gelora sriwijaya, ukuran lapangan sepakbola
Sepakbola

Ukuran Lapangan dan Stadion Sepakbola

Ukuran Lapangan Sepakbola – Bagi para pecinta sepakbola, pastinya kalian tidak asing lagi dengan salah satu cabang olah raga yang akan di bahas pada artikel kali ini.

Bagaimana anda tidak tahu, olahraga ini yang sering disebut dengan sepak bola sudah menjajdi olahraga bertaraf internasional.

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak diperbincangkan di berbagai negara, termasuk negara Indonesia.

Walaupun banyak di perbincangkan oleh masyarakat tentang sepakbola, akan tetapi tetap saja masih banyak orang yang belum mengetahui standar ukuran lapangan sepakbola.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang standar ukuran sepakbola nasional FIFA Internasional.

Tapi, sebelum memasuki tahap ukuran lapangan sepakbola, kita terlebih dahulu membahas mengenai sepakbola. Ya apa itu sepakbola.

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang ada di dunia yang dimainkan oleh dua tim, yang setiap timnya memiliki 11 orang.

Olahraga ini sering mengadalkan momen-momen turnamen Internasional, yang diikuti oleh semua Negara.

Oleh karena itu, tidak heran apabila sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang paling banyak dibicarakan dan dimainkan di Dunia.

Baca Juga: Sejarah sepakbola Indonesia & Dunia

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar FIFA

ukuran lapangan sepakbola
Sumbr: duniaq.com

Berikut ini merupakan ukuran lapangan stadion sepakbola lengkap dengan berbagai standar, baik Nasional maupun Internasional.

  • Lebar lapangan ; 45-90 meter
  • Panjang lapanngan ; 90-120 meter.
  • Panjang kotak penalti ; 40 meter.
  • Lingkaran tengah ; 9.5 meter.
  • Panjang area gawang ; 18,32 meter.
  • Lebar kotak penalti ; 16.,5 meter
  • Jarak tendangan penalti ; 11 meter.
  • Lebar area gawang ; 5,5 meter.
  • Lebar gawang ; 7,3 meter.
  • Tinggi gawang ; 2,4 meter.

Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional

Lapangan standar nasional adalah lapangan yang digunakan oleh pemain sepakbola yang ada di dalam negeri.

Ukuran lapangan dalam negeri yang sering digunakan oleh pemain negeri tersebut saja, cenderung lebih kecil dibandingan dengan ukuran lapangan yang bertaraf Internasional.

Jadi ukuran lapangan dalam negeri di bawah ukuran lapangan bertaraf Internasional.

Ukuran lapangan dalam negeri yang digunakan oleh pemain adalah kisaran 90 sampai 120 meter untuk panjang lapangan. Dan ukuran lebar lapangan adalah kisaran 45 sampai 90 meter.

Ukuran diatas adalah ukuran standar yang sudah lama digunakan. apabila ingin lebih rinci mengenai lapangan sepakbola Nasional, maka lihatlah di bawah ini ;

  • Untuk ukuran lingkaran tengah lapang biasanya adlaah 9.15 meter.
  • Ukuran kotak kiper yang diguanakan adalah 18. 30m x 5,5 meter.
  • Penyedian kotak penalti yang diletakan di depan gawanga adalah 40,3 meter x 16,5 meter.

Nah itulah dia ukuran lapangan yang bertaraf Nasional, anda bisa menjadikan ukuran tersebut sebagai acuan untuk membuat lapangan Nasional.

Lapangan Sepakbola Standar Internasional

Sebagaimana yang telah sebutkan di atas, bahwa ukuran lapangan sepakbola standar Internasional akan sedikit lebih luas dibandingan ukuran lapangan sepakbola yang berstandar Nasional.

Kenapa berbeda, karena skala lapangan ini tidak hanya digunakan oleh pemain Negeri tersebut saja.

Akan tetapi Negara lainpun akan menggunakan lapangan tersebut apabila ada pertandingan yang melibatkan negara lain.

Jadi ukuran yang dimiliki oleh lapangan yang bertaraf Internasional adalah sebagi berikut;

  • Panjang lapangan yang memenuhi keriteria adalah 100 m sampai 110 meter
  • Sedangkan lebarnya adalah kisaran 64 meter sampai 75 meter.
  • Untuk ukuran gawanganya adalah lebar 7,32 meter dan tingginya 2,44 meter
  • Adapun ukuran kotak penalti sam dengan lapangan yang bertara Nasional.

Sebagai contoh lapangan sepakbola Indonesia yang sudah masuk dalam kategori Internasional adalah

Stadion Gelora Bung Karno

Jika kalian mendengar nama stadion ini, maka pastinya kalian tidak asing lagi. Stadion GBK adalah salah satu contoh stadion yang masuk dalam taraf Internasional dengan ukuran yang sudah pas.

Makanya tidak heran bahwa lapangan ini pernah diunjungi oleh klub-klub terbesar di dunia seperti Manchester United, Chelsea, Liverpool dan Klub-klub lainnya.

Stadion ini dapat menampung penonton sebanyak 80.000 penonton.

Gelora Bandung Lautan Api

Stadion GBLA terbilang stadion baru di Indonesia, karena stadion ini dibangun pada tahun 2013 tepat 4 tahun yang lalu. Walaupun baru, tapi stadion ini sudah memenuhi taraf Internasional.

Stadion ini tidak jauh dari stadion GBK, karena mulai dari desain nya, dan juga daya tampung penontonya.

Harapan Bangsa Stadium

Markas klub sepak bola Persiraja banda aceh dan Atjeh United adalah Stadion Harapan Bangsa atau Stadion Lhong Raya. Pada tahun 2004 setelah terjadinya tsunami di banda aceh, stadion ini baru direnovasi.

Kapasitas stadion ini mencapai 45.000 jiwa. Pada tahun 2000 stadion tanah rancong ini sempat menjadi stadion termegah di Indoensia.

Namun karena kurangnya perawatan  dan terjadinya gempa, akhirnya gelar tersebut menjadi hilang.

Namun, stadion ini menjadi diperhitungkan kembali karena pada tahun 2011 stadion ini direnovasi kembali.

Stadion Patriot

Pada tahun 1980 stadion ini di bangun. Dengan kapasitas mencapai 30000 jiwa. Stadion ini terletak di bekasi, jawa barat.

Pada tahun 1984 stadion ini dijadikan tuan rumah pekan olahraga daerah Jawa Barat IV. Pada tanggal 11 Maret tahun 2014 stadion ini resmi bertaraf Internasional setelah direnovasi.

Stadion ini adalah kandang dari Persipasi Bekasi.

Stadion Maguwoharjo

Salah satu stadion yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta adalah Stadion Maguwoharjo. Stadion ini adalah markas dari klub sepak bola PSS Sleman.

Pada tahun 2005 stadion ini di bangun, lalu akibat gempa bumi pada tanggal 27 Mei 2006 akhirnya stadion ini direnovasi pada tahun 2007.

Kapasitas yang dimiliki oleh Stadion Maguwoharjo adalah 40000 kursi duduk. Salah satu konsep yang digunakan oleh stadion ini adalah Mini San Siro agar terkesan dengan stadion sepakbola modern. Dengan ciri dari stadion ini adalah 4 menara disetipa penjuru lapangan.

Agar stadion ini terkesan dengan stadion modern ala eropa seperti Inggirs, maka stadion ini tidak memiliki lintasan atletik, sehingga para pemain sepakbola lebih nyaman menggunakan stadion ini.

Stadion Si Jalak Harupat

Salah satu stadion yang terletak di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung adalah Stadion Si Jalak Harupat.

Nama dari stadion ini di ambil dari salah satu julukan pahlawan nasional yang berada di Bojongsari, Bandung yaitu Otto Iskandardinata.

Stadion ini sekarang menjadi milik pemerintah kabupaten bandung. Sehingga stadion ini dijadikan kandang oleh Persikab Bandung, karena perwakilan dari kabupaten bandung.

Selain persikab, juga stadion ini dijadikan Homebase untuk Persib. Pada bulan januari tahun 2003 stadion ini mulai di bangun.

Waktu itu bandung dipimpin oleh Obar Sobarna. Stadion ini diresmikan pada tanggal 25 april tahun 2005 tepat dengan hari jadi Kabupaten Bandung yang ke 364.

Stadion ini diresmikan oleh Agum Gumelar yang waktu itu sedang menjabat sebagai ketua umum komite olahraga nasional Indonesia Pusat

Penutup

Lapangan sepakbola memiliki ukuran yang telah ditentukan, baik itu secara Nasional maupun Internasional. Hal-hal tersebut telah di atur secara lengkap oleh perstuan sepakbola dunia atau yang kita kenal dengan nama FIFA.

Indonesia memiliki stadion-stadion bertarap Internasional seperti yang telah di sebutkan di atas, tentu kita sebagai masyarakat Indonesia harus berbangga.

Nah mungkin itu yang bisa di bahas pada artikel kali ini, semoga artikel ini membantu anda dalam mencari informasi yang anda inginkan. Jangan lewatkan juga tulisan lain tentang sepakbola, salah satunya adalah macam macam formasi dalam permainan sepakbola.

Salam Olahraga.

You might also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *