yaitu 10 cm.

Ukuran tersebut sudah diukur cukup untuk menahan bola agar tidak melaju jauh keluar lintasan lapangan.

Bentuk gawang yang diletakan di tengah masing-masing garis gawang, bentuknya terdiri dari dua tiang yang berdiri dan disimpan diatasnya mistar.

Selain itu juga, di pasang jaring untuk menahan laju bola yang masuk ke gawang agar tidak melesat jauh dari sana.

Ketahanan gawang – untuk memberikan kekuatan pada gawang dan bisa bertahan dengan lama. Maka bahan untuk mistar dan tiang gawang yang bisa digunakan adalah besi atau beberapai material yang sudah disepakati oleh FIFA, asal tidak membahayakan para pemain.

Agar terlihat jelas oleh pemain, khususnya penjaga gawang, maka warna diberi putih dan bentuknya elips. Selain bentuk dan warna, juga ketahanannya dimana gawang tersebut tidak boleh bergeser ketika permainan sedang berlangsung.

Entah bagaimanapun caranya, mau gawang di atas tanah lapangan atau di tanam di dalam lapangan, intinya saat bermain gawang tersebut harus kuat. Artinya tidak boleh bergeser atau jadi miring karena terkena tembakan bola.

Selain ketahanan gawang, juga jaring yang di pasang di gawang tersebut harus melekat kuat dan tidak mudah copot apalagi ketika bermain. Baru satu kali tendangan tiba-tiaba jaringannya copot, maka ini menjadi gawang yang gagal.

Jadi jaring yang di pasang di gawang tersebut harus melekat dan tidak boleh mengganggu penjaga gawang saat ia menjaga gawang tersebut.

Penutup

Nah baegitulah pemaparan tentang ukuran gawang sepak bola. Tidak bisa terlalu panjang, karena memang yang kita bahas hanya ukuran gawang, bukan ukuran lapangan sepak bola.

Walaupun seperti itu, tetap kita tidak bisa menyepelekan salah satu unsur penting dalam keberlangsungan olahraga sepak bola, khususnya dalam bidang ukurang dan ketahanan gawang, karena akan berpengaruh dalam permainan sepak bola.

Nah itulah dia pembahasan tentang ukurang gawang sepakbola berstandar internasional, mudah-mudahan anda mendapatkan infosmasi yang anda cari dan bisa mmebantu dalam membereskan masalahnya.

Salam olahraga!

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *